Sukses

6 Tips Mudah Menggunakan Fitur 'Create' di Instagram Stories

Liputan6.com, Jakarta Instagram merupakan aplikasi berbagai foto dan video. Tak hanya berbagi foto, Instagram juga membuat beragam fasilitas yang memungkinkan penggunanya untuk mengambil foto, mengambil video, menggunakan filter digital, dan membagikannya ke berbagai layanan jejaring sosial.

Selain memiliki beragam fasilitas untuk mengunggah foto dan video, Instagram selalu melakukan pengembangan agar semakin diminati. Salah satu daya tarik Instagram lainnya adalah Instagram Stories atau Insta Story.

Tak hanya membagikan foto dan video, lewat Instagram Stories kamu juga bisa melakukan aktivitas lainnya agar bisa berinteraksi langsung dengan followers. Beberapa bulan lalu Instagram mengeluarkan fitur terbarunya di Instagram Stories, yaitu Create.

Lewat fitur Create ini kamu bisa menyampaikan beragam konten yang kamu inginkan guna untuk lebih dekat dengan followers. Untuk bisa menggunakannya kamu cukup beranjak ke Instagram Stories dan menggesernya ke bagian Create, tepatnya di sebelah mode Live.

Ada berbagai macam fitur Create di dalamnya yang bisa digunakan seperti GIF, Polling, Questions, Countdown, Quiz, Templates, Mentions, dan On This Day. Kali ini Liputan6.com, Rabu (13/11/2019) akan membagikan enam tips menggunakan fitur Create ini yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

2 dari 7 halaman

Create

Create pada Instagram Stories merupakan fitur yang memudahkan kamu untuk membuat tipografi sederhana. Tak hanya sekedar bentuk tipografi, di fitur Create ini kamu bisa menggunakan latar belakang atau background gradasi warna khas Instagram.

Fitur ini cocok buat kamu yang memiliki konten tekstual. Dengan adanya fitur ini, membuat posting Instagram Stories kamu semakin beraneka ragam. 

Cara menggunakannya pun cukup mudah. Cukup ketikkan teks yang ingin kamu gunakan di kolom ‘Create’ pada Instagram Stories. Di mode tersebut kamu bisa mengubah warna latar belakang yang terdapat di bagian kanan bawah. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan beberapa emoticon, lokasi, dan lain sebagainya.

3 dari 7 halaman

GIF

Selain mode Create, saat kamu menggesernya ke samping akan menemukan beberapa fitur atau mode lainnya. Salah satunya adalah GIF. Jadi, selain memasukkan konten tekstual kamu juga bisa menyisipkan GIF atau animasi.

Mode ini bisa kamu jadi latar belakang atau background untuk posting Instagram Stories. Menggunakan mode ini kamu bisa menemukan beraneka ragam GIF.

Cara menggunakannya cukup mudah. Kamu hanya perlu mengetikkan kategori GIF yang kamu inginkan. Setelah itu akan ada banyak pilihan GIF sesuai dengan kamu inginkan tersebut.

4 dari 7 halaman

Polling

Mode selanjutnya polling. Mode ini bisa kamu manfaatkan untuk mencari polling dari followers kamu di Instagram. Lewat mode Polling ini kamu bisa mendapatkan pendapat dari followers dengan beberapa template polling yang bisa kamu gunakan.

Kamu bisa mengkostum yang disesuaikan dengan tujuan kamu. Cara menggunakannya cukup mudah. Pertama, kamu bisa mengetikkan keinginan atau tujuan kamu untuk mendapatkan polling dari followers.

Selanjutnya, ketikkan pilihan yang terdapat pada dua kolom yang telah disediakan. Setelah selesai, sebarkan mode Polling itu ke Instagram Stories kamu. Nanti followers akan memberikan pilihannya yang akan masuk ke Direct Message (DM) kamu.

5 dari 7 halaman

Questions

Mirip dengan mode Polling. Lewat mode ini kamu bisa lebih dekat atau berinteraksi langsung dengan followers. Mode ini bisa kamu gunakan untuk memperoleh pendapat dari followers.

Cara menggunakannya juga mirip dengan mode Polling. Cukup ketikkan tujuan yang ingin kamu dapatkan dari followers pada kolom berwarna putih atau yang tersedia. Nantinya followers akan menjawabnya. Respon tersebut akan kamu terima lewat DM.

6 dari 7 halaman

Countdown

Countdown merupakan mode yang berfungsi untuk menghitung mundur. Biasanya mode ini digunakan ketika kamu akan memposting konten spesial atau acara yang akan datang.

Mode ini sangat bermanfaat, terlebih buat kamu yang punya acara atau event menarik. Lewat mode Countdown ini followers Instagram kamu akan menunggunya.

Cara menggunakan fitur ini juga sama dengan mode sebelumnya. Cukup ketikkan tujuan atau keinginan di kolom yang sudah disediakan. Di situ kamu juga bisa mengatur waktu yang kamu inginkan dengan mengetuk kolom yang tersedia.

7 dari 7 halaman

Quiz

Terakhir ada mode quiz. Mode ini bisa kamu gunakan untuk membuat kuis sederhana lewat Instagram Stories.

Cara menggunakannya mirip dengan yang sebelumnya. Cukup ketikkan keinginan kuis yang kamu berikan ke followers. Lengkapi juga dengan pilihannya yang bisa kamu buat lewat kolom yang tersedia.