Sukses

12 Tempat Wisata di Kuningan Jawa Barat, Alamnya Menakjubkan

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Kuningan Jawa Barat menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Kamu bisa menikmati berbagai jenis wisata alam mulai dari wisata bermain air hingga wisata alam pegunungan atau dataran tinggi.

Terbukti dengan banyaknya air terjun atau curug hingga telaga, dan adanya alam pegunungan yang ditandai dengan Gunung Ciremai. Berbagai pesona alam tersebut tentunya sangat sayang untuk kamu lewatkan saat berkunjung ke Kuningan.

Tempat wisata di Kuningan Jawa Barat menjadi salah satu alternatif terbaik liburan di Jawa Barat. Untuk kamu yang sedang penat dengan hiruk pikuk kehidupan sehari-hari di kota, menikmati alam Kunginan tentunya dapat membuat kamu lebih rileks dan bahagia.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang tempat wisata di Kuningan Jawa Barat dari berbagai sumber, Kamis (14/11/2019).

2 dari 6 halaman

Wisata Telaga

Telaga Nilem

Tempat wisata di Kuningan Jawa Barat yang pertama adalah Telaga Nilem. Dengan airnya yang jernih dan dingin, ditambah pemandangan yang asri dan hijau, dijamin kamu akan betah dan tidak mau pulang.

Saking jernihnya air Telaga Nilem ini, kamu bisa melihat dasar telaga yang dipenuhi bebatuan dan lumut hijau. Main air, mandi, sembari menikmati kesegaran air yang masih bersih jadi aktivitas menyenangkan di sini.

Lokasinya berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Tempat wisata di Kuningan Jawa Barat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat bersantai dan menenangkan diri.

Situ Walukut

Tempat wisata di Kuningan Jawa Barat memang didominasi oleh wisata telaga, salah satunya adalah situ walukut. Situ Walukut merupakan sebuah danau cantik yang menawarkan keindahan panorama alami yang sangat asri. Lokasinya berada di Desa Kertayuga, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan.

Pemandangan telaga dengan latar belakang perbukitan hijau menjadi daya tarik utama. Danau ini disebut-sebut tak kalah cantik dibanding Ranu Kumbolo yang berada di kawasan Gunung Semeru, Jawa Timur.

3 dari 6 halaman

Wisata Telaga Lainnya

Waduk Darma

Kamu akan terpana oleh pemandangan salah satu tempat wisata di Kuningan Jawa Barat ini, yaitu Waduk Darma. Pemandangan yang sangat indah serta didukung oleh hawanya yang sejuk, cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi keluarga pada hari-hari libur atau saat-saat senggang lainnya.  

Beberapa daya tarik wisata lainnya yang tidak boleh kamu lewatkan ketika berkunjung ke daerah ini. Di antaranya adalah atraksi seni tradisional Saptonan, lomba panahan tradisional, lomba rakit dan perahu tradisional, Goong Renteng, Gembyungan, dan Rudat.

Telaga Biru Cicerem

Yang menjadikan destinasi wisata di Kuningan ini menarik adalah keberadaan ratusan ikan dengan warna mencolok di telaga biru ini. Sesuai namanya, Telaga Biru Cicerem menyajikan telaga dengan air yang jernih kebiruan. Kamu bisa menikmati suasana sekitar yang rimbun, memberi makan ikan, hingga main air sembari snorkeling.

4 dari 6 halaman

Wisata Curug

Curug Landung

Masih seputar wisata air, tempat wisata di Kuningan Jawa Barat selanjutnya adalah Curug Landung. Tidak hanya bisa menikmati panorama air terjun dan alam yang asri, kamu juga bisa bermain air yang segar dan jernih

Curug ini punya air terjun yang cukup tinggi. Bermain air di sini bakal membuat penat dan stress seketika hilang. Lokasinya berada di Cisantana, Cigugur, Kabupaten Kuningan.

Curug Payung

Selanjutnya ada panorama yang tak kalah keren, yaitu Curug Cipayung. Tempat wisata di Kuningan Jawa Barat ini menyajikan pemandangan alam yang menakjubkan, air yang jernih, dan juga duara yang sangat menyegarkan.

Berada di wilayah Gunungmanik, Ciniru, Kabupaten Kuningan, curug ini juga sangat cocok untuk kamu yang ingin melarikan diri dari hiruk pikuk kegiatan kota. Curug Payung tidak boleh dilewatkan dari daftar destinasi liburan kamu di Kuningan.

Curug Putri

Satu lagi destinasi tempat wisata di Kuningan Jawa Barat yang bernuansa curug atau air terjun adalah, Curug Putri. Air terjun ini berada di lingkungan alam yang masih natural, dengan banyak tumbuhan yang rimbun menutupi aliran air dan sungai yang jernih dan menyegarkan. Bagi yang tertarik mencari tempat yang tenang dan asyik, curug ini bisa jadi pilihan.

Curug Putri merupakan sebuah air terjun yang terletak di kaki Gunung Ciremai. Air terjun ini menyuguhkan suasana yang masih asri dengan aliran air yang sangat menyegarkan. Lokasinya berada di Cisantana, Cigugur, Kabupaten Kuningan.

5 dari 6 halaman

Wisata Dataran Tinggi

Batu Luhur

Tidak hanya wisata air, tempat wisata di Kuningan juga menawarkan wisata dataran tinggi. Berada di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai, Batu Luhur menjadi destinasi wisata yang tidak biasa karena keberadaan taman batu yang menjulang tinggi.

Area gunung kapur juga memberikan nuansa petualangan. Apalagi ada sejumlah wahana bermain yang menguji nyali, seperti flying fox dan jembatan dari seutas tali. Tentunya kamu juga bisa bersantai dan menikmati udara segar di Butu Luhur yang berlokasi di Padabeunghar, Pasawahan, Kabupaten Kuningan.

Bukit Panembongan

Berada di desa Tembong, kecamatan Garawangi, Bukit Panembongan menjadi salah satu tempat wisata di Kuningan Jawa Barat yang tidak boleh dilewatkan, apalagi bagi para pecinta pemandangan alam.

Bukit ini menawarkan udara segar dengan panorama alam dari ketinggian yang sangat memanjakan mata. Dari puncaknya, kamu akan mendapati sejumlah spot asyik untuk menikmati alam Kuningan dari ketinggian.

6 dari 6 halaman

Wisata Alam Lainnya

Sukageuri View

Masih seputar pemandangan alam dari ketinggian, kamu bisa menikmati bentang alam yang luar biasa indah dari Kunginan di Sukageuri View. Kontur perbukitan dan hijaunya alam membuatnya indah ketika dinikmati dari ketinggian.

Di sini kamu tidak hanya bisa menikmati pesona alam Kuningan yang istimewa, tapi juga mendapatkan spot asyik untuk berswafoto dengan latar belakang yang luar biasa.

Hutan Desa Setianegara

Hutan Desa Setianegara merupakan tempat wisata di Kuningan Jawa Barat yang tepat buat kamu yang ingin sejenak menghindar dari ramainya perkotaan. Kawasan ini punya hawa yang sejuk dan masih sangat asri. Berlokasi di Desa Setianegara, Kecamatan Cilimus, Kabupaten Kuningan, kamu juga bisa melakukan kegiatan kemah di sini.

Gunung Ciremai

Tempat wisata di Kuningan Jawa Barat tentunya tidak lengkap bila belum menyebutkan Gunung Ciremai. Gunung ini adalah salah satu gunung tertinggi yang ada di Jawa Barat dengan memilki ketinggian 3.078 mdpl dan masih aktif hingga saat ini. Gunung ini menjadi tempat pendakian favorit bagi para pecinta alam.