Sukses

7 Cara Memasang Wallpaper Dinding Kamar yang Mudah dan Efektif

Liputan6.com, Jakarta Cara memasang wallpaper dinding kamar bisa kamu lakukan sendiri di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah mudah tersebut, kamu dapat memasang wallpaper di dinding kamar dengan efektif dan tanpa adanya kesalahan. 

Tentunya dalam penerapannya perlu ketelitian dan konsentrasi agar mendapatkan hasil yang maksimal. Langkah-langkahnya pun sebenarnya tidak begitu sulit. Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang bagus, tentunya butuh kesabaran dan ketekunan.

Cara memasang wallpaper dinding kamar yang mudah juga efektif dilakukan. Kamu perlu menyiapkan beberapa peralatan yang dibutuhkan dan melakukan beberapa persiapan seperti mengukur dinding hingga mengukur wallpaper.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (14/11/2019) tentang cara memasang wallpaper dinding kamar

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

2 dari 4 halaman

Siapkan Peralatan dan Bersihkan Dinding

Siapkan Peralatan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, cara memasang wallpaper dinding kamar yang pertama adalah menyiapkan peralatan. Tentunya yang pertama kamu harus sudah menyiapkan wallpaper yang ingin kamu tempelkan.

Selain itu, kamu juga harus menyiapkan beberapa alat berikut, yaitu:

- Lem wallpaper (bisa dibeli di toko material)

- Kuas aplikasi wallpaper

- Pisau cutter

- Gunting

- Meteran

- Pensil

- Kain perca

- Alas berupa plastik besar

- Tangga A

- Benang dengan pemberat untuk memastikan lurus-tidaknya pemasangan

- Spons

- Amplas dan kape/kapi untuk membersihkan dinding

Membersihkan Dinding

Cara memasang wallpaper dinding kamar selanjutnya adalah dengan membersihkan dinding. Dinding yang akan dipasangi wallpaper sebaiknya sudah dibersihkan. Singkirkan sejenak segala jenis aksesoris dinding seperti jam, foto, kalender, gantungan baju, dan hiasan dinding lainnya.

Tentukan bagian mana saja dari dinding yang akan dipasangi wallpaper. Wallpaper dinding bisa saja dipasang di salah satu sisi dinding. Setelah itu, tandai mana saja bagian yang akan dipasangi wallpaper, bila perlu buat garis membujur.

Ratakan dinding yang agak kasar atau bergelombang. Berikan juga tambalan pada bagian dinding yang berlubang akibat lubang paku atau hal lainnya. Pastikan juga bahwa dinding yang akan dipasangi wallpaper ini bebas dari rembesan air saat hujan, karena kelembaban yang tinggi bisa membuat wallpaper cepat mengelupas.

3 dari 4 halaman

Ukur dan Potong

Lakukan Pengukuran

Selanjutnya, kamu harus melakukan pengukuran terhadap dinding dan juga terhadap wallpaper yang akan kamu tempelkan. Hal ini merupakan salah satu cara memasang wallpaper dinding kamar yang sangat penting.

Saat membeli wallpaper dinding kamar, bisa jadi kamu hanya memberikan perkiraan ukuran ruangan saja dengan beberapa ukuran lebih, agar wallpaper nantinya tidak kurang.

Sebelum dipasang, sebaiknya ukur lagi dengan pasti dan presisi, berapa lebar dan tinggi dinding. Lalu berapa lembar wallpaper dinding kamar yang harus dipasang. Bila perlu, buat garis acuan dengan pensil tipis agar kamu lebih percaya diri saat memasangnya dan tidak khawatir terjadi kesalahan atau pemasangan yang miring.

Selain itu, bisa juga menggunakan benang yang diberi pemberat untuk memastikan bahwa garis petunjuk pemasangan wallpaper dinding sudah lurus 

Memotong Wallpaper Dinding

Sebelum mulai memotong, terlebih dahulu kamu harus paham betul cara memotongnya. Selain itu, kamu juga harus paham cara memasangnya dengan benar. Kamu bisa mengikuti petunjuk pemotongan dan pemasangan yang biasanya ada di wallpaper.

Untuk melanjutkan cara memasang wallpaper dinding kamar, potong gulungan wallpaper dinding sesuai dengan lebar dan tinggi dinding ruangan. Untuk bagian samping paling terakhir, berikan kelebihan beberapa cm untuk bagian sambungan. Hal ini perlu dilakukan jika sambungan wallpaper dinding perlu ditumpuk agar serasi.

Bila perlu, beri nomor wallpaper dinding di bagian belakang kertas agar tidak salah dalam memasang sesuai urutannya. Sambil memotong wallpaper dinding, periksa juga apakah ada bagian yang cacat atau sobek.

Selain itu, kamu juga harus memerhatikan polanya terlebih dahulu sebelum memotong, sebagai salah satu cara memasang wallpaper dinding kamar. Jangan sampai polanya tidak bisa tersambung dengan benar.

Untuk mengetahui apakah pola antara potongan yang satu dengan lainnya sudah tersambung dengan baik, kamu perlu menyejajarkan antara bagian pertama yang sudah dipotong dengan gulungan yang belum dipotong. Posisikan sampai terbentuk motif pola yang benar, lalu tandai wallpaper dinding sebelum dipotong.

4 dari 4 halaman

Lem, Tempelkan, dan Rapikan

Siapkan Lem dan Terapkan

Cara memasang wallpaper dinding kamar selanjutnya adalah menyiapkan lem dan memasangnya. Dalam memasang wallpaper dinding setidaknya ada 2 adonan lem yang dibutuhkan, yaitu lem untuk meratakan permukaan wallpaper, dan lem untuk sambungan antar-wallpaper dinding.

Lem sambungan ini biasanya lebih kental, jadi tidak perlu banyak tambahan air. Lem yang lebih kental juga digunakan pada bagian tepi dinding agar pemasangan wallpaper dinding lebih rekat dan awet. Larutkan lem pada wadah yang sudah disediakan. Lalu diamkan selama beberapa saat.

Siapkan wallpaper dinding yang sudah dipotong di atas meja panjang atau di atas lantai yang sudah dilapisi plastik bersih. Terapkan lem, tapi jangan jangan sampai terlalu basah, karena akan mengakibatkan gelembung atau permukaan tidak rata. Terapkan lem dengan hati-hati.

Di bagian tepi yang berbatasan dengan sudut dinding, sapukan adonan lem yang lebih kental. Lakukan pemulasan lem ini dengan menggunakan roller. Tapi jika tidak ada, kamu boleh menggunakan kuas. Oleskanlah dengan merata.

Tempelkan Wallpaper ke Dinding

Cara memasang wallpaper dinding kamar selanjutnya, yaitu menempelkan wallpaper ke dinding. Siapkan tangga A di dekat dinding untuk memasang wallpaper pada area yang tinggi.

Rekatkan wallpaper ke dinding dengan hati-hati. Ikuti petunjuk atau tanda pensil yang tadi sudah dibuat. Tempelkan perlahan-lahan sambil diratakan dan rekatkan dengan penggaris mika.

Perhatikan Kerapian

Terakhir, kamu harus memerhatikan kerapian dari pemasangan wallpaper dinding kamar yang kamu lakukan. Potong bagian yang berlebih di bagian atas, samping, maupun bawah dinding yang terdapat sisa Wallpaper.

Selain itu, kamu juga harus membersihkan sisa lem hingga adanya kerutan pada wallpaper agar wallpaper dinding kamar kamu tampak menawan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.