Sukses

6 Cara Mengembalikan Fungsi Keyboard Laptop Seperti Semula, Enggak Ribet

Liputan6.com, Jakarta Cara mengembalikan fungsi keyboard laptop seperti semula sangat dibutuhkan bagi kamu yang ingin segera masalahnya teratasi. Memang, kerusakan keyboard laptop terbilang cukup wajar atau sering terjadi karena berbagai macam faktor penyebab.

Keyboard merupakan sebuah papan yang biasa digunakan pada sistem komputer untuk melakukan tugas input. Pada laptop, peletakan keyboard dipasang menyatu dengan badan laptop, membuat keyboard berada tepat di atas motherboard dan perangkat keras komputer lainnya seperti chipset, processor, dan lain sebagainya.

Karena diletakkan bersamaan dengan badan laptop, memungkin kerusakan keyboard laptop menjadi rentan mengalami kerusakan jika tidak dijaga dengan baik. Selain itu, kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan di sekitar keyboard laptop juga bisa membuatnya rusak.

Tak perlu khawatir, kini kamu bisa memperbaikinya sendiri dengan cara mengembalikan fungsi keyboard laptop seperti semula. Ada beberapa langkah mudah yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan fungsi keyboard laptop ke kondisi semula.

Berikut ini Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber enam langkah cara mengembalikan fungsi keyboard laptop seperti semula yang bisa kamu lakukan sendiri di rumah, Senin (11/11/2019).

2 dari 7 halaman

Membersihkan Kotoran-kotoran Kecil di Keyboard

Cara mengembalikan fungsi keyboard laptop seperti semula yang pertama adalah membersihkannya dari kotoran-kotoran kecil. Hal ini memungkinkan adanya kotoran-kotoran kecil pada beberapa tombol keyboard, sehingga membuatnya tidak berfungsi dengan baik sedangkan sedangkan tombol lainnya baik-baik saja.

Kondisi ini sangat mungkin terjadi ketika kamu pernah makan sambil bekerja dan membuat remah-remah makanan terjatuh pada keyboard laptop kamu.

Untuk menyingkirkannya, hal termudah yang bisa dilakukan adalah dengan memiringkan laptop pada sudut kurang lebih 75 derajat dan goyangkan dengan lembut laptop kamu untuk menyingkirkan kotoran-kotoran tersebut.

Setelah itu, periksa semua tombol dan lihat apakah tombol-tombol laptop kamu berfungsi atau tidak. Jika tidak, maka meniupkan udara pada tombol keyboard bisa dilakukan untuk membersihkan kotoran-kotoran yang ada di sela-selanya.

3 dari 7 halaman

Restart Laptop

Cara mengembalikan fungsi keyboard laptop seperti semula selanjutnya dengan me-restart laptop. Hal ini bisa kamu lakukan ketika tidak ada satu pun tombol keyboard yang merespon. Hal ini memungkinkan ada masalah pada perangkat lunak atau keyboard driver kamu.

Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah ini kamu bisa coba restart laptop kamu. Jika kamu masih bisa mematikan laptop dari tombol Start secara normal, maka matikan laptop kamu. Tapi, jika hal tersebut tidak memungkinkan, tekan tombol power selama 5 detik (paling lama 15 detik) untuk mematikan laptop secara paksa. Kemudian, nyalakan kembali laptop.

4 dari 7 halaman

Restore Sistem

Kalau keyboard laptop kamu berhenti berfungsi setelah memasang aplikasi baru atau mengubah pengaturan laptop, maka kamu perlu melakukan restore sistem laptop. Cara mengembalikan fungsi keyboard laptop seperti semula ini bisa dilakukan dengan mudah.

Cukup klik tombol Start, lalu klik Control Panel. Selanjutnya, klik "Back up your computer" di bawah heading "System and Security". Kemudian klik "Recover system settings or your computer", lalu klik "Open System Restore"

Setelah proses restore berhasil, reboot laptop. Jika penyebab masalah pada keyboard kamu terletak pada sistem, maka keyboard kamu seharusnya kembali berfungsi dengan baik.

5 dari 7 halaman

Memperbaiki Keyboard Driver

Penyebab keyboard tidak berfungsi dengan baik juga bisa dikarenakan oleh keyboard driver yang tidak up-to-date atau keyboard driver kamu terganggu oleh program lainnya. Untuk memastikannya, kamu dapat memeriksa apakah keyboard driver berjalan dengan baik atau tidak di "Device Manager".

Device Manager dapat diakses dari "Control Panel". Berikutnya, klik "System and Security". Lalu, klik "Device Manager" di bawah heading "System". Di Device Manager ini kamu akan menemukan drivers dari semua perangkat keras di dalam laptop.

Selanjutnya, klik "keyboard" dan kamu akan menemukan keyboard driver laptop. Apabila kamu melihat segitiga berwarna kuning dengan tanda seru, maka keyboard driver sedang bermasalah. Untuk mengatasinya, kamu dapat mengunjungi situs web produsen laptop kamu untuk mencari driver terbaru yang diperlukan untuk laptop kamu.

6 dari 7 halaman

Servis Keyboard

Apabila keempat cara mengembalikan fungsi keyboard laptop seperti semula di atas tidak berhasil, sebaiknya kamu membawa laptop ke tenaga profesional yang bisa membantu mengatasinya. Terlebih kamu masih memiliki garansi laptop yang masih berlaku.

Kalau garansi laptop kamu sudah tidak berlaku, bawa laptoo ke tempat servis. Ada kemungkinan permasalahan kecil terjadi pada kabel di laptop, seperti terputusnya kabel karbon yang dapat dengan mudah diperbaiki. 

Untuk perbaikan semacam ini, biasanya tempat servis tidak akan terlalu memasang tarif tinggi.

7 dari 7 halaman

Pasang Keyboard Alternatif

Jika kondisi mendesak untuk segera kamu gunakan, untuk sementara waktu kamu bisa menggunakan keybiakeyboardn port USB. Bagi beberapa orang mungkin merasa tidak nyaman dengan pemasangan port USB. Namun, keberhasilan cara ini bisa dipastikan hampir 100 persen.

Kemudian, apabila kamu benar-benar dalam situasi sangat mendesak untuk mengetik sesuatu yang terbilang pendek, misalnya username dan password untuk mengakses alamat e-mail pada saat itu juga, kamu bisa menggunakan keyboard virtual di layar laptop. 

Untuk mengaktifkannya, klik tombol Start, lalu klik "All Programs". Kemudian klik "Accessories" dan klik "Ease of Access". Selanjutnya klik "On-Screen Keyboard" untuk mulai menggunakan keyboard virtual ini.

Loading