Sukses

7 Manfaat Asparagus bagi Kesehatan, Sayuran Kaya Nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Manfaat asparagus bagi kesehatan masih belum banyak diketahui, karena memang belum umum dikonsumsi orang Indonesia. Padahal, asparagus dipercaya sebagai sayuran tersehat yang kaya akan nutrisi penting untuk kesehatan tubuh dan mencegah penyakit. 

Sayuran asparagus memiliki berbagai nutrisi yang istimewa dengan kalori yang sangat rendah. Berbagai kandungan nutrisi dalam asparagus yaitu protein, serat, lemak, folat, kalium, fosfor, vitamin C, vitamin A, hingga vitamin E. Tidak hanya itu, asparagus juga memiliki sejumlah kecil kandungan mikronutrien seperti zat besi, zinc, dan riboflavin.

Manfaat asparagus bagi kesehatan dipengaruhi oleh kandungan berbagai nutrisi tersebut. Asparagus bahkan juga memiliki kandungan vitamin K yang tinggi, yang berperan aktif dalam pembekuan darah sekaligus menjaga kesehatan tulang. Bahkan, karena kandungan folatnya yang tinggi, asparagus sering disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil untuk membantu pembentukan sel-sel dan DNA calon bayi.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/11/2019) tentang manfaat sayuran asparagus bagi kesehatan

2 dari 8 halaman

Menyehatkan Pencernaan

Manfaat asparagus bagi kesehatan yang pertama adalah dapat menyehatkan pencernaan. Asparagus adalah makanan yang sempurna untuk pencernaan karena kandungan serat dan vitamin C di dalamnya. Selain itu, asparagus juga mengandung banyak protein yang baik dikonsumsi oleh para atlet.

Sistem pencernaan manusia membutuhkan asupan serat yang cukup agar kerjanya senantiasa optimal. Kandungan serat tidak larut yang tinggi pada asparagus bermanfaat untuk memperlancar gerakan usus sehingga bisa dikonsumsi untuk mengobati sembelit.

Sedangkan kandungan serat larut asparagus bisa menjadi makanan untuk bakteri baik dalam usus. Oleh karena itu, menambahkan asparagus ke dalam menu makanan sehari-hari merupakan cara terbaik untuk membantu memenuhi kebutuhan serat dan menjaga kesehatan sistem pencernaan.

3 dari 8 halaman

Mengontrol Gula Darah

Selain itu, asparagus adalah salah satu sayuran yang ampuh untuk mengontrol tingkat gula darah dalam tubuh. Asparagus adalah sayuran kaya nutrisi, sumber serat, folat, vitamin A, C, E, dan K yang sangat baik, serta kromium dan mineral kecil yang meningkatkan kemampuan insulin untuk mengangkut glukosa dari aliran darah ke dalam sel.

Manfaat asparagus bagi kesehatan sangat cocok dikonsumsi bagi pasien diabetes atau seseorang yang memiliki kadar gula tinggi karana memiliki kandungan vitamin B. Bahkan, sebuah studi dalam British Journal of Nutrition menyatakan sel asparagus akan membantu meningkatkan sel beta dalam tubuh yang bermanfaat untuk meningkatkan pengeluaran diabetes tipe 2.

4 dari 8 halaman

Menurunkan Berat Badan

Manfaat asparagus bagi kesehatan selanjutnya adalah dapat membantu menurunkan berat badan. Salah satu makanan terbaik untuk menurunkan berat badan adalah asparagus.

Pasalnya, asparagus mengandung kalori dalam jumlah yang rendah, yakni hanya sekitar 20 kalori dalam setengah cangkir.

Selain itu, kandungan serat pada asparagus tidak hanya bermanfaat untuk menjaga sistem pencernaan, tapi juga berefek terhadap penurunan berat badan. Serat bisa membantu tubuh untuk merasa kenyang sehingga mencegah kamu dari makan dalam jumlah banyak.

5 dari 8 halaman

Sumber Antioksidan yang Baik

Manfaat asparagus juga dapat mengatasi berbagai macam penyakit berbahaya. Asparagus memiliki kandungan antioksidan dalam jumlah yang tinggi, seperti vitamin E, vitamin C, glutathione, serta berbagai flavonoid dan polifenol.

Antioksidan merupakan senyawa yang dapat membantu melindungi sel-sel tubuh dari efek bahaya yang ditimbulkan oleh radikal bebas dan stres oksidatif. Stres oksidatif sendiri telah banyak dikaitkan dengan penuaan, peradangan sel yang kronis, serta kanker.

Asparagus juga mengandung zat yang penting bernama inulin yang bisa mencegah kanker. Inulin tidak dicerna tubuh hingga sampai di usus besar. Ketika dicerna dalam usus besar, inulin bisa mencegah kanker usus besar.

Jika kamu ingin mendapatkan produksi antioksidan yang optimal, kamu bisa makan asparagus bersama dengan sayur dan buah lainnya demi mengoptimalkan jumlah antioksidan dalam tubuh.

6 dari 8 halaman

Menjaga Kesehatan Mata

Selanjutnya, manfaat asparagus juga sangat baik bagi kesehatan mata karena adanya kandungan vitamin A yang berfungsi dalam menjaga sumber penglihatan atau mata.

Selain itu, antioksidan pada asparagus juga akan membantu melindungi retina dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas. Asam amino dan glutathione dalam asparagus bahkan dapat membantu mengurangi terjadinya risiko penyakit mata seperti katarak dan rabun senja.

7 dari 8 halaman

Membuat Kulit Bercahaya

Asparagus adalah salah satu makanan yang kaya vitamin A yang tak hanya menyehatkan mata tetapi juga menyehatkan kulit. Vitamin A sangat efektif untuk mengatasi kulit yang rusak dan mencegah penuaan dini pada kulit. Kandungan glutathione juga dipercaya bisa mencegah kerusakan akibat paparan sinar matahari atau polusi.

8 dari 8 halaman

Kesehatan Kehamilan

Manfaat asparagus selanjutnya adalah menjaga kesehatan ibu dan bayi selama masa kehamilan. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, asparagus kaya akan kandungan vitamin B9 atau asam folat yang bermanfaat bagi ibu hamil dan bayinya terutama di trimester awal kehamilan.

Asupan folat yang memadai di masa ini, akan membantu mengoptimalkan pembentukan sel darah merah dan DNA. Selain itu, folat juga berperan penting untuk melindungi buah hati dari cacat tabung saraf yang bisa dengan mudah mengakibatkan berbagai komplikasi di kemudian hari.