Sukses

8 Cara Cepat Hamil, Jangan Lupa Mencatat Siklus Menstruasi

Liputan6.com, Jakarta Cara cepat hamil diperlukan bagi wanita yang kerap merasakan kesulitan dalam memiliki momongan. Dirasa telah mencoba berbagai upaya program kehamilan, tapi tetap tak kunjung mendapatkannya.Status kondisi tubuh calon ibu dan ayah jelas mempengaruhi proses memperoleh keturunan. Jadi, dari sekian banyak cara cepat hamil yang dapat dilakukan, mempersiapkan kesehatan tubuh calon ayah dan calon ibu juga sangat penting diprioritaskan.

Oleh karena itu, mempersiapkan kesehatan tubuh sebelum memasuki kehamilan yang terpenting. Berikut Liputan6.com telah merangkum dari berbagai sumber sepuluh cara cepat hamil yang bisa Anda dan pasangan lakukan secara alami dan mudah dilakukan.

2 dari 5 halaman

Konsultasi dan Mencatat Siklus Menstruasi

Rutin Konsultasi dengan Dokter Kandungan

Kunci utama dari cara cepat hamil adalah rajin berkonsultasi dengan dokter tentang kondisi tubuh Anda. Terlebih buat Anda yang baru mengupayakan kehamilan pertama.

Pasangan yang telah menikah sebaiknya diperiksa secara bersamaan. Di sini dokter akan memberikan penanganan lanjut untuk menunjang keberhasilan program kehamilan.

Mencatat Siklus Menstruasi

Bagi wanita yang ingin memiliki keturunan, cara cepat hamil yang bisa dilakukan pertama kali harus memantau siklus menstruasinya. Jika siklus menstruasi teratur, maka Anda dapat dengan mudah memprediksi kapan waktu terbaik untuk berovulasi.

Dengan melacak informasi lewat kalender, Anda dapat mengetahui periode ovulasi. Pada periode ovulasi inilah, dianjurkan agar Anda dapat memfokuskan untuk hubungan seksual.

Cara menghitung masa subur adalah, jika siklus menstruasi Anda normal yakni 21 – 35 hari, maka cara perhitungan masa suburnya adalah 14 hari sebelum menstruasi Anda berikutnya.

3 dari 5 halaman

Berbaring dan Membiasakan Hidup Sehat

Berbaring di Tempat Tidur Setelah Berhubungan

Setelah melakukan hubungan seksual, Anda dianjurkan untuk berbaring di tempat tidur selama 10 – 15 menit dan tidak perlu mengangkat kaki lebih tinggi. Hal ini bertujuan agar sperma dapat dengan mudah masuk dan tetap berada di dalam serviks.

Membiasakan Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup sehat juga memengaruhi Anda agar cepat hamil. Hentikan untuk melakukan kebiasaan buruk seperti merokok, konsumsi obat-obatan, dan minum alkohol. Kebiasaan buruk ini dapat memberikan dampak negatif bagi tubuh Anda.

Adanya kandungan yang tidak sehat dalam rokok dan alkohol dapat menurunkan kesuburan, bahkan membuat janin yang Anda kandung dapat lahir prematur, cacat, bahkan keguguran.

4 dari 5 halaman

Mencukupi Asam Folat dan Hindari Olahraga Berat

Cukupi Kebutuhan Asam Folat dan Menghindari Vitamin A

Cara cepat hamil selanjutnya mencukupi tubuh dengan asam folat selam satu bulan penuh. Hal ini dapat membantu Anda mengurangi risiko bayi terlahir cacat. Selain itu, sebaiknya Anda tidak banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kadar vitamin A tinggi.

Hal ini dikarenakan kadar vitamin A yang berlebhan dapat berisiko menurunkan kesehatan kehamilan dan dapat menyebabkan janin yang dikandung mengalami cacat.

Mengurangi Aktivitas atau Latihan Berat

Aktif beraktivitas merupakan salah satu cara cepat hamil yang bisa dilakukan. Namun, aktivitas fisik yang berlebihan seperti terlalu banyak olahraga berat dapat mengganggu ovulasi.

Dokter melihat banyak gangguan menstruasi pada wanita yang melakukan olahraga berat. Oleh karena itu, penting untuk mengurangi latihan berlebihan jika Anda ingin hamil.

 

5 dari 5 halaman

Mengatur Kondisi Psikologis dan Tidak Menggunakan Pakaian Ketat

Mengatur Kondisi Psikologis

Faktor psikologis merupakan hal utama dalam upaya program kehamilan. Pasalnya, kesehatan mental yang tidak baik dapat menyebabkan stres sehingga depresi dan akhirnya memengaruhi perkembangan janin.

Selain itu, kesehatan mental yang buruk juga dapat menghambat program hamil.

Menghindari Pakaian Dalam Ketat

Kehamilan bukan hanya wanita yang perlu memerhatikan kondisi tubuhnya, melainkan pasangannya alias pria. Pria dianjurkan agar menghindari mengenakan pakaian dalam atau celana ketat karena dapat memperburuk kualitas sperma.

Sama halnya dengan berendam di air panas, sauna ataupun sering duduk di atas mesin motor.