Sukses

Macam-macam Ikan Hias Akuarium yang Populer, Mudah Dipelihara

Macam-macam ikan hias akuarium yang populer biasanya juga mudah dipelihara

Liputan6.com, Jakarta Macam-macam ikan hias bisa menjadi pilihan mempercantik ruangan. Apalagi dengan melihat ikan hias yang bentuknya cantik dan memiliki warna yang beraga, tentunya dapat menenangkan pikiran dan mengubah mood menjadi lebih senang. 

Selain menambah keindahan, memelihara ikan hias di akuarium juga tidak sulit. Dari ikan hias yang berukuran besar seperti arwana, hingga ikan hias yang paling kecil yaitu ikan cupang bisa kamu pelihara di akuarium sebagai penghias ruangan.

Macam-macam ikan hias akuarium yang populer biasanya juga mudah dipelihara. Selain itu, kamu juga tidak perlu ruangan yang begitu besar untuk akuarium tersebut. Memelihara ikan hias di kolam juga bisa menjadi alternatif menyenangkan.

Berikut liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (2/11/2019) tentang macam-macam ikan hias

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Ikan Mas Koki

Macam-macam ikan hias akuarium yang pertama tentunya adalah ikan mas koki. Dijuluki sebagai ikan model, ikan mas koki merupakan pilihan utama sebagai peliharaan di akuarium.

Kamu bisa memelihara ikan mas koki di akuarium berukuran besar maupun sedang. Ikan mas koki dikenal juga dengan sebutan Goldfish. Ikan mas koki sendiri memiliki beragam jenis. Di dunia, dikenal 130 macam goldfish yang dibudidayakan sebagai ikan hias air tawar.

Ikan ini membutuhkan ruang luas untuk hidup karena kebutuhan akan oksigen, jadi kamu tidak bisa memelihara ikan mas koki di akuarium kecil yang biasa digunakan untuk cupang.

3 dari 8 halaman

Ikan Cupang

Macam-macam ikan hias yang paling populer dan mudah dipelihara salah satunya adalah ikan cupang. Dibandingkan dengan ikan mas koki, ikan cupang memiliki ukuran yang lebih kecil.

Keunggulan dari ikan Cupang terletak pada siripnya yang memiliki aneka warna. Ikan Cupang memiliki berbagai macam perpaduan warna seperti hitam, merah putih, kuning, ungu, dan biru.

Selain cocok dijadikan sebagai ikan hias, ikan Cupang juga bisa dijadikan sebagai ikan aduan. Hal ini dikarenakan ikan Cupang memiliki gerakan tubuh yang cukup agresif dan lebih suka menyerang ketika bertarung.

Ikan Cupang juga dikenal memiliki umur yang panjang. Namun, ikan ini merupakan ikan yang individualis dan tidak dapat dicampur dengan ikan hias lain di dalam satu akuarium.

4 dari 8 halaman

Ikan Arwana

Ikan Arwana juga termasuk ke dalam macam-macam ikan hias akuarium yang populer dan banyak diminati. Ikan hias satu ini memiliki banyak peminat dikarenakan memiliki corak sisik yang unik dan cantik.

Ikan hias ini sangat disukai karena memiliki ciri khas tersendiri. Ikan Arwana memiliki dua buah sungut di bawah bibirnya. Sungut pada ikan Arwana bukan sebatas hiasan semata. Akan tetapi, sungut pada ikan Arwana memiliki fungsi sebagai sensor getar yang digunakan untuk mengetahui poisisi mangsa.

Uniknya lagi, ikan Arwana ini memiliki gerakan yang meliuk-liuk serta sisik yang gemerlap memantulkan cahaya. Inilah yang membuatnya nampak elegan.

5 dari 8 halaman

Ikan Gupi

Ikan Gupi juga termasuk ke dalam macam-macam ikan hias yang cocok menghiasi akuariummu. Ikan Gupi hias memiliki bentuk dan warna fisik menarik. Keindahan Ikan Gupi dapat dilihat dari sirip dan ekornya yang merumbai panjang, mirip ikan Cupang.

Warna Ikan Gupi tidak kalah dengan ikan hias air tawar berukuran kecil lainnya. Warna ikan Gupi juga sangat bervariasi.

6 dari 8 halaman

Ikan Komet

Macam-macam ikan hias yang bisa kamu pelihara selanjutnya adalah Ikan Komet. Ikan ini cukup populer karena memiliki warna tubuh yang beraneka ragam dan gerak tubuhnya yang cukup atraktif.

Berbeda dengan Cupang, Komet merupakan ikan yang cukup ramah. Ikan ini dapat beradaptasi di segala lingkungan dan hidup berdampingan bersama jenis ikan lain di akuarium.

7 dari 8 halaman

Ikan Koi

Ikan hias Koi juga sangat populer di kalangan pecinta ikan hiar air tawar akuarium. Hal ini dikarenakan ikan Koi memiliki warna corak yang sangat indah. Namun, biasanya orang memelihara ikan koi ini di dalam kolam. Kamu pastinya sering sekali melihat kolam ikan yang dipenuhi oleh ikan koi.

Memiliki warna yang beragam dan bisa hidup bersama-sama menjadi salah satu daya tarik terbesar ikan koi. Melakukan perawatannya pun cukup mudah karena bisa memberikan makanannya sekali tabur untuk banyak ikan.

8 dari 8 halaman

Ikan Louhan

Macam-macam ikan hias yang punya keunikan lainnya adalah Ikan Louhan. Louhan merupakan ikan hias yang terkenal dengan warna sisik dan benjolan yang khas di kepalanya. Ya, salah satu daya tarik ikan ini memiliki banyak peminat karena adanya benjolan yang ada di kepalanya.

Tak heran, kalau banyak pecinta ikan hias yang menjadikan Louhan sebagai peliharaan. Selain keunikannya tersebut, ikan Louhan juga sangat menguntungkan karena bisa dijadikan sebagai lahan bisnis. Semakin besar benjolan pada kepalanya, maka semakin mahal harga jualnya.

Itulah macam-macam ikan hias populer yang mudah dipelihara. Kamu bisa memilih ikan hias yang plaing kamu suka untuk dipelihara nantinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini