Sukses

Makanan Burung Hantu Berdasarkan Jenisnya yang Mudah Ditemukan

Liputan6.com, Jakarta Makanan burung hantu adalah daging hewan-hewan kecil, seperti tikus, belalang, ikan, hingga daging ayam. Karena itulah, burung hantu termasuk ke dalam hewan karnivora atau pemakan daging. Selain itu, burung hantu juga merupakan hewan malam atau nokturnal. 

Berhubung burung hantu terdiri dari beberapa jenis, maka makanan dari setiap jenis burung hantu tersebut juga berbeda-beda. Jika kamu ingin memelihara burung hantu di rumah, maka kamu harus benar-benar mengetahui jenis dan makanan dari burung hantu tersebut.

Makanan burung hantu sebenarnya tidak begitu sulit ditemukan. Apalagi makanan burung hantu juga merupakan hewan-hewan kecil yang bisa kamu temukan di kehidupan sehari-hari. Namun, dalam merawatnya tentunya kamu harus benar-benar memperhatikan kondisi kesehatannya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (1/11/2019) tentang makanan burung hantu

2 dari 4 halaman

Burung Hantu Celupuk Reban dan Oriental Bay Owl

Makanan Burung Hantu Celupuk Reban

Jenis burung hantu satu ini cukup banyak ditemui di Indonesia, yaitu Burung Hantu Celupuk Reban. Habitat asli burung hantu satu ini ada di di wilayah jawa, sumatera, bali, Kalimantan serta di luar negara Indonesia yaitu negara Filipina.

Kamu bisa menemukan Burung Hantu Celupuk Reban banyak dipelihara oleh orang Indonesia. Burung hantu celupuk reban ini memiliki tubuh yang kecil dan bahkan menjadi salah satu spesies burung hantu yang memiliki ukuran tubuh terkecil.

Makanan Burung Hantu Celupuk reban ini adalah tikus yang masih kecil, atau tikus anakan. Memiliki nama latin Otus Lempeji, kamu tentunya bisa dengan mudah menemukan makanan Burung Hantu Celupuk Reban ini.

Makanan Burung Oriental Bay Owl

Jenis burung hantu selanjutnya adalah Burung Hantu Oriental Bay Owl. Makanan Burung Hantu Oriental Bay Owl ini adalah serangga-serangga kecil, seperti jangkrik. Namun, tidak jarang juga tikus kecil atau tikus anakan menjadi makanan burung hantu ini.

Burung hantu ini memiliki ciri khas yang sangat mencolok yaitu memiliki warna merah pada kelopak matanya. Burung hantu ini juga sangat aktif pada malam hari untuk berburu makanan.

3 dari 4 halaman

Burung Hantu Spotted Wood Owl dan Burung Hantu Salju

Makanan Burung Hantu Spotted Wood Owl

Selanjutnya, ada jenis Burung Hantu Spotted Wood Owl. Masih sama dengan dua makanan burung hantu sebelumnya, tikus putih menjadi makanan Burung Hantu Spotted Wood Owl ini. Kamu juga bisa memberikan daging-dagingan lainnya, seperti daging ayam sebagai makanan burung hantu ini.

Makanan Burung Hantu Salju

Selanjutnya ada jenis burung hantu salju. Burung hantu salju mungkin jarang ditemui di Indonesia dan bahkan sangat jarang ada pecinta burung yang memeliharanya. Hal ini disebabkan karena perbedaan habitat yang kurang cocok.

Mungkin kamu tetap bisa memelihara burung hantu salju di Indonesia, namun mungkin saja tidak bertahan lama karena burung hantu ini terbiasa dengan hawa dingin, sedangkan Indonesia memiliki iklim tropis dan jarang terjadi musim dingin.

Makanan burung hantu salju juga sedikit berbeda dengan yang lain ikan. Selain itu, anakan burung juga kerap menjadi makanan burung hantu satu ini. Tentunya juga tak ketinggalan tikus yang masih anakan yang menjadi kesukaan semua jenis burung hantu.

Burung hantu ini terkenal dengan penampilan yang sangat menawan dan elegan karena seluruh tubuhnya yang diselimuti oleh warna putih layaknya salju, oleh karena itulah ia disbut dengan Burung Hantu Salju atau Snowy Owl.

4 dari 4 halaman

Burung Hantu Buffy Fish Owl, Barn Owl, dan Eagle Owl

Makanan Burung Hantu Buffy Fish Owl

Jenis burung hantu yang juga tidak kalah sering ditemukan di Indonesia adalah Burung Hantu Buffy Fish Owl. Burung hantu jenis ini juga sering dijadikan peliharaan oleh orang Indonesia.

Apalagi dengan sifatnya yang mudah untuk beradaptasi dengan lingkungan dan juga dapat bersahabat dengan baik dengan manusia, membuat orang-orang tentunya semakin senang memeliharanya.

Makanan burung hantu jenis ini pun juga beragam. Burung Hantu Buffy Fish Owl bisa mengonsumsi ikan lele, tikus putih, anak ayam, hingga anakan burung (terutama jenis burung emprit). Namun, makanan burung hantu jenis Buffy Fish Owl yang paling utama adalah ikan lele dan tikus putih.

Makanan Burung Hantu Barn Owl

Jenis burung hantu barn owl juga banyak yang menyebut dengan nama serak jawa. Selain itu, burung hantu Barn Owl memiliki nama latin tiyto alba. Burung Barn Owl merupakan jenis burung hantu yang sering digunakan sebagai pengendali hama tikus di pertanian. Jenis burung satu ini menyukai makanan seperti burung kecil, anak ayam dan daging-daging yang masih segar.

Makanan Burung Hantu Eagle Owl

Selanjutnya ada jenis burung hantu Eagle owl yang sering juga disebut dengan Burung Hantu Bubo. Burung ini memiliki penampakan yang mirip dengan elang putih. Burung jenis ini terkenal sulit untuk dipelihara bagi pemula karena memiliki tingkat stress yang lebih tinggi daripada jenis burung hantu lainnya.

Oleh karena itulah, pemilihan makanan burung hantu bubo tak bisa asal. Kamu bisa memberikan pakan berupa tikus putih, burung kecil seperti burung pipit dan juga anakan unggas seperti anak ayam serta anak burung puyuh.