Sukses

8 Tempat Wisata di Ngawi Terpopuler, Paduan Alam dan Tempat Bersejarah

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Ngawi merupakan paduan alam yang indah dan tempat bersejarah. Diketahui ada 3 air terjun yang bisa kamu sambangi saat berlibur ke Ngawi. Selain itu, ada pula perkebunan teh hijau yang sangat luas dan waduk tempat bermain air.

Seperti yang telah diketahui, Ngawi tidak memiliki wisata pantai karena wilayahnya terletak di daerah dataran tinggi. Namun, kamu bisa menikmati keindahan alam lainnya seperti yang telah disebutkan sebelumnya, hingga berbagai tempat bersejarah.

Tempat wisata di Ngawi sangat cocok untuk liburan yang jauh dari keramaian. Walaupun gaung wisata Ngawi tidak sebesar Banyuwangi atau Malang di Jawa Timur, namun hal ini malah berdampak positif pada kenyamanan kamu saat berlibur ke daerah ini.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (5/11/2019) beberapa tempat wisata di Ngawi yang wajib dikunjungi.

2 dari 4 halaman

Wisata Alam di Ngawi

Perkebunan Teh Jamus

Tempat wisata di Ngawi ada Perkebunan Teh Jamus. Terletak di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, kebun teh ini kini menjadi salah satu objek wisata andalan di Ngawi.

Di kebun teh ini kamu bisa melihat pohon-pohon teh tua yang konon usianya sudah lebih dari seratus tahun. Kamu bisa menikmati hamparan pemandangan hijau kebun teh yang indah di bukit berundak-undak seperti Candi Borobudur yang dinamakan Bukit Borobudur.

Selain itu, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru lainnya seperti melihat proses pembuatan teh, bermain air di sumber mata air, hingga flying fox. Jangan lupa juga untuk membawa pulang oleh-oleh teh dari Jamus.

Waduk Pondok

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Ngawi tidak memiliki wisata pantai karena wilayahnya yang terletak di dataran tinggi. Oleh karena itu, kamu bisa mengunjungi Waduk Pondok sebagai tempat wisata di Ngawi yang bertemakan air, selain air terjun.

Waduk Pondok berada di Kecamatan Dampit, Jaraknya cukup dekat dari pusat kota, yaitu hanya 6 Km. Di waduk ini, kamu akan disuguhkan dengan hamparan air dan perbukitan hijau yang memesona. Tempat ini juga cocok bagi kamu para penikmat senja, karena pemandangan senja di waduk ini sangat indah dan memesona.

Kamu juga bisa melakukan beberapa aktivitas menyenangkan di Waduk Pondok ini, seperti mengarungi kawasan danau dengan menggunakan perahu, bermain jetski hingga memancing.

3 dari 4 halaman

Wisata Air Terjun di Ngawi

Air Terjun Srambang

Tempat wisata di Ngawi yang wajib dikungjungi ada Air terjun Srambang. Terletak di Desa Girimulyo, Kecamatan Jogorogo, air terjun ini letaknya tersembunyi di balik hutan pinus, sehingga suasananya terasa sangat sejuk, tenang dan tentunya masih asri.

Perjalanan menuju air terjun ini membutuhkan usaha yang melelahkan tapi juga seru dan menyenangkan. Walaupun jalannya terjal dan berliku, kamu akan disajikan pemandangan hutan pinus yang indah sepanjang perjalanan. Apalagi saat telah mencapai air terjun, lelahmu tentu akan terbayar tuntas dengan keindahan dan kesejukan Air Terjun Srambang ini.

Untuk mencapai air terjun Srambang, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 25 Km dari pusat kota Ngawi.

Air Terjun Pengantin

Air terjun selanjutnya yang menjadi salah satu tempat wisata di Ngawi adalah Air Terjun Pengantin. Air terjun ini dinamakan Air Terjun Pengantin karena ada sepasang air terjun yang letaknya berdampingan. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 12 meter. Tempat wisata di Ngawi ini masih belum banyak diketahui wisatawan, sehingga kondisinya masih sangat asri dan alami.

Memang letaknya cukup tersembunyi di balikĀ Perkebunan Teh Jamus. Tepatnya terletak diĀ Dusun Besek, Desa Hargomulyo, Kecamatan Ngrambe. Untuk menuju Air Terjun Pengantin membutuhkan waktu tempuh sekitar 3 jam dari pusat kota.

Air Terjun Teleng

Masih seputar air terjun, kamu juga bisa mengunjungi Air Terjun Teleng sebagai tempat wisata di Ngawi. Berlokasi di Desa Ngrayudan, Kecamatan Jogorogo, Kabupaten Ngawi, air terjun ini cukup tenang dengan panorama hijau yang mengelilinginya. Saat perjalanan menuju ke lokasi wisata ini, kamu akan melewati hutan pinus yang indah dan sejuk.

Tak hanya itu, kamu akan akan disuguhkan dengan suasana yang masih alami, tenang dan sejuk. Air Terjun Teleng bisa dijadikan pilihan bagi kamu yang ingin berwisata ke tempat yang jauh dari hiruk-pikuk perkotaan.

4 dari 4 halaman

Wisata Sejarah di Ngawi

Benteng Pendem (Benteng Van Den Bosch)

Selain wisata alam, kamu tentunya juga bisa mengunjungi berbagai tempat bersejarah di Ngawi. Tempat wisata di Ngawi yang sangat bersejarah adalah Benteng Van Den Bosch atau sering juga dikenal dengan nama Benteng Pendem. Benteng ini dulunya dipimpin oleh Johannes van den Bosch.

Benteng peninggalan Belanda ini menjadi spot foto yang sangat bagus bagi kamu penyuka fotografi. Meski sudah berusia sangat tua, namun Benteng Pendem Van Den Bosch masih memperlihatkan sisa-sisa kemegahan masa lalunya.

Museum Trinil

Selanjutnya, ada Museum Trinil sebagai Tempat Wisata di Ngawi. Di tempat ini, kamu bisa mempelajari tentang berbagai benda-benda purbakala. Museum yang berada di Kedunggalar, Ngawi, Jawa Timur ini berada di pinggiran Bengawan Solo.

Pada halaman museum terdapat bangunan berupa monumen yang didirikan oleh Eugene Dubois yang pertama kali menemukan situs di kawasan ini. Di monumen itu dituliskan angka tahun pertama kali penemuan fosil manusia purba yang diberi nama Pithecanthropus Erectus.

Selain itu, kamu juga bisa menemukan berbagai macam fosil binatang purba seperti gading gajah purba yang sangat besar jika dibandingkan dengan ukuran gading gajah biasa.

Pesanggrahan Srigati

Jika kamu adalah penggemar wisata yang berbau mistis, kamu bisa menyinggahi Pesanggarahan Srigati yang terkenal. Terletak di Desa Babadan, Kecamatan Paron tempat wisata di Ngawi ini menyuguhkan sensasi mistis. Kabarnya, Pesanggrahan Srigati merupakan tempat bagi para lelembut berkumpul. Letaknya yang tidak begitu jauh dari pusat Kota Ngawi membuat akses ke tempat ini semakin mudah.