Sukses

5 Manfaat Air Mawar untuk Kecantikan Kulit dan Cara Menggunakannya

Liputan6.com, Jakarta Kulit merupakan bagian terluar pada tubuh. Tak heran, kalau kulit lebih mudah terserang oleh berbagai masalah dari luar. Namun tak perlu khawatir, untuk mengatasi masalah kulit kamu bisa menggunakan bahan alami untuk meredakan kondisinya.

Salah satu bahan alami yang sudah cukup terkenal mampu mengatasi berbagai macam masalah kulit adalah air mawar. Air mawar merupakan air yang dihasilkan dari penyulingan kelopak bunga mawar.

Air ini banyak digunakan untuk merawat kecantikan dan masalah pada kulit. Tak heran, kalau ada berbagai macam manfaat air mawar yang bisa dirasakan untuk kulit seperti untuk melembapkan, meredakan iritasi, dan lain sebagainya.

Air mawar mampu bekerja untuk meringankan masalah pada kulit karena memiliki senyawa phenolic, yaitu bahan aktif yang bersifat antioksidan. Selain itu, air mawar juga memiliki efek antibakter, antiseptik, dan antivirus yang mampu mengurangi radang, nyeri, dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Berikut ada beberapa manfaat air mawar untuk kecantikan yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (3/11/2019).

2 dari 6 halaman

Mempertahankan Keseimbangan pH Kulit

Penggunaan sabun, pembersih wajah, dan produk kecantikan lainnya secara berlebihan dapat mengganggu keseimbangan pH pada kulit. Kulit bisa menurun menjadi 4,5 hingga 6,3 dan membuatnya menjadi asam.

Kondisi ini dapat mengganggu keseimbangan dan menyababkan pertumbuhan bakteri yang memunculkan masalah kulit seperti jerawat. Untuk itu, kamu perlu sedikit menaikkan kadar pH pada kulit hingga 5,5. Manfaat air mawar mampu membantu menyeimbangkan atau menaikkan pH menjadi normal.

3 dari 6 halaman

Menghambat Penuaan Dini

Manfaat air mawar untuk kecantikan selanjutnya mampu menghambat penuaan ini. Manfaat ini bekerja dengan cara mengurangi munculnya garis halus dan kerutan di wajah. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antioksidan dan zat pelembap pada air mawar.

Antioksidan pada air mawar bekerja memberikan efek untuk menangkal radikal bebas dan menghambat kerusakan kulit yang dapat membuat kulit lebih cepat tua dan keriput.

4 dari 6 halaman

Menghidrasi dan Menyegarkan Kulit

Manfaat air mawar juga mampu menghidrasi kulit. Kamu bisa menggunakan air mawar sebagai toner di setiap kulit sedang kering. Air mawar akan bekerja untuk menyegarkan kulit dengan mengendapkan pori-pori dan menghidrasinya.

Tak hanya untuk menghidrasi kulit, air mawar juga mampu untuk menyegarkan kulit kamu sepanjang hari. Kamu bisa membawanya kemana pun kamu pergi dan menggunakannya beberapa kali agar kulit terasa segar dan lembap selama berjam-jam.

Cara menggunakannya, kamu bisa menjadikannya sebagai toner atau pembersih wajah alami. Kamu juga bisa menyemprotkan air mawar ke bagian kulit tubuh lainnya seperti tangan dan kaki.

5 dari 6 halaman

Meredakan Peradangan pada Kulit

Selain air mawar, ekstrak mawar juga memiliki kandungan penting berupa polifenol dan flavonoid yang memiliki sifat antioksidan dan antiradang. Kandungan pada air mawar ini diketahui dapat mengurangi peradangan pada kulit, sehingga diduga dapat meredakan gejala penyakit eksim dan rosacea.

Untuk mendapatkan manfaat air mawar ini, kamu bisa menggunakannya dengan mengoleskan kapas yang sudah dibasahi dengan air mawar pada area kulit yang bermasalah.

6 dari 6 halaman

Meringankan Kulit Terbakar

Jika kamu pernah melupakan untuk menggunakan tabir surya dan menyebabkan luka bakar bakar setelahnya, maka kamu bisa meredakan kondisinya dengan menggunakan air mawar. Air mawar akan bekerja untuk menenangkan, menyembuhkan kulit terbakar, dan mempercepat proses penyembuhan dengan sifat-sifat pendingin yang dimilikinya.

Untuk mengatasi kulit terbakar dengan air mawar, kamu bisa menyemprotkannya ke area yang bermasalah. Gunakan ketika kulit kamu terasa memburuk. Manfaat air mawar mampu bekerja untuk mengatasi kulit terbakar karena memiliki sifat pendingin di dalamnya sehingga mampu menenangkan dan menyembuhkan kulit terbakar, bercak merah, dan gatal di kulit.