Sukses

12 Makanan yang Bisa Redakan Pilek, Mudah Didapat

Liputan6.com, Jakarta Pilek kerap muncul pada masa pancaroba dan musim hujan. Udara dingin dapat memicu peradangan pada saluran pernapasan. Gejala-gejala pilek yang umum termasuk tenggorokan kering atau sakit, hidung tersumbat, hidung berair dan bersin.

Semua orang dapat terserang pilek. Kondisi ini juga bisa menular dari satu orang ke orang lainnya. Anak-anak cenderung rentan terserang pilek karena kekebalan yang belum sempurna. Kebanyakan orang sembuh dari pilek dalam seminggu hingga 10 hari atau bahkan lebih cepat.

Pilek bisa sangat menganggu dan melemahkan seseorang. Meski begitu, pilek masuk dalam gangguan ringan dan dapat diobati di rumah. Istirahat yang cukup dan konsumsi makanan bergizi adalah kunci pemulihan pilek.

Makanan tertentu bisa membantu meredakan pilek. Makanan ini akan mempercepat pemulihan dan menenangkan tubuh. Berikut 12 makanan yang dapat meredakan pilek, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (7/11/2019).

2 dari 6 halaman

Buah buahan

Kiwi

Kiwi bisa menjadi salah satu makanan pereda pilek. Penelitian di British Journal of Nutrition menunjukkan bahwa mengemil buah kiwi yang padat nutrisi dapat membantu meringankan gejala pilek. Kiwi dapat meringankan sakit tenggorokan lebih cepat dibanding buah lain. Buah kiwi juga dapat meningkatkan konsentrasi eritrosit yang meningkatkan imunitas dalam sel darah merah.

Jeruk

Segelas jus jeruk atau air lemon dapat begitu melegakan saat pilek. Vitamin C-lah yang membantu mengurangi gejala pilek sekaligus mempercepat proses pemulihan. Jeruk kaya vitamin C yang juga berperan sebagai antioksidan untuk memerangi infeksi dan radikal bebas.

3 dari 6 halaman

Rempah

Bawang putih

Dalam satu penelitian yang diterbitkan di The Cochrane Library mengungkapkan bawang putih dapat meredakan pilek dengan cepat. Khasiat ini dipercaya berasal dari senyawa allicin yang menghambat enzim yang berperan dalam perkembangan infeksi bakteri dan virus. Bawang putih juga mampu meningkatkan fungsi sel kekebalan tubuh. Bawang putih juga merupakan makanan anti-inflamasi untuk membantu melawan peradangan dan menangkal penyakit kronis.

Cabai

Salah satu bagian terburuk pilek adalah efeknya pada sinus. Kondisi ini menyebabkan hidung tersumbat yang tidak nyaman. Cabai menjadi cara untuk mengatasi hidung tersumbat. Cabai engandung capsaicin, komponen aktif yang dapat membantu membersihkan sinus dengan menipiskan penumpukan lendir.

Jahe

Jahe memiliki efek hangat dan menenangkan. Gingerol, zat bioaktif dalam jahe segar, dapat membantu menurunkan risiko infeksi. Jahe segar juga efektif melawan virus RSV, penyebab umum infeksi pernapasan. Banyak cara mengonsumsi jahe seperti meminum air jahe, permen jahe, menghirup aroma jahe, atau kompres air jahe.

4 dari 6 halaman

Sayuran

Wortel

Tak hanya baik untuk mata, vitamin A pada wortel juga memperkuat fungsi kekebalan tubuh, yang sangat penting untuk melawan penyakit. Wortel bisa dimakan mentah atau dimasukkan pada sup ayam. Wortel mengandung vitamin C, antioksidan. Ini membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah penyakit. Vitamin C dapat membantu mengurangi keparahan pilek dan mempercepat pemulihan.

Sayuran hijau

Sayuran hijau berdaun seperti bayam, selada dan kangkung dikemas penuh dengan vitamin, mineral dan serat. Sayuran hijau merupakan sumber vitamin A, vitamin C, vitamin K dan folat yang sangat baik. Sayuran hijau gelap juga sarat dengan senyawa tanaman bermanfaat. Ini bertindak sebagai antioksidan untuk melindungi sel dari kerusakan dan membantu melawan peradangan penyebab pilek.

5 dari 6 halaman

Beragam cairan

Sup ayam

Menurut sebuah studi di American Journal of Therapeutics, kekuatan obat sup ayam dapat dikaitkan dengan carnosine, senyawa yang ditemukan dalam dada ayam dan kaldu ayam. Senyawa ini membantu sistem kekebalan tubuh memerangi gejala mirip flu dengan menghambat pelepasan oksida nitrat inflamasi sel. Mengonsumsi sup ayam membantu meringankan hidung tersumbat dan menenangkan tubuh.

Air kelapa

Cairan membantu mengatasi hidung tersumbat dan gejala pilek lainnya. Air kelapa ecara khusus merupakan pilihan yang bagus untuk obat pilek. Tidak hanya bagus untuk hidrasi, air kelapa mengandung elektrolit alami, yang membantu menyembuhkan tubuh.

6 dari 6 halaman

Makanan Pereda Pilek Lainnya

Oatmeal

Oatmeal mengandung beta-glukan yang merangsang sistem kekebalan tubuh dan menjadikannya salah satu obat pilek terbaik. Sarapan oatmeal membantu membantu mempercepat proses pemulihan. Selain beta-glukan, gandum mengandung seng dan selenium, yang juga berfungsi untuk melawan infeksi.

Yogurt

Sebuah penelitian di British Journal of Nutrition menemukan mikroorganisme probiotik dapat membantu dengan melunakkan respons peradangan tubuh seperti pilek. Yogurt adalah makanan probiotik yang paling banyak tersedia. Menurut penelitian tersebut yogurt efektif yuntuk memulihkan pilek lebih cepat. Carilah yogurt dengan kultur aktif yang kaya probiotik.

Madu

Madu dapat menjadi obat alami untuk meredakan batuk pada malam hari. Sebuah studi dalam jurnal Pediatrics menemukan bahwa anak-anak yang makan 2 sendok teh madu 30 menit sebelum waktu tidur mentah mengurangi frekuensi dan tingkat keparahan batuk malam hari. Pada orang dewasa, madu juga efektif untuk meredakan infeksi saluran pernapasan bagian atas.

Loading
Artikel Selanjutnya
Sering Disamakan, Ini Perbedaan Pilek dan Flu