Sukses

Cara Mengembalikan Video yang Terhapus di Galeri Android

Liputan6.com, Jakarta Merekam atau menyimpan video di perangkat handphone Android merupakan salah satu bentuk menyimpan momen yang sangat efektif. Selain mudah dilakukan, menyimpan video di perangkat Android mu bisa memungkinkan kamu untuk melihatnya kapan saja.

Namun, di saat jumlah memori perangkat Android mu semakin berkurang, memilih untuk menghapus video terpaksa harus dilakukan. Pasalnya, di antara data yang disimpan, video menyumbang angka cukup besar pada memori penyimpanan.

Penyesalan pun kerap terjadi setelah videonya hilang. Namun, kini kamu tidak perlu panik. Sudah terdapat teknologi yang mampu mengembalikan video terhapus di Android kamu.

Memang, memerlukan aplikasi pendukung untuk mengembalikannya. Namun sangat menguntungkan untuk mengembalikan video penting yang terhapus. Berikut Liputan6.com, Selasa (12/11/2019) telah merangkum dari berbagai sumber beberapa aplikasi pendukung yang bisa kamu gunakan untuk mengembalikan video yang terhapus dari galeri handphone Androidmu.

2 dari 4 halaman

EaseUs MobiSaver for Android

Apabila kamu ingin mengembalikan video yang terhapus dari perangkat Androidmu, kamu bisa menggunakan EaseUS MobiSaver for Android versi komputer untuk menyelesaikan permasalahan ini.

Cara mengoperasikan aplikasi ini cukup mudah. Instal dan operasikan EaseUS MobiSaver untuk Android ini dan hubungkan perangkat Android kamu ke komputer dengan kabel USB.

Kemudian klik tombol ‘Start’ untuk memulai menghubungkan perangkat tersebut. Pastikan untuk Android kamu telah di-rooting sebelum melakukan pemulihan.

Selanjutnya, scan perangkat Android kamu untuk menemukan data atau video yang hilang. Setelah terhubung dengan handphone Android, aplikasi akan memindai perangkat untuk menemukan semua data atau video yang hilang. Kamu bisa dengan mudah menemukan foro, video, pesan teks, dan data lainnya yang kamu inginkan untuk kembali.

Setelah itu, pratinjau dan transfer data dari Android ke komputer kamu. Pratinjau semua file yang ditemukan satu per satu lalu pilih data yang ingin kamu kembalikan. Klik tombol ‘Recover’ untuk mentransfer dan mengembalikan data yang dipilih ke komputer.

Terakhir, simpan video atau data lainnya yang sudah kamu pilih untuk dikembalikan.

3 dari 4 halaman

Dr. Fone

Aplikasi selanjutnya yang bisa mengembalikan data atau video yang terhapus adalah aplikasi Dr.Fone. Melalui aplikasi ini kamu bisa sekaligus mengembalikan atau melakukan unlock sim, root, menghapus lock screen, menghapus data, dan lain sebagainya.

Aplikasi ini berbayar. Namun, kamu bisa tetap menggunakannya secara gratis dengan mencobanya beberapa saat. Berikut cara mudah yang bisa kamu lakukan.

Pertama, download terlebih dahulu aplikasi Dr.Fone dan install di komputer. Kemudian hubungkan perangkat Android kamu ke komputer. Aplikasi ini akan otomatis melakukan identifikasi perangkat.

Kalau aplikasi tidak bekerja secara otomatis, kamu bisa mengaktifkan mode ‘Developer Option dan USB Debugging’. Nantinya akan muncul tipe file yang bisa dikembalikan. Ketika proses scan berlangsung, data akan terlihat lebih khusus, baik itu delete files atau all files.

Perangkat akan me-restart dan masuk dalam proses pengembalian file. Ketika proses restart selesai, maka proses scan akan dimulai. Setelah itu, kamu bisa memilih data dan menampilkan preview lalu file dan klik restore.

4 dari 4 halaman

FonePaw Android Data Recovery

Aplikasi selanjutnya yang bisa digunakan oleh berbagai perangkat Android adalah FonePaw Android Data Recovery. Cara menggunakan aplikasi ini tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya.

Langkah-langkah menggunakan aplikasi ini pertama harus mendownload di komputer dan install setelahnya. Hubungkan perangkat Android kamu ke komputer.

Selanjutnya, pilih jenis data yang ingin dikembalikan. Centang pilihan yang akan dikembalikan, termasuk video. Ya, aplikasi ini mampu memberikan banyak pilihan data yang bisa dikembalikan seperti foto, video, dan galeri lainnya.

Setelah itu, klik ‘Next’ dan tunggu hingga aplikasi selesai bekerja.