Sukses

10 Manfaat Temu Putih untuk Kecantikan dan Kesehatan, Sering Diabaikan

Ada banyak manfaat temu putih untuk kecantikan dan kesehatan.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat temu putih untuk kecantikan dan kesehatan ternyata begitu banyak. Temu putih atau yang memiliki nama ilmiah Curcuma zedoaria ini biasa disebut juga temu kuning. Dikarenakan memiliki kesamaan nama dengan kunyit putih, sehingga banyak orang yang kurang familiar dengan kata temu putih. Wajar saja, karena temu putih masih serumpun dengan jahe-jahean seperti kencur dan kunyit.

Temu putih ini termasuk tumbuhan tahunan, dengan ketinggian bisa mencapai 2 meter dan tidak tumbuh secara berkelompok. Daunnya berbentuk lonjong lebar dengan garis merah keunguan yang menghias di tulang tengahnya. Tumbuhan ini juga memiliki bunga berwarna kuning, namun yang biasa diolah berasal dari akarnya yang berjenis rimpang atau tunas. Namun masih banyak yang tahu jika manfaat temu putih untuk kecantikan dan kesehatan begitu beragam.

Menurut Hong Kim Lee, tumbuhan ini berasal dari Himalaya, India dan terutama tersebar di Asia meliputi Cina, Vietnam, dan Jepang. Tidak hanya tumbuh liar di Sumatera dan Jawa, ternyata temu putih juga sudah banyak dibudidayakan dan digunakan sebagai bumbu dapur di negara lain pula, seperti Nepal dan Karnakata.

Curcuma zedoaria yang selama ini dikenal sebagai rempah-rempah tambahan bumbu masakan, sebenarnya memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Berikut manfaat temu putih untuk kecantikan dan kesehatan yang Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (7/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Manfaat Temu Putih untuk Kecantikan dan Kesehatan

1. Sebagai Antioksidan

Selama ini kita mengenal banyak produk berbahan teh hijau sebagai makanan atau minuman, maupun sebagai bahan dasar utama skincare, karena antioksidannya yang tinggi. Namun ternyata dalam penelitian Mau dan kawan-kawan, 2003 dikutip oleh Farmasi UGM, menunjukkan bahwa temu putih memiliki senyawa yang beraksi sebagai antioksidan.

2. Menurunkan Berat Badan

Antioksidan yang dikonsumsi secara teratur dan jumlah yang seimbang pun bisa membantu menurunkan berat badan. Temu putih juga bisa dijadikan alternatif lain untuk membantu meluruhkan lemak jikalau ingin mencoba cara yang alami.

3 dari 6 halaman

Manfaat Temu Putih untuk Kecantikan dan Kesehatan

3. Mengatasi Cemas dan Stres

Banyak yang beranggapan kalau jerawat muncul kalau mood enggak baik. Sebenarnya hal ini bisa saja terjadi, atau yang biasa disebut sebagai psikosomatis.

Psikosomatis merupakan suatu keadaan sakit fisik yang diakibatkan oleh stres dan kecemasan. Sakit yang dialami setiap orang akan berbeda, bisa pada kulit tidak sehat, badan mudah lelah, dan sebagainya.

Nah, si temu putih ini dipercaya mampu mengatasi stres dan cemas. Hal ini diperkuat berdasarkan studi yang menunjukkan bahwa ekstrak petroleum eter dan kloroform yang terkandung di dalamnya mampu menenangkan diri untuk mengatasi stres. Sehingga kulit dan fisik pun terjaga kondisinya untuk selalu tampil cantik.

4. Kandungan Minyak Atsiri

Temu putih juga memiliki kandungan minyak atsiri atau essential oil yang selama ini dipercaya bermanfaat untuk membuat kulit sehat. Minyak atsiri pun juga mampu mengatasi gangguan pencernaan. Anda cukup mengunyah secara langsung temu putih ini yang telah dikupas dan dicuci bersih.

4 dari 6 halaman

Manfaat Temu Putih untuk Kecantikan dan Kesehatan

5. Mengurangi Napas Bau

Napas bau sudah pasti akan mengganggu segala aktivitas sehari-hari, terutama ketika harus bertemu banyak orang. Nah cara pengaplikasiannya sama, cukup mengunyah temu putih beberapa saat.

6. Anti Kanker

Pada pengobatan China, temu putih telah digunakan pada treatment kanker serviks. Hasil penelitian oleh Lee dan Hin, 1988 "Antimutagenic Activity Of Extracts From Anticancer Drugs In Chinese Medicine", menunjukkan bahwa ekstrak air dari Curcuma zedoria menghasilkan aktivitas antimutagenic terhadap mutasi yang diinduksi.

Keberadaan temu putih sebagai anti kanker, mampu menurunkan ukuran tumor. Hal ini diperkuat oleh Kim, 2000 "Antitumor, Genotoxicity And Anticlastogenic Activities Of Polysaccharide From Curcuma zedoaria". Tidak perlu diragukan lagi, bagi pengidap tumor dan kanker atau yang tidak ingin mengalaminya, mulailah mengonsumsi temu putih di waktu yang tepat.

5 dari 6 halaman

Manfaat Temu Putih untuk Kecantikan dan Kesehatan

7. Mengatasi Demam

Tidak hanya di Indonesia, ternyata di Brasil juga menggunakan temu putih sebagai obat penurun panas. Aktivitas ini dikarenakan adanya senyawa curcumenol yang dapat membantu mengatur suhu dalam tubuh. Sangat baik bagi penderita demam.

8. Melancarkan Peredaran Darah

Terdapat senyawa kimia dalam Curcuma zedoria yang mampu melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

6 dari 6 halaman

Manfaat Temu Putih untuk Kecantikan dan Kesehatan

9. Mengurangi Bengkak dan Rasa Linu

Sederhana saja, dengan bahan dapur temu putih ini anda bisa mengatasi sakit bengkak maupun rasa linu. Cukup membalurkan parutan temu putih yang dicampur dengan minyak kelapa pada anggota tubuh yang bengkak atau anda rasa linu akibat kondisi tertentu.

10. Penambah Nafsu Makan

Terkadang perut terasa mual atau tidak enak membuat nafsu makan berkurang, maupun keadaan anak yang tanpa sebab susah makan pasti membuat ibu khawatir. Temu putih dengan kandungan kurkuminoidnya berfungsi untuk membantu mengatasi mual dan memulihkan kembali nafsu makan.

Cara Mengolah:

- Ambil temu putih yang sudah siap panen, kira-kira usia 2 tahun kemudian diiris tipis-tipis.

- Irisan tersebut dikeringkan untuk menjaga zat aktif di dalamnya, gunakanlah kain hitam sebagai penutup.

- Temu putih yang sudah keding silahkan ditumbuk halus.

Cara Minum:

- Masukkan 1 sendok teh serbuh temu putih tadi ke dalam gelas, kemudian seduh menggunakan air hangat 250 ml.

- Sebagai pencegahan cukup diminum 1 gelas sehari setelah makan atau 2 hari sekali.

- Sebagai proses pengobatan bisa dikonsumsi 3 kali sehari setelah makan.

Tidak disangka ternyata di balik rempah dapur ini, ada berbagai manfaat temu putih untuk kecantikan dan kesehatan. Namun sebaiknya Anda berhati-hati pula dalam mengonsumsinya, jangan sampai berlebihan dan keluar dari kadar wajar kebutuhan tubuh Anda.

 

Reporter: Kurnia Azizah

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.