Sukses

6 Jenis Gangguan Makan yang Bisa Berakibat Fatal, Jangan Disepelekan

Gangguan makan bukanlah kondisi yang bisa dikesampingkan begitu saja

Liputan6.com, Jakarta Gangguan makan bukanlah kondisi yang bisa dikesampingkan begitu saja. Gangguan makan atau eating disorder merupakan serangkaian kondisi psikologis yang menyebabkan kebiasaan makan tidak sehat. Dalam kasus yang parah, gangguan makan dapat menyebabkan konsekuensi kesehatan yang serius dan bahkan dapat mengakibatkan kematian jika tidak ditangani. 

Masalah makan yang tidak teratur dapat berkembang selama tahap kehidupan apa pun, tetapi biasanya muncul selama masa remaja atau dewasa muda. Kondisi ini diklasifikasikan sebagai penyakit medis yang memerlukan perawatan. Gangguan makan umumnya hidup berdampingan dengan kondisi lain, seperti gangguan kecemasan, penyalahgunaan zat, atau depresi.

Ada beberapa jenis gangguan makan yang umum diidap seseorang. Gangguan makan menimbulkan gejala dan penanganan berbeda. Gangguan ini mungkin dimulai dari obsesi dengan makanan, berat badan, atau bentuk tubuh. Berikut 6 jenis gangguan makan yang umum, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin(4/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Anorexia nervosa

Anorexia nervosa, atau anoreksia, adalah salah satu gangguan makan yang cukup dikenal. Kondisi ini umumnya berkembang selama masa remaja atau dewasa muda dan cenderung mempengaruhi lebih banyak wanita daripada pria. Orang-orang dengan anoreksia umumnya menganggap diri mereka kelebihan berat badan, bahkan saat mereka terlalu kurus.

Pengidap anoreksia cenderung terus-menerus memonitor berat badan, menghindari jenis makanan tertentu, dan sangat membatasi kalori. Gejala umum anoreksia nervosa meliputi sangat kurus dibandingkan dengan orang dengan usia dan tinggi yang sama, pola makan sangat terbatas, Ketakutan yang kuat akan kenaikan berat badan, hingga gejala obsesif-kompulsif.

Anoreksia bisa sangat merusak tubuh. Seiring waktu, individu yang hidup dengan anoreksia mungkin mengalami penipisan tulang, infertilitas, rambut dan kuku rapuh, dan pertumbuhan lapisan rambut halus di seluruh tubuh. Pada kasus yang parah, anoreksia dapat menyebabkan gagal jantung, otak, atau multi-organ dan kematian.

3 dari 7 halaman

Bulimia nervosa

Seperti anoreksia, bulimia cenderung berkembang selama masa remaja dan dewasa awal dan tampaknya kurang umum di kalangan pria daripada wanita. Orang-orang dengan bulimia sering makan makanan dalam jumlah besar dalam periode waktu tertentu (binge).

Individu dengan bulimia kemudian berusaha melakukan pembersihan untuk mengimbangi kalori yang dikonsumsi dan meredakan ketidaknyamanan usus. Perilaku pembersihan umum termasuk muntah paksa, puasa, obat pencahar, diuretik, enema, dan olahraga berlebihan.

Efek samping bulimia mungkin termasuk tenggorokan meradang dan sakit, pembengkakan kelenjar ludah, enamel gigi aus, kerusakan gigi, refluks asam, iritasi usus, dehidrasi parah, dan gangguan hormonal.

Dalam kasus yang parah, bulimia juga dapat menciptakan ketidakseimbangan kadar elektrolit, seperti natrium, kalium, dan kalsium. Ini dapat menyebabkan stroke atau serangan jantung.

4 dari 7 halaman

Binge eating disorder

Mirip dengan bulimia atau jenis pesta makan anoreksia, orang dengan Binge eating disorder biasanya mengonsumsi makanan dalam jumlah besar dengan sangat cepat. Namun, mereka tidak membatasi asupan kalori di waktu lain atau membersihkan kelebihan makanan yang mereka konsumsi.

Individu dengan gangguan ini memiliki gejala yang mirip dengan bulimia. Gejala umum gangguan pesta makan antara lain makan dalam jumlah besar dengan cepat, merasakan kurangnya kontrol selama makan, perasaan tertekan, seperti rasa malu, jijik, atau bersalah, ketika memikirkan perilaku makan,m dan tidak ada perilaku pembersihan seperti bulimia.

Binge eating disorder membawa risiko kenaikan berat badan, dan banyak orang dengan Binge eating disorder kelebihan berat badan atau obesitas. Menurut sebuah tinjauan tahun 2012, Binge eating disorder lebih sering terjadi pada pria dan orang dewasa daripada gangguan makan lainnya.

Ini dapat meningkatkan risiko komplikasi medis terkait dengan kelebihan berat badan, seperti penyakit jantung, stroke, dan diabetes tipe 2.

5 dari 7 halaman

Pica

Pica adalah gangguan makan lain yang melibatkan makan hal-hal yang tidak dianggap makanan. Individu dengan pica merasa ingin memakan zat non-makanan, seperti kotoran, tanah, kapur tulis, sabun, kertas, rambut, kain, wol, kerikil, deterjen cucian, dan lainnya. Pica dapat terjadi pada orang dewasa, serta anak-anak dan remaja.

Individu dengan pica mungkin berisiko lebih tinggi mengalami keracunan, infeksi, cedera usus, dan defisiensi nutrisi. Tergantung pada zat yang dicerna, pica mungkin berakibat fatal.

6 dari 7 halaman

Rumination disorder

Rumination disorder atau gangguan perenungan adalah gangguan makan yang belum lama ini dikenali. Ini menggambarkan suatu kondisi di mana seseorang memuntahkan makanan yang sebelumnya mereka kunyah dan telan, mengunyahnya kembali, dan kemudian menelannya kembali atau memuntahkannya.

Perenungan ini biasanya terjadi dalam 30 menit pertama setelah makan. Gangguan ini dapat berkembang selama masa bayi, masa kanak-kanak, atau dewasa. Pada bayi, itu cenderung berkembang antara usia 3-12 bulan dan sering menghilang dengan sendirinya. Anak-anak dan orang dewasa dengan kondisi ini biasanya memerlukan terapi untuk menyelesaikannya. Jika tidak diatasi saat bayi, Rumination disorder dapat menyebabkan penurunan berat badan dan gizi buruk yang bisa berakibat fatal.

7 dari 7 halaman

Gangguan asupan makanan avoidant / restriktif

Gangguan asupan makanan avoidant / restriktif atau Avoidant/restrictive food intake disorder (ARFID) adalah nama baru untuk gangguan lama. Istilah ini menggantikan apa yang dikenal sebagai "gangguan makan bayi dan anak usia dini," diagnosis yang sebelumnya disediakan untuk anak di bawah 7 tahun.

Meskipun ARFID umumnya berkembang selama masa bayi atau anak usia dini, ARFID dapat bertahan hingga dewasa. Individu dengan gangguan ini mengalami gangguan makan baik karena kurangnya minat makan atau ketidaksukaan terhadap aroma, rasa, warna, tekstur, atau suhu tertentu. Gejala umum ARFID meliputi menghindari atau membatasi asupan makanan, penurunan berat badan, dan defisiensi nutrisi.

Tidak seperti anoreksia, orang dengan ARFID tidak terobsesi dengan ukuran tubuh atau kenaikan berat badan mereka. Kondisi tersebut dapat terjadi karena kurangnya minat makan, atau seseorang dapat menghindari makan karena karakteristik sensorik makanan.

ARFID melampaui perilaku normal, seperti pilih-pilih makan pada balita atau asupan makanan yang lebih rendah pada orang dewasa yang lebih tua.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gangguan makan adalah perilaku abnormal terhadap makanan yang mengakibatkan seseorang mengubah kebiasaan dan perilaku makannya.

    Gangguan Makan

  • Anoreksia, atau secara medis dikenal dengan istilah anoreksia nervosa, merupakan gangguan makan yang ditandai dengan penurunan berat badan.

    Anoreksia

  • Bulimia adalah gangguan makan dan kelainan mental yang serius serta dapat berakibat fatal. Penderita bulimia akan mengalami kelaparan

    Bulimia

  • Jenis Gangguan makan

Video Terkini