Sukses

Tak Biasa, 5 Gereja Ini Ada di Dalam Gua

Gereja di dalam gua memiliki tampilan yang menawan dan cenderung klasik.

Liputan6.com, Jakarta Pada umumnya gereja dibangun di permukaan tanah, di pusat permukiman atau di tempat yang mudah dijangkau. Namun ternyata ada beberapa gereja yang dibangun di tempat yang tidak biasanya yaitu di dalam gua.

Meskipun dibangun di dalam gua, namun para jemaat yang datang untuk beribadah atau berdoa dapat melakukannya dengan khusyuk. Selain tempatnya yang unik dan suasananya yang tenang, gereja-gereja ini juga memiliki tampilan yang menawan dan cenderung klasik.

Tak hanya berdoa dengan tenang, jemaat juga dapat menikmati suasana klasik dalam gereja tersebut. Selesai berdoa, jemaat dapat mengambil foto yang unik di gereja di dalam gua ini.

Foto tersebut dapat dibagikan di akun media sosial. Berikut lima gereja yang dibangun di dalam gua dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (12/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Gereja Ortodoks Serbia di Coober Pedy, Australia

Gereja Ortodoks Serbia yang berada di dalam gua ini memiliki arsitektur menarik. Dinding dan langit-langit gua dibentuk dengan pola lengkungan-lengkungan yang membuatnya terlihat indah dan unik. Jemaat yang datang dapat beribadah atau berdoa dengan suasananya yang nyaman.

3 dari 6 halaman

2. Kapel Gua Callao, Filipina

Gua Callao merupakan sebuah gua dengan tujuh ruang berukuran besar, yang terletak di Provinsi Cagayan, di Filipina. Keunikan gua ini adalah sebagai katedral atau gereja alam.

Kini tempat ini dipergunakan sebagi kapel oleh masyarakat setempat. Kondisi di dalam gua dipenuhi stalaktit dan stalagmit. Setiap ruang memiliki celah-celah alami, yang membiarkan cahaya masuk ke dalam gua, membuat suasana terlihat sangat indah.

4 dari 6 halaman

3. Kapel Troglodyte di bagian bawah Ngarai Galamus, Prancis

Kapel Troglodyte masih mempertahankan bentuk alami dinding gua. Sehingga terlihat artistik dengan bias cahaya yang masuk ke dalam gua. Di sini juga disediakan bangku bagi jemaat yang datang untuk beribadah.

5 dari 6 halaman

4. Kapel Tambang Garam Wieliczka, Krakow, Polandia

Kapel yang dibangun di dalam gua ini ditata dengan sangat rapi. Dinding gua sudah dibentuk sedemikian rupa.

Terdapat berbagai ornamen yang indah dan dihiasi lampu-lampu yang tidak hanya menerangi, namun juga mempercantik tampilan kapel ini. Tempat ibadah ini merupakan salah satu kesaksian tentang kesalehan para penambang yang pernah bekerja di Wieliczka.

6 dari 6 halaman

5. Gereja Temppeliaukio, Helsinki

Atap bangunan gereja Temppeliaukio terlihat sedikit menonjol dari permukaan tanah. Meskipun dibangun di bawah permukaan tanah namun arsitektur dari gereja ini terlihat megah dan artistik. Bangunannya juga masih mempertahankan bentuk alami bebatuan di bagian dindingnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.