Sukses

5 Jenis Sumber Daya Alam dan Manfaatnya untuk Kehidupan

Liputan6.com, Jakarta Jenis sumber daya alam dan manfaatnya perlu kamu sadari. Apalagi Indonesia memiliki begitu banyak potensi sumber daya alam yang masih belum dimanfaatkan dengan baik. Walaupun banyak juga sumber daya alam yang malah dimanfaatkan dengan berlebihan.

Sumber daya alam tentunya memiliki peran yang sangat penting dalam pemenuhan kebutuhan manusia. Sumber daya alam seperti seperti hewan, tumbuh – tumbuhan, dan SDA non hayati seperti minyak, logam, dan gas alam perlu benar-benar diperhatikan pemanfaatannya.

Jenis sumber daya alam dan manfaatnya perlu dipahami agar bisa dimanfaatkan dengan efektif. Sumber daya alam sendiri adalah semua bahan yang dapat ditemukan oleh manusia dalam alam dan bisa dimanfaatkan untuk keberlangsungan hidupnya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (8/11/2019) tentang jenis sumber daya alam dan manfaatnya

2 dari 8 halaman

1. Sumber Daya Alam Berdasarkan Sifatnya

Jenis sumber daya alam dan manfaatnya bisa dilihat berdasarkan sifatnya. Berikut jenis sumber daya alam dan manfaatnya berdasarkan sifatnya yang dibagi menjadi 2, yaitu:

Sumber Daya Alam yang dapat diperbaharui

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang tidak akan pernah habis seperti hewan, tumbuh-tumbuhan, udara, air, sinar matahari, dan mikroorganisme lainnya.

Sumber Daya Alam yang tidak dapat diperbaharui

Sedangkan jenis sumber daya alam satu ini mempunyai jumlah yang terbatas. Hal ini dikarenakan proses pembentukannya membutuhkan waktu yang sangat lama, sehingga apabila digunakan terus menerus akan habis. Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah bahan-bahan galian atau barang tambang.

3 dari 8 halaman

2. Sumber Daya Alam Berdasarkan Jenisnya

Selain itu, jenis sumber daya alam dan manfaatnya juga bisa dilihat berdasarkan jenisnya. Sumber daya alam berdasarkan jenisnya dibagi menjadi 2, yaitu:

Sumber Daya Alam Hayati (Biotik)

Sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari makhluk hidup yaitu hewan dan tumbuh-tumbuhan. Sumber daya alam hayati ini dibedakan menjadi 2, yaitu :

- Sumber daya alam hayati yang berasal dari hewan atau binatang seperti telur, daging, ikan, dan lain sebagainya.

- Sumber daya alam nabati adalah sumber daya alam yang berasal dari tumbuh-tumbuhan dan merupakan produsen atau penyusun utama dari rantai makanan.

Sumber Daya Alam Non Hayati (abiotik)

Sumber daya alam non hayati ini berasal dari benda-benda mati. Seperti tanah, air, udara, sinar matahari, dan hasil tambang.

4 dari 8 halaman

3. Sumber Daya Alam Berdasarkan Lokasinya

Selanjutnya jenis sumber daya alam dan manfaatnya juga bisa dilihat berdasarkan lokasinya, yaitu:

Sumber Daya Alam Akuatik

Sumber daya alam akuatik adalah sumber daya alam yang dijumpai di daerah perairan. Seperti ikan, rumput laut, terumbu karang, udang, kepiting, dan lain sebagainya.

Sumber Daya Alam Terrestrial

Sedangkan sumber daya alam terrestrial adalah sumber daya alam yang hanya dijumpai di daerah atau wilayah di daratan. Seperti hasil hutan, bahan-bahan tambang, dan lain sebagainya

5 dari 8 halaman

4. Sumber Daya Alam Berdasarkan Pembentukannya

Jenis sumber daya alam dan manfaatnya bisa juga dilihat berdasarkan pembentukannya. Ada 4 jenis sumber daya alam berdasar pembentukannya, yaitu:

Sumber Daya Alam Materi

Sumber daya alam yang berupa benda mati dan bisa didapatkan secara langsung dari alam, bisa melalui beberapa proses seperti penambangan dan pengolahan yang bermanfaat untuk kehidupan manusia.

Sumber Daya Alam Energi

Sumber daya alam ini bisa menghasilkan energi dan bisa dimanfaatkan untuk menunjang kehidupan manusia. Contohnya seperti minyak bumi, batu bara, gas bumi, air, udara dan sinar matahari

Sumber Daya Alam Ruang

Sumber daya alam ruang adalah yang berupa ruang, tempat, atau wilayah yang bisa dimanfaatkan oleh manusia untuk kelangsungan hidup. Sumber daya alam ruang ini dipengaruhi oleh beberapa hal seperti letak astronomis, topografi, maupun reliefnya. Seperti gunung dan lembah

Sumber Daya Waktu

Sumber daya alam ini keberadaannya tergantung oleh waktu atau musim. Misalnya air ketika musim kemarau keberadaannya sangat sulit ditemukan, tetapi ketika musim hujan sangat berlimpah.

6 dari 8 halaman

5. Sumber Daya Alam Berdasarkan Daya Pakai dan Nilai Ekonomisnya

Berikutnya, jenis sumber daya alam dan manfaatnya juga bisa dilihat berdasarkan daya pakai dan nilai ekonomisnya, yaitu:

Sumber daya alam ekonomis, contohnya seperti emas, perak, minyak bumi, batu bara dan timah.

Sumber daya alam non-ekonomis, contohnya sinar matahari, udara, dan air.

7 dari 8 halaman

Manfaat Sumber Daya Alam yang Dapat Diperbaharui

Selain mengetahui jenis sumber daya alam, kamu juga perlu mengetahui beberapa contoh dan manfaatnya. Jenis sumber daya alam dan manfaatnya sangat penting untuk dipahami. Berikut beberapa manfaat sumber daya alam yang dapat diperbaharui:

Sebagai Bahan Makanan

Contoh sumber daya yang bermanfaat untuk dijadikan sebagai bahan makanan misalnya singkong untuk membuat tepung tapioka, ikan untuk aneka masakan, padi untuk pembuatan tepung dan makanan pokok, ayam dan bebek untuk dimanfaatkan telur dan daging, sapi dan kambing untuk diambil daging dan susunya, kedelai untuk bahan pembuatan kecap, dan sebagainya.

Sebagai Pembangkit Listrik

Contoh sumber daya yang dapat diperbarui yang bermanfaat untuk pembangkit listrik adalah cahaya matahari dengan sistem sel surya, angin, uap, maupun air juga dapat dimanfaatkan sebagai sumber tenaga pembangkit listrik.

Bahan Pembuatan Berbagai Peralatan

Kayu merupakan salah satu sumber daya alam yang bisa di perbarui. Kayu bermanfaat untuk membuat alat-alat memasak, alat untuk membangun rumah seperti tangga, pintu, dan jendela. Kayu juga berfungsi sebagai bahan pembuatan meja dan kursi.

Bahan untuk Obat dan Kosmetik

Bahan-bahan herbal seperti jahe, daun sirih, dan sebagainya dapat dimanfaatkan untuk bahan pembuatan obat tradisional. Sedangkan cangkang binatang laut adalah salah satu sumber daya alam yang dapat digunakan sebagai bahan baku pembuatan berbagai kosmetik seperti lipstik.

Bahan Pembuatan Pakaian

Sumber daya alam yang dapat diperbaharui dapat berguna sebagai bahan pakaian misalnya kapas. Kapas yang dipintal menjadi benang akan bermanfaat dalam proses pembuatan kain. Kemudian kain dibentuk sedemikian rupa menjadi baju.

8 dari 8 halaman

Manfaat Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui

Berikut beberapa manfaat sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui:

Sebagai Bahan Bakar

Salah satu contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah minyak bumi. Hasil pengolahan minyak bumi bermacam-macam seperti aftur untuk bahan bakar pesawat terbang, bensin sebagai bahan bakar motor dan mobil, solar untuk bahan bakar kendaraan berat seperti truk dan traktor, minyak tanah untuk kompor, gas alam untuk bahan bakar kompok dan penyulut api, dan aspal yang berupa padatan.

Bahan Pembuat Peralatan

Besi, tembaga, nikel, dan logam-logam lainnya adalah contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui. Logam-logam ini bermanfaat dalam pembuatan alat seperti alat dapur, alat pertukangan, mesin-mesin industri, hingga kerangka bangunan, pesawat terbang, dan kerangka kapal laut.

Bahan Pembuat Perhiasan

Contoh sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui dengan mudah dan dalam waktu yang singkat ini yaitu emas, berlian, perak, paladium, dan sebagainya. Logam dan kristal ini mempunyai harga jual yang sangat tinggi sehingga banyak diburu masyarakat. Manfaatnya adalah untuk pembuatan perhiasan seperti kalung, cincin, gelang, dan anting-anting.

Loading