Sukses

10 Manfaat Jambu Bol untuk Kesehatan, Kaya Nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Jambu bol masih termasuk ke dalam kerabat jambu-jambuan. Bedanya dengan jenis jambu lainnya, jambu bol memiliki tekstur daging yang lebih lembut dan lebih padat dibandingkan dengan jambu air.

Di setiap daerah, jambu bol memiliki penyebutan berbeda-beda seperti jambu jambak, jambu bolo, jambu darsana, dan lain sebagainya. Sedangkan dalam bahasa Inggris, jambu bol dikenal sebagai Malay Apple. Sementara nama ilmiahnya adalah Syzygium malaccense.

Di balik bentuk dan rasanya yang unik, ternyata jambu pol punya manfaat tak terduga untuk kesehatan. Hal ini dikarenakan jambu bol punya segudang nutrisi penting yang dibutuhkan tubuh, sehingga mampu menjaga kesehatan.

Kamu bisa menemukan jambu bol di toko-toko buah. Agustus hingga September merupakan masa panen jambu bol. Jadi kamu bisa menantikan buah ini di bulan tersebut.

Berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber sepuluh manfaat jambu bol untuk kesehatan tubuh yang bisa dirasakan, Selasa (5/11/2019).

2 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Kulit dan Mata

Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat jambu bol yang bisa dirasakan untuk kesehatan adalah mampu melembutkan kulit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan vitamin C dan mineral lainnya yang mampu menghindarkan kamu dari penyakit kulit, seperti kanker kulit.

Menjaga Kesehatan Mata

Jambu bol mengandung vitamin A yang cukup tinggi. Lewat kandungannya ini, kamu bisa menjadikan jambu bol untuk menjaga kesehatan mata.

Dengan mata yang sehat akan membuat penglihatan kamu menjadi lebih jelas dan tajam.

 

3 dari 6 halaman

Mengatasi Disentri dan Mencegah Diabetes

Mengatasi Disentri

Disentri merupakan penyakit menular. Oleh karena itu, penderitanya harus segera mengobati agar tidak menular.

Untuk mengobati penyakit disentri, jangan buru-buru menggunakan obat dengan bahan kimia. Kamu bisa menggunakan pengobatan alami yang cukup ampuh untuk mengatasi disentri, yaitu jambu bol.

Mencegah Diabetes

Manfaat jambul bol untuk kesehatan lainnya adalah mampu mencegah diabetes. Buah jambu bol ini bisa kamu jadikan pemanis alami untuk menggantikan gula yang biasa dikonsumsi.

Hal ini dikarenakan jambu bol punya kandungan gula yang rendah. Namun dengan mengonsumsinya, kebutuhan gula dalam tubuh akan tetap terpenuhi sehingga kadar gula darah tetap stabil.

4 dari 6 halaman

Meredakan Demam dan Mengobati Sariawan

Meredakan Demam

Jambu bol juga bermanfaat untuk meredakan demam. Kamu bisa mendapatkan manfaatnya dengan menyeduh buah jambu bol dengan air hangat kemudian diminum airnya. Mengonsumsinya saat demam secara rutin, dapat menurunkan demam secara perlahan hingga pulih.

Mengobati Sariawan

Jambu bol kaya akan vitamin C. Jadi, buat kamu yang sedang menderita sariawan, kamu bisa mengonsumsi jambu bol ini.

Jambu bol dapat mengobati sariawan dan membuat rongga mulut kamu terlindung dari infeksi.

5 dari 6 halaman

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh dan Menyehatkan Sistem Pencernaan

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Adanya kandungan vitamin C pada buah bol membuatnya mampu memberikan manfaat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jambul bol mampu menjauhkan atau menyingkirkan berbagai penyebab penyakit yang bisa menyerang tubuh.

Menyehatkan Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan terganggu menandakan kamu kekurangan serat. Untuk mencukupi kebutuhan serat, kamu bisa mengonsumsi jambu bol ini.

Jambu bol mampu membuat sistem pencernaan menjadi lancar karena jambu ini mengandung cukup banyak serat.

6 dari 6 halaman

Memperkuat Tulang dan Sumber Karbohidrat

Memperkuat Tulang

Jambu bol mengandung zat besi yang berguna untuk menjadikan tulang lebih kuat. Berkat kandungan zat besi ini dan dikonsumsi secara rutin, maka kamu akan terhindari dari penyakit tulang seperti pengeroposan tulang dan osteoporosis

Sumber Karbohidrat

Untuk mencukupi kebutuhan karbohidrat, kamu bisa menggantikan nasi dengan jambu bol yang lebih sehat. Jambu bol memiliki banyak kandungan karbohidrat yang cukup untuk memberikan energi pada tubuh.