Sukses

5 Manfaat Kangkung untuk Ibu Hamil, Kaya Nutrisi

Liputan6.com, Jakarta Di masa kehamilan, ibu hamil perlu memerhatikan asupan gizinya. Hal ini berguna untuk menjaga kesehatannya dan janin yang sedang dikandung. Cara mudah untuk menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan kaya nutrisi yang dibutuhkan untuk ibu hamil dan janin. 

Salah satu bahan makanan yang mampu memenuhi kebutuhan nutrisi, baik untuk ibu hamil dan janin adalah kangkung. Saat hamil, Anda bisa mengolah aneka masakan dengan menggunakan kangkung.

Pada kangkung, terdapat nutrisi yang dibutuhkan untuk keperluan menjaga kesehatan Anda dan janin. Untuk merasakan Manfaat Kangkung untuk ibu hamil, Anda bisa mengonsumsinya dalam batas wajar alias tidak berlebihan.

Jadi, tidak ada salahnya untuk menambahkan kangkung ke dalam menu asupan sehari-hari Anda untuk mencukupi kebutuhan nutrisi. Berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber lima manfaat kangkung untuk ibu hamil yang bisa dirasakan, Senin (11/11/2019).

2 dari 6 halaman

Menurunkan Risiko Anemia

Kangkung mengandung zat besi, yang baik untuk membantu proses pembentukan hemoglobin oleh sel darah merah. Dengan begitu Anda akan mendapatkan manfaat kangkung untuk ibu hamil yaitu menurunkan risiko anemia atau kurang darah.

3 dari 6 halaman

Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kangkung mengandung serat dan kaya akan vitamin C. Vitamin ini merupakan salah satu zat gizi yang memegang peranan penting dalam menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh. Jika mencukupi kebutuhan vitamin dari kangkung, maka manfaat kangkung untuk ibu hamil tidak akan mudah terserang beragam penyakit infeksi.

4 dari 6 halaman

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Kangkung mengandung kalisum dan fosfor. Kandungan nutrisi ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi pada ibu hamil. Selain itu, zat gizi ini juga turut membantu proses pertumbuhan dan perkembangan tulang maupun gigi pada janin yang ada di dalam kandungan.

5 dari 6 halaman

Mencegah Sembelit

Kangkung mengandung serat yang sangat tinggi. Kandungan seratnya yang tinggi ini akan menjauhkan ibu hamil dari risiko gangguan pencernaan seperti sembelit. Anda bisa mengonsumsi kangkung dalam jumlah yang cukup selama kehamilan untuk merasakan manfaat kangkung untuk ibu hamil.

6 dari 6 halaman

Terhindari dari Diabetes Gestasional

Manfaat kangkung untuk ibu hamil juga mampu membantu menstabilkan kadar gula darah dan menghambat penyerapan glukosa. Dengan mengonsumsi kangkung selama masa kehamilan akan memiliki risiko lebih rendah untuk mengalami diabetes gestasional.