Sukses

Jenis-Jenis Processor Intel, Ketahui Fungsi dan Fiturnya

Liputan6.com, Jakarta Jenis-jenis processor Intel sangat beragam. Intel merupakan perusahaan multinasional yang terkenal dengan rancangan dan produksi mikroprosesor dan mengkhususkan dalam sirkuit terpadu. Produk andalan Intel adalah serangkaian processornya. Jenis-jenis processor Intel banyak digunakan dalam berbagai perangkat komputer. 

Processor merupakan komponen penting untuk menjalankan kinerja terbaik suatu perangkat. Jenis-jenis processor Intel ini paling banyak ditemui di berbagai jenis perangkat. Hingga saat ini sudah ratusan jenis-jenis processor Intel diproduksi.

Intel membuat banyak prosesor yang dirancang untuk berbagai komputer dan fungsi. Dari prosesor hemat daya untuk netbook hingga prosesor high-end, multi-core 64-bit, memahami perbedaan jenis-jenis processor Intel adalah kunci untuk memilih yang tepat untuk keperluan komputasi.

Jenis-jenis processor Intel ini disesuaikan dengan kebutuhan dan jenis perangkat. Berikut jenis-jenis processor Intel yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin(4/11/2019).

2 dari 6 halaman

Atom

Prosesor Intel Atom adalah prosesor konsumsi daya rendah yang dirancang untuk digunakan dalam netbook dan perangkat komputasi berbasis jaringan lainnya. Prosesor Intel Atom mengedepankan di mana masa pakai baterai dan konsumsi daya lebih penting daripada daya pemrosesan.

da beberapa jenis prosesor Atom. Prosesor tanpa penunjuk huruf sebelum nomor dimaksudkan untuk perangkat berdaya rendah umum. Prosesor dengan N designator dirancang untuk netbook.

Prosesor atom yang dirancang untuk perangkat Internet seluler memiliki Z designator. Angka yang mengikuti penunjuk menunjukkan tingkat prosesor. Angka yang lebih tinggi menunjukkan lebih banyak fitur prosesor.

3 dari 6 halaman

Celeron

Prosesor Celeron dirancang untuk komputer desktop kelas bawah yang terutama digunakan untuk aktivitas web dan komputasi dasar. Prosesor celeron memiliki indikator numerik. Semakin tinggi angkanya, semakin banyak fitur pada prosesor. Ada beberapa kelas prosesor Celeron, termasuk prosesor konsumsi daya rendah yang dirancang untuk komputer laptop.

Prosesor Celeron kompatibel dengan program komputer IA-32, tetapi kinerjanya biasanya lebih rendah secara signifikan jika dibandingkan dengan CPU serupa dengan merek CPU Intel dengan harga lebih tinggi.

Merek Celeron sering kali memiliki memori cache lebih sedikit, atau fitur canggih yang sengaja dinonaktifkan. Fitur yang hilang ini dapat memiliki dampak variabel pada kinerja, tetapi seringkali sangat besar.

4 dari 6 halaman

Pentium

Pentium telah digunakan sebagai nama untuk sejumlah generasi prosesor yang berbeda. Prosesor Pentium generasi saat ini adalah prosesor inti ganda hemat energi yang dirancang untuk komputer desktop.

Prosesor Pentium memiliki perancang numerik yang seperti prosesor Intel lainnya, menunjukkan tingkat fitur yang lebih tinggi dengan nomor seri yang lebih tinggi.

Dibanding Atom, Pentium adalah implementasi arsitektur dengan kinerja tertinggi. Pada 2017, Intel membagi Pentium menjadi dua line-up. Pentium Silver bertujuan untuk perangkat berdaya rendah dan berbagi arsitektur dengan Atom dan Celeron. Pentium Gold bertujuan untuk desktop tingkat pemula dan menggunakan arsitektur yang ada, seperti Kaby Lake or Coffee Lake.

5 dari 6 halaman

Core

Ada dua jenis prosesor Core. Pertama Prosesor Core asli disebut i7. Angka yang mengikuti i7 pada CPU menunjukkan jumlah fitur CPU. Angka yang lebih tinggi menunjukkan lebih banyak fitur, seperti cache, kecepatan jam, bus sisi depan atau teknologi lainnya. Kedua Prosesor Core 2 Duo yang merupakan prosesor multi-core. Mereka memiliki sejumlah indikator huruf yang menunjukkan kelompok prosesor yang berbeda:

QX menunjukkan CPU quad core berkinerja tinggi,

X menunjukkan CPU dual-core berkinerja tinggi,

Q menunjukkan CPU desktop quad-core,

E menunjukkan dual hemat energi CPU inti,

T menunjukkan CPU seluler hemat energi,

P menunjukkan CPU seluler berdaya rendah dengan konsumsi daya lebih rendah daripada T,

L menunjukkan CPU seluler konsumsi daya sangat rendah,

U menunjukkan konsumsi daya terendah prosesor Core 2 dibuat oleh Intel,

S menunjukkan paket CPU faktor bentuk kecil.

Indikator alfabet ini diikuti oleh angka. Angka yang lebih tinggi menunjukkan lebih banyak fitur CPU.

6 dari 6 halaman

Xeon dan Itanium

Itanium adalah mikroprosesor yang dikembangkan oleh Intel untuk bersaing di pasar komputasi kinerja tinggi (HPC) dan pada aplikasi server kelas atas. Xeon juga merupakan mikroprosesor lain dari Intel tetapi terutama ditujukan untuk aplikasi server tingkat menengah.

Prosesor Intel Xeon dan Itanium adalah CPU kelas server yang dirancang dan dioptimalkan untuk berbagai aplikasi server. Prosesor ini memiliki tiga indikator huruf:

X menunjukkan CPU berkinerja tinggi

E menunjukkan CPU yang dioptimalkan rak

L menunjukkan CPU yang dioptimalkan daya.

Ada tiga tingkatan prosesor Xeon. 3000 seri prosesor mengandung satu inti, 5000 seri prosesor mengandung dua core, dan 7000 seri prosesor mengandung lebih dari dua core. Prosesor seri 9000 menunjukkan prosesor kelas Itanium, yang dapat memiliki dua atau lebih inti. Angka yang lebih tinggi di setiap seri menunjukkan lebih banyak fitur prosesor.