Sukses

6 Presiden Ini Terima Hadiah Unik, Moon Jae-in Dapat Lightstick Official ala Kpop

Banyak cara unik untuk mengungkapkan rasa cinta pada pemimpinnya

Liputan6.com, Jakarta Sejumlah presiden sering mendapatkan hadiah dari berbagai kalangan. Mulai dari rekan di pemerintahan, kepala negara lain sampai rakyat pendukungnya. Bahkan ada beberapa presiden yang diketahui pernah mendapatkan hadiah terbilang tak biasa dan unik.  

Ada yang mendapatkan hadiah sebagai bentuk persahabatan kedua negara sampai hadiah ulang tahun. Bahkan baru-baru ini Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, mendapatkan hadiah unik dari rakyat pendukungnya. 

Para pendukungnya merilis official lightstick khusus untuk Presiden Moon Jae-in. Fenomena lightstick sangat lumrah di Negeri Gingseng. Namun biasanya dimiliki atau diproduksi oleh agensi atau penggemar suatu selebriti Kpop. Para pendukung presiden Moon Jae-in pun merilis lighsttick  sebagai bentuk dukungan dan memperingati 2 tahun masa kepemimpinannya. 

Tak hanya Moon Jae-in, ada beberapa presiden lain yang ternyata pernah mendapatkan hadiah unik. Penasaran siapa saja dan apa saja hadiah uniknya?Berikut ini 6 presiden yang pernah terima hadiah unik dirangkum dari berbagai sumber oleh Liputan6.com, Sabtu, 2/11/2019). 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Moon Jae-in

Presiden Korea Selatan mendapatkan hadiah dari rakyat pendukungnya berupa official lightstick yang indah. Lightstick biasanya digunakan penggemar untuk menunjukkan cinta dan dukungan kepada grup favorit mereka. Namun kini para pendukung presiden Moon Jae-in pun bisa menunjukkan rasa dukungannya bak penggemar selebriti Kpop. 

Sesuai dengan marga namanya, lightsticknya memiliki bentuk bulan ditengahnya. Bulan yang indah yang memancarkan cahaya yang menenangkan. 

3 dari 7 halaman

2. Rutherford B. Hayes

Rutherford B. Hayes adalah presiden Amerika Serikat yang ke-19 pada 1877–1881. Saat memerintah, Hayes pernah mendapatkan hadiah unik, yaitu sebuah lemon berukir. Hadiahnya itu disajikan untuk Hayes dengan lemon yang diukir yang mirip seperti babi.

Hadiah tersebut kemudian ditampilkan dalam sebuah pameran di perpustakaan kepresidenan Herbert Hoover berjudul, "Aneh dan Luar Biasa: Hadiah yang Cocok Untuk Seorang Presiden." dikutip dari Mentalfloss. 

4 dari 7 halaman

3. George W. Bush

George W. Bush, presiden Amerika Serikat ke-43 ini pernah menerima hadiah unik yaitu seekor anak anjing. Anak anjing kecil tersebut diberikan dari presiden Bulgaria, selama kunjungannya ke Amerika Serikat. Anjing itu dikirim ke Arsip Nasional dan akhirnya menjadi bagian dari keluarga presiden. 

5 dari 7 halaman

4. Obama

Selama kunjungan 2011, pemerintah Australia memberi Obama hadiah unik berupa asuransi buaya. Asuransi itu akan memberikan Michelle Obama 50.000 dolar atau sekitar Rp 700 juta jika buaya menyerang Obama. Meski jika secara logika, agen Secret Service yang bersenjata lengkap bisa mengeluarkan buaya sebelum hewan itu mencapai Obama. 

6 dari 7 halaman

5. Xi Jinping

Presiden Tiongkok Xi Jinping merayakan ulang tahunnya yang ke-66 di tahun 2019 ini. Presiden Rusia Vladimir Putin, yang merupakan rekan dekat Xi memberikan es krim sebagai hadiah ulang tahunnya. Putin memberikan sekotak penuh es krim yang diterima langsung oleh Xi. 

Meski tak disebutkan rasa dari es krim tersebut, Xi kemudian memberikan ucapan terima kasih dengan memberikannya teh khas Tiongkok. 

 

7 dari 7 halaman

6. Jokowi

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, juga pernah mendaptkan beragam hadiah unik dari rakyatnya. Salah satunya adalah vespa yang dibuat langsung oleh pecinta vespa asal Lombok. Ia adalah Mahyounk yang secara langsung mengantarkan hadiah buatannya dengan menggunakan vespa miliknya. 

Pada 7 Juli 2018 lalu, Mahyounk sampai di Istana Bogor dan langsung memberikan kado hasil buatan tangannya kepada Presiden Jokowi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.