Sukses

Wonho Hengkang dari MONSTA X, Ini 5 Fakta Kontroversi yang Menjeratnya

Liputan6.com, Jakarta Wonho personel boygroup MONSTA X pada Kamis (31/10/2019) kemarin memutuskan untuk keluar dari grup yang telah membesarkan namanya. MONSTA X merupakan boygrup yang berada di bawah naungan agensi Starship Entertainment yang debut pada 14 Mei 2015 silam.

MONSTA X dibentuk melalui program survival NO.MERCY dan terpilih 7 anggota antara lain Shownu, Minhyuk, Kihyun, Hyungwon, Joohoney, Wonho dan I.M. Sayangnya, kontroversi yang melilit Wonho, membuatnya memutuskan untuk keluar dari MONSTA X pada 31 Oktober 2019.

Hengkangnya pemilik nama asli Lee Ho-seok ini juga dibenarkan oleh agensinya. Starship Entertainment langsung memberikan pernyataan resmi terkait keluarnya Wonho di hari yang sama.

"Setelah berdiskusi panjang dengan Wonho Monsta X, kami setuju bahwa langkah terbaik saat ini adalah berpisah jalan secara baik-baik," tutur juru bicara Starship Entertainment dalam keterangan yang diunggah di akun Twitter resminya.

Starship Entertainment juga mengungkapkan bahwa mereka menghormati keinginan Wonho untuk keluar dari MONSTA X. Pria kelahiran 1 Maret 1993 ini sebelumnya terlibat kontroversi soal utang dan  tuduhan pernah ditahan di penjara anak semasa kecil.

Buat Monbebe, sebutan penggemar MONSTA X, keputusan Wonho ini tentu mengejutkan mereka. Lebih lanjut, berikut ini 5 fakta kontroversi yang menyeret nama Wonho dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Jumat (1/11/2019). 

2 dari 6 halaman

1. Dituduh Punya Utang dan Pernah Ditahan di Penjara Anak

Awal kontroversi yang menyeret nama Wonho berawal dari pernyataan Han Seo-hee dan Jung Da-eun. Pasangan ini mengungkapkan jika Wonho memiliki utang sejumlah uang. Jung Da-eun menuding Wonho berutang kepadanya sejak enam tahun lalu. Han Seo-hee, wanita yang kini dekat dengan Jung Da-eun menuding jumlah utangnya mencapai 30 juta won atau sekitar Rp 361,4 juta, dilansir dari Allkpop. Tak hanya itu, Jung Da Eun juga menuduh Wonho pernah terlibat pencurian. 

Han Seo-hee juga merespon bahwa Wonho pernah ditahan di penjara anak semasa kecil karena sebuah kasus. Ia ditahan ketika berusia 17 tahun saat duduk di bangku sekolah menengah. Jadi perhatian publik, vokalis MONSTA X tersebut kemudian memilih mundur untuk mencegah permasalahan berimbas ke anggota grupnya yag lain.

3 dari 6 halaman

2. Dituding mengolok-olok gerakan Me Too

Sebelumnya, dalam sebuah acara fan sign, Wonho dianggap mengolok-olok gerakan Me Too. Kontroversi tersebut bermula dari unggahan video di akun Twitter pada Jumat (25/10/2019) lalu. Dilansir dari Allkpop, dalam video memperlihatkan Minhyuk MONSTA X tengah berpura-pura mewawancarai bagian dada Wonho dengan sebuah mikrofon.

Kemudian, Wonho menanggapi candaan Minhyuk dengan mengangkat tangannya seraya berkata, "Me too, me too."

Seperti diketahui, gerakan Me Too dibuat untuk melawan pelecehan seksual. Menanggapi permasalahan tersebut, agensi yang menaungi Monsta X, Starship Entertainment merilis permintaan maaf mereka. Wonho dan Minhyuk juga menuliskan permohonan maaf mereka. Kedua personel Monsta X ini mengaku akan intropeksi diri atas tindakan mereka yang telah menimbulkan kontroversi di tengah penggemar.

4 dari 6 halaman

3. Tuduhan Mengemudi Ilegal

Jung Da-eun kembali menuding Wonho, sebelum ia hengkang dari MONSTA X. Jung Da-eun menuduh Wonho mengemudi secara ilegal sebagai anak di bawah umur tanpa lisensi. Han Seo-hee pun mengomentari status teman dekatnya tersebut. Ia membenarkan hal tersebut, dikutip dari Allkpop.

Setelah berita Wonho keluar dari MONSTA X tersebar, Han Seo-hee juga membuat postingan lain di Instagram-nya. Ia meminta Wonho tetap membayar utang Da-eun meski sudah keluar dari MONSTA X. 

5 dari 6 halaman

4. Dituding Menggunakan Marijuana

Menurut Jung Da-eun, Wonho adalah mantan teman sekamarnya pada 2012 silam di Yeoksam-dong. Menurut pengakuannya, Wonho pernah menawarinya narkoba marijuana pada 2013 dan kedua temannya merokok bersama. Dia dan Wonho bertemu di sebuah kafe, di mana Wonho mengambil paket dari sakunya dan menawarkannya kepada Jung Da Eun, dikutip dari Allkpop. 

Dispatch yang mewawancarai Jung Da-eun pun mengatakan, 

"Saya bertanya di mana dia mendapatkannya. Dia mengatakan itu rahasia. Tapi saya curiga dia mendapatkannya dari penjual. Saya kenal seseorang yang juga menanganinya." tuturnya dikutip dari Allkpop.

Jung Da-eun juga menambahkan bahwa dirinya juga mengisap barang tersebut.

6 dari 6 halaman

5. Agensi Akan Ambil Langkah Hukum

Menangani berbagai kontroversi yang menyeret nama Wonho, Starship Entertainment langsung mengambil langkah hukum. Starship Entertainment yang menaungi Wonho berang dengan tuduhan tersebut. Mereka membantah keras, bahkan akan menempuh jalur hukum.

"Kami berencana memasukkan laporan resmi lewat tim kuasa hukum kami. Kami akan merilis pernyataan resmi secepatnya," tutur juru bicara agensi tersebut. 

Selepas hengkangnya Wonho, Starship juga mengupdate kegiatan MONSTA X akan tetap berjalan dengan 6 anggota lainnya. Grup ini dijadwalkan akan menghadiri acara musik untuk comeback terbaru mereka.

"Wonho tidak akan menghadiri kegiatan apa pun mulai hari ini dan Monsta X akan terus melanjutkan jadwal penampilan musik mereka minggu ini dengan enam anggota. Kami minta maaf atas segala ketidaknyamanan yang mungkin timbul pada berbagai pihak." Tutur perwakilan agensi Starship Entertainment.