Sukses

10 Manfaat Daun Pandan untuk Kesehatan, Terhindar dari Penyakit Serius

Liputan6.com, Jakarta Manfaat daun pandan untuk kesehatan masih belum banyak diketahui oleh orang. Padahal penggunaan daun pandan dalam kehidupan sehari-hari bisa terbilang cukup sering atau banyak ditemukan.

Si pemilik aroma khas ini banyak digunakan sebagai bahan campuran makanan dan minuman guna memberikan aroma dan cita rasa. Tak hanya itu, ternyata manfaat daun pandan untuk kesehatan juga cukup banyak dan beragam.

Selain memiliki aroma yang khas, daun pandan juga memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Daun pandan mengandung berbagai jenis senyawa seperti polifenol, flavonoid, glikosida, saponin, hingga alkaloid. Maka tak heran ada banyak manfaat daun pandan untuk kesehatan yang bisa dirasakan jika digunakan secara tepat dan teratur.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum 10 manfaat daun pandan untuk kesehatan dari kanal The Benefits, Rabu (6/11/2019).

2 dari 6 halaman

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi dam Mengatasi Diabetes

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Manfaat daun pandan untuk kesehatan pertama yang bisa dirasakan untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Ada berbagai macam penyebab tekanan darah tinggi atau hipertensi.

Untuk merasakan manfaatnya, berbagai sumber menyebutkan bahwa mengonsumsi teh pandan dua kali sehari dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Cara membuat teh pandan cukup mudah.

Kamu hanya perlu merebus 3 gram daun pandan dengan menggunakan dua hingga tiga gelas air. Tunggu sampai air berkurang setengahnya. Setelah jadi, konsumsilah setengah teh pandan setiap pagi hari dan setengahnya lahi di malam hari untuk menurunkan tekanan darah tinggi.

Konsumsi teh pandan secara teratur untuk mendapatkan manfaat lainnya seperti mencegah penyakit jantung seperti penyakit jantung koroner.

Mengatasi Diabetes

Apabila kamu telah terdiagnosa memiliki penyakit diabetes, maka kamu bisa meredakannya dengan mengonsumsi daun pandan. Manfaat daun pandan untuk kesehatan ini bisa digunakan sebagai pengganti gula atau pemanis.

Gunakan daun pandan sebagai pengganti pemanis atau gula yang biasanya kamu konsumsi. Daun pandan akan membuat rasanya semakin segar dan gurih.

3 dari 6 halaman

Menghilangkan Ketombe dan Meredakan Nyeri

Mencegah dan Menghilangkan Ketombe

Manfaat daun pandan untuk kesehatan lainnya adalah mampu untuk mencegah dan menghilangkan ketombe. Ketombe muncul akibat percepatan pertumbuhan dan matinya sel-sel kulit kepala.

Munculnya ketombe juga diperburuk oleh kulit kepala berminyak, stres, penggunaan produk yang tidak sesuai, dan mencuci rambut terlalu sering atau bahkan jarang. Untuk mengatasi masalah kulit kepala ini, kamu bisa memanfaatkan daun pandan.

Menurut Vegeta Fruit, daun pandan baik untuk kulit kepala dan rambut. Kamu bisa menjadikan daun pandan sebagai pengganti shampoo dengan cara menghaluskannya.

Cukup haluskan sepuluh lembar daun pandan kering dengan air hingga berbentuk seperti pasta. Setelah jadi, gunakan daun pandan yang sudah halus tadi ke bagian kepala dengan cara memijat.

Lakukan secara teratur untuk mendapatkan manfaat daun pandan secara berlebih. Selain menghilangkan ketombe, pasta daun pandan ini juga bisa memberi nutrisi untuk rambut. Jadi, rambut selalu sehat.

Meredakan Nyeri

Daun pandan mengandung sifat pencahat yang dapat bertindak sebagai penghilang rasa sakit kepala, nyeri dada, dan radang sendi. Maka dari itu, kamu dapat merasakan manfaat daun pandan untuk kesehatan sebagai penghilang rasa nyeri.

Untuk menggunakan daun pandan sebagai pereda nyeri, gunakan daun pandan sebagai teh. Konsumsi teh pandan dua kali dalam sehari secara teratur.

Selain meredakan nyeri, manfaat daun pandan lainnya mampu untuk mengurangi kram perut yang berhubungan dengan radang dan infeksi. Sedangkan untuk ibu melahirkan, teh pandan baik untuk membantu pemulihan setelah kelahiran.

4 dari 6 halaman

Anti Kanker dan Meningkatkan Nafsu Makan

Anti Kanker

Menurut penelitian, ekstrak daun pandan memiliki efek sitotoksik, antimiotik, antiproliferatif, dan apoptosis. Kandungan yang terdapat dalam daun pandan ini memiliki potensi untuk digunakan dalam terapi kanker.

Kamu bisa merasakan manfaat daun pandan untuk kesehatan dengan menikmatinya sebagai minuman teh. Konsumsi teh pandan secara teratur dua kali dalam sehari untuk menangkal efek racun dan mengambat perkembangan kanker.

Meningkatkan Nafsu Makan

Menurunnya nafsu makan bisa mengakibatkan masalah kesehatan tubuh. Penyebab nafsu makan menurun salah satunya diakibatkan oleh indera penciuman yang bermasalah.

Untuk meningkatkan nafsu makan, kamu bisa mengonsumsi teh pandan. Bahan alami ini bisa diminum dua kali sehari untuk membantu meningkatkan kesehatan tubuh dan tentunya meningkatkan nafsu makan.

5 dari 6 halaman

Mengatasi Insomnia dan Meredakan Demam

Mengatasi Insomnia

Daun pandan mengandung senyawa alkaloid yang dapat memberikan efek menenangkan untuk tubuh. Sehingga daun pandan cocok untuk mengatasi masalah tidur atau insomnia yang sedang kamu derita.

Manfaat daun pandan untuk kesehatan bisa memberikan efek tenang dan membuat kamu lebih mudah tidur. Untuk mendapatkan manfaat daun pandan, seduh daun pandan dengan air panas. Lalu campurkan dengan satu sendok teh madu. Konsumsilah selagi hangat.

Meredakan Demam

Demam merupakan salah satu gejala yang menandakan tubuh sedang melawan infeksi. Seseorang yang sedang demam akan mengalami peningkatan suhu tubuh, yang membuat penderitanya menjadi tidak nyaman.

Untuk mengurangi demam, kamu bisa menggunakan daun pandan. Cara penggunaannya dengan merebus daun panda dan meminum air rebusannya. Setelah itu, panas tubuh akan turun secara perlahan.

6 dari 6 halaman

Meningkatkan Stamina dan Menghilangkan Sakit di Tubuh

Meningkatkan Stamina

Daun pandan juga bermanfaat untuk menjaga tubuh agar selalu fit dan betenaga sepanjang hari. Untuk merasakan manfaat daun pandan, kamu bisa mengonsumsi rebusan air daun pandan.

Cara membuatnya, cukup rebus hingga mendidih lima lembar daun pandan ke dalam tiga gelas air. Setelah mendidih, angkat dan tunggu hingga dingin. Setelah itu tambahkan air lemon, lalu minumsetiap dua hari sekali.

Menghilangkan Sakit di Tubuh

Lelah setelah seharian melakukan aktivitas membuat tubuh sebagian orang terasa sakit atau pegal-pegal. Untuk meredakan sakitnya, kamu bisa menggunakan manfaat daun pandan untuk kesehatan.

Bahan yang dibutuhkan untuk meredakan rasa sakit di tubuh adalah 5 lembar daun pandan dan 20 lembar daun serai. Kemudian cuci bersih kedua bahan tersebut dan haluskan keduanya.

Setelah halus, tambahkan 1 sendok makan minyak kayu putih dan aduk hingga rata. Gunakan racikan tersebut ke area tubuh yang terasa sakit dengan cara menggosokkannya.