Sukses

Cara Atasi Lupa Kata Sandi Email Yahoo dan Memperbaiki Masalah Login Akun

Liputan6.com, Jakarta Lupa kata sandi email Yahoo mungkin pernah kamu alami saat telah lama tidak membukanya. Saat akan membuka email Yahoo kembali, ternyata kata sandi atau password selalu salah. Kamu tidak perlu khawatir, karena Yahoo memiliki fitur lupa password.

Cara mengatasi lupa kata sandi email Yahoo juga tidak begitu sulit. Kamu tinggal mengikuti beberapa langkah di halaman email Yahoo. Sudah ada beberapa opsi yang tersedia di halaman tersebut sehingga kamu tinggal mengikutinya.

Lupa kata sandi email Yahoo tidak perlu dikhawatirkan. Asalkan kamu memasukkan email pemulihan atau nomor telepon saat mendaftar dulu, maka langkah-langkah mengubah kata sandi akan bisa dilakukan dengan mudah dan cepat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (11/11/2019) cara mengatasi lupa kata sandi email Yahoo.

2 dari 5 halaman

Cara Mengatasi Lupa Kata Sandi Email Yahoo

Mengatasi lupa kata sandi email Yahoo sangat mudah. Kamu tinggal mengikuti beberapa langkah yang telah disediakan di halaman login email Yahoo. Asalkan nomor ponsel yang kamu gunakan masih aktif atau kamu masih ingat email pemulihan akun, maka cara mengatasi lupa kata sandi email Yahoo tentunya akan semakin mudah.

Berikut langkah-langkah mengatasi lupa kata sandi email yahoo:

- Masuk ke halaman login Yahoo Mail kemudian klik “bermasalah sign in” seperti gambar. 

- Ada beberapa opsi yang bisa kamu pilih, yaitu opsi alamat email atau nomor ponsel sign-in, nomor telepon pemulihan, dan alamat email pemulihan

- Pilih salah satu opsi yang kamu inginkan

- Jika kamu memilih nomor telepon pemulihan, kamu tinggal memasukkan nomor ponsel yang kamu gunakan untuk mendaftar email tersebut, sedangkan jika memilih untuk menggunakan email pemulihan, maka kamu nanti akan disuruh untuk melengkapi nomor ponsel

- Akan dikirimkan kode verifikasi melalui sms ke nomor ponsel yang kamu gunakan tersebut.

- Jika telah diterima, kamu tinggal memasukkan kode verifikasi tersebut ke halaman yahoo yang terbuka

- Selanjutnya akan ditampilkan opsi pilih kata sandi baru.

- Di sini, kamu tinggal memasukkan kata sandi baru yang ingin kamu gunakan, dan konfirmasi kata sandi tersebut.

3 dari 5 halaman

Hubungi Customer Service Yahoo

Cara mengatasi lupa kata sandi email Yahoo ini cukup mudah dilakukan. Syaratnya tentu saja kamu harus mengetahui nomor ponsel yang kamu gunakan untuk mendaftar email tersebut.

Namun, jika nomor ponsel sudah tidak bisa digunakan, atau kamu sudah lupa, mengatasi lupa kata sandi email Yahoo pun masih tetap bisa dilakukan.

Kamu bisa memilih opsi “Saya ingin mencoba opsi pemulihan lain” kemudian tekan tombol berikutnya. Jika memilih opsi pemulihan lain, hubungi customer service Yahoo. Begitulah cara mengatasi lupa kata sandi email Yahoo.

4 dari 5 halaman

Memperbaiki Masalah Login Akun Email Yahoo

Jika kamu memiliki berbagai masalah saat akan masuk atau login akun email yahoo, kamu bisa mempertimbangkan untuk beralih ke Kunci Akun Yahoo untuk menghindari masalah masuk sepenuhnya. Dengan begitu, kamu tidak perlu lagi mengingat kata sandi. Hal ini tentunya menjadi solusi juga terhadap permasalan lupa kata sandi email yahoo.

Lupa Kata Sandi atau ID Yahoo

- Gunakan Bantuan Masuk untuk menemukan ID Yahoo dan mendapatkan akses kembali ke akun kamu dengan memasukkan nomor seluler pemulihan atau alamat email alternatif.

- Jika tahu ID Yahoo kamu tetapi perlu mengatur ulang kata sandi, pastikan untuk membuat kata sandi yang kuat setelah kembali masuk ke akun kamu.

- Jika browser mengingat kata sandi, kamu juga dapat memeriksa pengaturan pengisian otomatis untuk menemukan kata sandi kamu.

5 dari 5 halaman

Mengalami Kesalahan “ID atau Kata Sandi Tidak Valid”

Pesan kesalahan ini berarti kombinasi kata sandi dan ID Yahoo yang kamu masukkan tidak cocok dengan catatan email Yahoo. Kamu harus benar-benar memperhatikan beberapa hal berikut dalam masalah ini:

- Periksa tombol "caps lock" atau "num lock"

Tombol ini mengubah nilai sesuatu yang kamu ketikkan. Hal ini sering sekali terjadi, jadi perhatikan dengan seksama.

- Perbarui pengaturan pengisian otomatis browser

Jika browser mengingat kata sandi, kamu mungkin perlu memperbarui pengaturan pengisian otomatis setelah mengubah kata sandi kamu.

- Coba browser web lain

Jika kamu dapat mengakses akun di browser lain, berarti masalahnya bukan pada akun kamu. Kamu perlu memperbaiki masalah di browser yang biasa kamu gunakan.

- Seseorang mengubah kata sandi kamu

Pihak yang tidak sah mungkin telah membobol masuk dan mengubah kata sandi kamu. Gunakan Bantuan Masuk untuk kembali masuk ke akun kamu dan ubah kata sandi. Kemudian, tinjau pengaturan akun untuk mengurungkan perubahan yang tidak kamu lakukan dan amankan akun kamu.

Begitulah beberapa langkah untuk mengatasi masalah masuk akun email Yahoo. Jadi kamu tidak perlu khawatir lagi saat email tidak bisa dibuka atau lupa kata sandi email Yahoo.