Sukses

Jenis Makanan Kucing dan Cara Tepat Memilihnya

Liputan6.com, Jakarta Jenis makanan kucing tersedia dalam berbagai bentuk. Sebagai hewan peliharaan, kucing memerlukan nutrisi sehat dan seimbang pada makanannya. Ada beberapa jenis makanan kucing yang bisa diberikan. 

Makanan terbaik untuk kucing sepenuhnya tergantung pada kebutuhan mereka. Sebagai aturan umum, makanan yang tinggi protein, rendah karbohidrat, dan dikemas dengan mineral dan vitamin untuk mendukung hidup sehat adalah pilihan ideal.

Jenis makanan kucing ini bisa didapatkan di pet shop atau bahkan dibuat sendiri di rumah. Jenis makanan kucing biasaya juga disesuaikan dengan umur dan kebutuhan kucing. Jenis makanan kucing yang tepat akan mempercepat pertumbuhan kucing dan menjaga kesehatannya.

Berikut jenis makanan kucing yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa(12/11/2019).

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 7 halaman

Dry food (makanan kering)

Makanan kering lebih ekonomis untuk dimakan daripada bentuk makanan lain. Makanan kering dibuat dengan cara ekstrusi daging dengan tekanan dan suhu yang tinggi. Makanan kering dapat ditambahkan bahan lain seperti lemak makanan dengan cara disemprotkan untuk meningkatkan palatabilitas dan rasa.

Makanan kering sering merupakan pilihan termurah yang tersedia untuk kucing. Makanan kering memiliki umur simpan yang sangat lama, dan satu kantong makanan akan bertahan beberapa bulan.

Makanan kering memiliki reputasi sebagai nutrisi yang tidak seimbang, namun kini ada banyak makanan kering berkualitas tinggi kaya nutrisi. Banyak kucing menjalani hidup yang panjang dan sehat dengan hanya mengonsumsi makanan kering.

3 dari 7 halaman

Wet Food (makanan basah)

Makanan basah lebih disukai oleh sebagian besar kucing, dan mengandung air tambahan yang memiliki manfaat untuk ginjal dan seluruh sistem saluran kemih. Jenis makanan kucing ini biasanya paling disukai kucing. Makanan basah mudah dimakan dan sangat lezat.

Varietas makanan basah sangat berkualitas tinggi di pasaran, meskipun itu adalah ide yang baik untuk memahami label. Misalnya “Tuna Cat Food” adalah frasa yang berarti ada setidaknya 95% tuna dalam produk.

“Tuna Dinner” atau “Tuna Platter” berarti hanya ada 25% tuna yang terkandung di dalam produk, dan “Cat Food with Tuna” berarti hanya ada 3% tuna yang dapat ditemukan dalam produk.

4 dari 7 halaman

Makanan mentah

Banyak orang memberi makan kucing mereka makanan mentah karena percaya bahwa makanan ini meniru mangsa yang akan dikonsumsi kucing liar. Memberi makan kucing makanan mentah berarti memberi makan mereka daging otot hewan mentah, daging organ, dan tulang.

Banyak pemilik kucing memilih untuk menyiapkan makanan ini sendiri, tetapi ada juga yang menjualnya. Kucing hidup dengan diet tinggi protein, tinggi kelembaban, dan kaya akan zat yang hanya ditemukan dalam daging. Ini termasuk asam amino seperti taurin, asam lemak, dan vitamin dan mineral penting lainnya.

Kucing sering mencerna makanan mentah lebih baik daripada manusia karena mereka memiliki saluran pencernaan yang lebih pendek dan lebih asam. Banyak patogen akan melewati kucing tanpa menyebabkan masalah. Namun, tidak semua kucing bisa mentolerir makanan mentah.

5 dari 7 halaman

Makanan protein rendah

Meskipun jenis makanan kucing yang ideal harus tinggi protein, kadang-kadang secara medis kucing memerlukan makanan rendah protein. Untuk kucing yang hidup dengan penyakit ginjal kronis, penurunan protein makanan tampaknya memperlambat perkembangan penyakit dengan mengurangi beban kerja pada ginjal untuk mengeluarkan produk limbah protein.

Lebih sedikit protein juga berarti lebih sedikit kebutuhan untuk ekskresi protein itu sendiri melalui mekanisme penyaringan ginjal, yang membantu menjaga fungsi ginjal.

6 dari 7 halaman

Cara menentukan makanan kucing yang tepat

Sesuaikan umur kucing

Kucing memiliki kebutuhan nutrisi yang berbeda pada usia yang berbeda, jadi pertimbangkan usia dan gaya hidup kucing dengan cermat sebelum memilih makanan. Anak kucing membutuhkan makanan dengan protein lebih tinggi daripada kucing dewasa. Kucing lebih tua atau lanjut usai membutuhkan protein lebih rendah daripada kucing dewasa. Jenis makanan yang dijual di pet shop biasanya menampilkan label umur kucing.

Sesuaikan kebutuhan

Ada juga jenis makanan kucing yang lebih khusus seperti untuk menyapih, hamil, dan berbagai tahap usia 'senior'. Makanan kebiri juga tersedia untuk kucing yang sudah dikebiri yang lebih rendah kalori. Ini akan mengurangi kemungkinan kucing menjadi kelebihan berat badan setelah dikebiri.

Seberapa mudah mendapatkan makanan

Pilihlah makanan yang bisa Anda dapatkan dengan mudah. Pilihlah makanan yang dapat dengan mudah ditemukan di pet shop dan sesuai dengan budget yang dimiliki.

Perubahan mendadak dalam pola makan dapat menyebabkan kucing berhenti makan atau diare, jadi ini merupakan pertimbangan penting ketika memilih makanan kucing terbaik untuk kucing.

7 dari 7 halaman

Makanan basah atau makanan kering?

Makanan kering adalah makanan yang mudah dimakan, lebih murah, dan memiliki beberapa manfaat gigi. Makanan basah lebih disukai oleh sebagian besar kucing, dan mengandung air tambahan, yang memiliki manfaat untuk ginjal dan seluruh sistem saluran kemih.

Makanan kucing kering umumnya mengandung lebih banyak karbohidrat, yang tidak dibutuhkan oleh kucing dan membuatnya rentan terhadap diabetes.

Saran terbaik adalah beri campuran keduanya. Karena mungkin makanan kering lebih murah, anda bisa memaksimalkan manfaat dari makanan kering dengan mencari makanan dengan kandungan nutrisi tinggi. Kemudian beri makan makanan basah sebagai mayoritas untuk menjaga asupan air kucing tetap tinggi.

Nah ngomong-ngomong makanan kucing, kamu bisa coba berikan Muezza yang kaya nutrisi dan punya gizi seimbang.

Muezza mengandung ekstrak Yucca Schidigera dan sangat berkhasiat untuk menghambat penyerapan bakteri berbahaya di saluran pencernaan, sehingga kesehatan kucing lebih terjamin.

Selain itu Muezza juga tersertifikasi halal dari The Central Islamic Committee Of Thailand. Ada lima varian Muezza seperti, Mackerel Flavor, Ocean Fish Flavor, Tuna Flavor, dan Salmon Flavor. Yuk segera beli varian rasa terfavoritnya di Shopee dan Tokopedia.

Beli Muezza di Shopee

Beli Muezza di Tokopedia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.