Sukses

10 Manfaat Teripang Emas Bagi Kesehatan, Bisa Cegah Diabetes

Teripang emas juga dipercaya mampu menghambat pertumbuhan sel kanker.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat teripang emas memang sudah tidak asing lagi di dunia pengobatan herbal Indonesia. Hewan laut yang hidup pada dasar substrat pasir ini sudah teruji khasiatnya untuk mengobati dan mencegah berbagai macam penyakit. Teripang emas merupakan hewan laut yang masuk ke dalam jenis Echinodermata.

Echinodermata sendiri merupakan hewan laut yang kebanyakan tumbuh di dasar laut. Hewan-hewan jenis ini biasanya mudah di ketahui karena memiliki bentuk yang unik. Seperti bintang laut, bulu babi, dan teripang emas.

Teripang adalah hewan laut yang tidak bertulang belakang dan bertubuh panjang yang umumnya paling banyak ditemukan di daerah Asia Pasifik. Teripang biasanya juga disebut dengan istilah gamat, dan banyak diolah menjadi makanan khas di daerah Tiongkok dan Jepang.

Selain digunakan sebagai bahan dasar konsumsi manusia di beberapa negara, teripang emas juga sudah lama digunakan sebagai bahan obat-obatan tradisional di Asia. Manfaat untuk kesehatan ini sudah di dukung oleh beberapa penelitian medis yang mengatakan bahwa teripang emas efektif untuk menangani berbagai macam penyakit.

Berdasarkan hasil penelitian, teripang emas kaya akan kondroitin sulfat, glikosida triterpene, protein, asam lemak, kalsium, magnesium, zat besi, seng, serta vitamin A,B1,B2,B3 dan C. Kandungan tersebut memungkinkan teripang menjadi bahan makanan yang bermanfaat bagi tubuh manusia.

Dalam dinding tubuh teripang emas juga terdapat berbagai protein seperti glisin, alanin, asam glutamate, dan arginin. Tingginya kualitas teripang ini diduga dapat membantu mengurangi kolesterol dalam darah. Jenis protein ini juga berperan dalam mengatur sistem kekebalan tubuh. Teripang juga mengandung asam lemak yang penting untuk perbaikan jaringan tubuh.

Salah satu kelebihan teripang emas yang lain ialah mampu untuk melakukan regenerasi sel. Berdasarkan hal tersebut, teripang emas dianggap bisa menyembuhkan sejumlah penyakit. Berikut beberapa rangkuman mengenai manfaat teripang emas bagi kesehatan yang dirangkum Liputan6.com, Rabu (6/11/2019) dari berbagai sumber.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Menghambat pertumbuhan sel kanker dan menurunkan kolesterol

1. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Mengonsumsi teripang emas bisa mencegah pertumbuhan sel kanker yang ada di dalam tubuh. Hal ini dikarenakan teripang mengandung komponen yang dianggap dapat melawan tumor dan kanker, misalnya desholothurin A dan lainnya. Bahan aktif antitumor ini bekerja untuk menghambat proses pertumbuhan sel kanker.

2. Menurunkan kolesterol

Teripang emas merupakan bahan makanan yang mengandung lemak sehat, sehingga ditengarai mampu mengurangi kadar kolesterol di dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui bahwa kadar kolesterol yang berlebih di dalam tubuh bisa menjadi sumber awal berbagai penyakit yang muncul.

3 dari 6 halaman

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mempercepat penyembuhan luka

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Teripang emas merupakan bahan makanan yang baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan asam amino yang terdapat dalam teripang ditengarai mampu melindungi dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

4. Mempercepat penyembuhan luka

Teripang emas mengandung kolagen yang merupakan zat pembentuk lapisan kulit serta asam lemak tak jenuh yang bermanfaat untuk menumbuhkan jaringan tubuh saat terluka.

Hal ini tidak hanya dilakukan untuk luka luar tetapi juga bisa untuk mengobati luka yang terdapat di dalam tubuh seperti infeksi pada usus atau lambung. Bisa dikonsumsi dalam bentuk tablet atau dioleskan sebagai salep pada luka.

4 dari 6 halaman

Mengatasi nyeri sendi dan memperbaiki fungsi ginjal

5. Mengatasi nyeri sendi

Kandungan kondoritin sulfat berfungsi sebagai pelumas sendi, sehingga dapat membantu mengatasi nyeri pada sendi.

6. Memperbaiki fungsi ginjal

Dikutip dari Health Line, sebuah penelitian membuktikan bahwa teripang emas mampu mengontrol tingkat oksidasi yang bisa berpotensi mengganggu kinerja ginjal. Hal ini bagus bagi penderita yang mengalami gangguan fungsi ginjal atau hanya sekadar menjaga fungsi ginjal agar bekerja sebagai mana mestinya.

5 dari 6 halaman

Mencegah gangguan hati dan mencegah diabetes

7. Mencegah gangguan hati

Meski belum ada penelitian yang valid, namun teripang emas juga diyakini mampu membantu mencegah penyakit gangguan hati. Hal ini disebabkan karena kandungan Phenol dan antioksidan yang terdapat di dalam tubuh teripang emas.

8. Mencegah Diabetes

Sebesar sekitar 86,8% teripang emas sarat akan kandungan protein. Hal ini tentunya menjadikan teripang emas bermanfaat bagi penderita diabetes karena kandungan protein tersebut dinilai mampu untuk mengontrol gula darah di dalam tubuh.

6 dari 6 halaman

Mengurangi risiko penyakit jantung dan mencegah hipertensi

9. Mengurangi risiko penyakit jantung

Diketahui bahwa teripang emas memiliki kadar asam docosahexanat yang bisa dikatakan tinggi. Zat ini ampuh untuk mengurangi trigliserida darah yang umumnya menjadi salah satu penyebab penyakit jantung.

10. Mencegah hipertensi

Meskipun pembuktianya belum kuat, namun beberapa sumber mengatakan jika teripang emas juga mampu mencegah hipertensi.

 

Reporter: Khulafa Pinta Winastya 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini