Sukses

10 Jenis Usaha Kuliner yang Paling Laku, Modal Kecil dan Enggak Ribet

Liputan6.com, Jakarta 10 Jenis usaha kuliner yang paling laku menarik untuk dicari tahu. Apalagi buat kamu yang saat ini tertarik untuk membuka usaha kuliner.

Usaha kuliner terbilang sangat menguntungkan karena selalu ada peluang yang bisa diambil. Mengenal 10 jenis usaha kuliner yang paling laku bisa kamu jadikan referensi untuk memulainya.

Walaupun usaha kuliner terbilang sangat menguntungkan karena selalu dibutuhkan oleh banyak orang, namun kamu perlu memerhatikan inovasi. Hal ini berguna untuk menarik minat pengunjung.

Untuk memulainya, kamu bisa membuka warung sederhana atau bahkan stand di depan rumah. Apabila kamu sedang berencana memulai sebuah usaha kuliner, 10 jenis usaha kuliner yang paling laku ini bisa kamu pelajari dan coba.

Kamu bisa memilih salah satu dari 10 jenis usaha kuliner yang paling laku dengan modal kecil dan enggak perlu ribet. Berikut Liputan6.com, Selasa (12/11/2019) telah merangkum dari berbagai sumber 10 jenis usaha kuliner yang paling laku.

2 dari 6 halaman

Aneka Gorengan dan Keripik

Gorengan

Gorengan merupakan satu dari 10 jenis usaha kuliner yang paling laku untuk dijual. Tak perlu keahlian khusus dan modal besar, kamu sudah bisa mencoba menjual makanan ringan yang banyak diminati ini.

Memilih berjualan gorengan, kamu butuh menawarkan variasi seperti rasa, kemasan hingga cara penyajian untuk menambah nilai jual. Selain itu, strategi menjual yang baik juga bisa dilakukan agar usaha ini bisa berkembang dengan sempurna.

Keripik

Selain gorengan, keripik juga merupakan makanan ringan yang banyak disukai. Ada berbagai macam bahan makanan yang bisa dijadikan olahan keripik, seperti singkong, pisang, hingga buah-buahan.

Cara mengolahnya pun tak sulit dan cenderung bisa bertahan lebih lama. Selain aneka bahan yang bisa diolah untuk dijadikan keripik, kamu juga bisa menambahkan aneka rasa seperti pedas, asin, dan lain sebagainya.

3 dari 6 halaman

Roti Bakar dan Martabak

Roti Bakar

Usaha kuliner yang paling laku selanjutnya adalah roti bakar. Menjual roti bakar untuk dijadikan bisnis kuliner memang sangat menjanjikan karena mempunyai prospek bisnis yang cerah.

Layaknya gorengan, roti bakar juga memiliki banyak penggemar mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Maka untuk menjual bisnis kuliner ini perlu melakukan ragam inovasi untuk menarik minat pembeli.

Menjual roti bakar memang tidak membutuhkan keahlian khusus. Karena banyaknya pesaing penjual roti bakar kekinian lainnya, maka perlu melakukan inovasi berupa rasa, tempat, dan pelayanan yang mampu menarik perhatian pembeli.

Martabak

Martabak juga termasuk ke dalam satu dari 10 jenis usaha kuliner yang paling laku. Lidah orang Indonesia sangat menyukai cita rasa dari makanan ringan ini yang sangat cocok untuk dijadikan teman bersantai.

Ada berbagai pilihan martabak yang biasa ditemui karena kemudahan mengolahnya, yaitu martabak telur, martabak manis, hingga martabak mini. Inovasi juga sangat dibutuhkan ketika kamu memilih berjualan martabak.

Walaupaun hanya sekadar makanan ringan, ternyata prospek penjualan martabak sangat tinggi. Tak heran, kalau anak presiden saja sampai menggeluti bisnis sejenis ini.

4 dari 6 halaman

Makanan Tradisional dan Aneka Seafood

Masakan Tradisional

Tinggal di Indonesia bisa kamu jadikan kesempatan untuk menciptakan ide-ide usaha kuliner dari kekayaan yang dimiliki. Di setiap wilayah memiliki sajian makanan tradisional yang bisa kamu jadikan referensi untuk dijadikan usaha kuliner.

Kegiatan pariwisata yang terus bergerak maju membuat usaha masakan tradisional menjadi salah satu dari 10 jenis usaha kuliner yang paling laku. Namun, untuk menjual masakan tradisional perlu keahlian yang mumpuni, khususnya dibidang memasak.

Untuk memulainya, kamu bisa memilih usaha kuliner dari makanan tradisional dari daerah asal kamu. Tak harus sajian makan berat. Kamu juga bisa memproduksi makanan ringan seperti seblak, pempek, atau cireng.

Seafood

Selain kaya akan budaya, Indonesia juga terkenal dengan memiliki ribua kepulauan. Kondisi Indonesia ini memungkinkan kamu untuk membuka peluang bisnis kuliner dengan bahan dasar biota laut.

Produksi bahan makanan laut atau seafood juga sangat digemari oleh banyak orang. Kamu bisa membuka usah kuliner ini di tenda pinggir jalan, warung makan sederhana, atau bahkan restoran mewah.

5 dari 6 halaman

Makanan Pedas dan Fast Food

Makanan Pedas

Banyak orang yang menggemari masakan dengan cita rasa pedas. Tingginya minat orang-orang untuk mengonsumsi makanan pedas ini bisa kamu jadikan peluang untuk membuka usaha kuliner.

Bisa dibilang makanan pedas selalu sukses mendapat perhatian dari para pecinta kuliner. Namun, di tengah tingginya pesaing, kamu perlu melakukan inovasi agar usaha kuliner kamu bisa dinikmati oleh banyak orang.

Beberapa usaha kuliner makanan pedas yang bisa kamu coba seperti seblak, ayam geprek, keripik pedas, masakan padang, dan lain sebagainya.

Fast Food

Orang-orang mengenal fast food akibat banyaknya usaha kuliner asal luar negeri yang masuk ke Indonesia. Tak heran, minat konsumsi fast food orang Indonesia saat ini sangat tinggi.

Melihat kondisi tersebut, tak ada salahnya kamu untuk mencoba usaha kuliner fast food ini. Kamu bisa sedikit modifikasi fast food yang sudah ada seperti burger, kentang goreng, pizza, dan lain sebagainya untuk menambah nilai jual.

6 dari 6 halaman

Aneka Jus dan Kopi

Jus Buah

Selain makanan, aneka minuman seperti jus buah juga memiliki peluang usaha kuliner yang sangat menguntungkan. Menjual aneka ragam jus buah memiliki prospek usaha yang tinggi karena minuman ini sangat digemari oleh banyak orang guna memenuhi kebutuhan kesehatannya.

Jus buah merupakan salah satu dari 10 jenis usaha kuliner yang paling laku dan sederhana untuk digeluti. Rekomendasi menjual jus buah adalah memilih buah tropis yang mudah didapatkan dengan harga terjangkau.

Untuk memulai usaha kuliner ini, kamu bisa mengawalinya dengan membuka stand di depan rumah.

Kopi

Selain jus, orang-orang juga suka minum kopi. Tingginya minat mengonsumsi kopi orang Indonesia bisa terlihat dari banyaknya kedai kopi kekinian.

Tak ada salahnya, apabila kamu ingin mencoba salah satu dari 10 jenis usaha kuliner yang paling laku ini. Untuk memulai usaha kuliner ini, kamu perlu keahlian khusus untuk bisa meracik berbagai jenis kopi agar rasanya nikmat.

Loading