Sukses

10 Jenis Tanaman Hias Bunga dalam Pot, Mudah Merawatnya

Menanam bunga dalam pot memberi kesan minimalis pada rumah.

Liputan6.com, Jakarta Jenis tanaman hias bunga bisa ditanam di dalam pot. Pot merupakan media tanam yang cocok untuk berkebun dengan ruang yang minim. Jenis tanaman hias bunga bisa menambah keindahan rumah dengan hadirnya warna dan aroma. Bunga-bunga ini bisa mencerahkan ruangan, teras dan kebun rumah.

Menanam bunga dalam pot juga memberi kesan minimalis pada kebun atau ruangan. Jenis tanaman hias bunga yang ditanam dalam pot dapat dengan mudah dirawat. Ada banyak bunga hias yang dapat ditanam. Bibit dari jenis tanaman hias bunga ini juga dapat dengan mudah ditemukan di toko perlengkapan berkebun.

Jenis tanaman hias bunga dalam pot ini bisa memberi warna sendiri pada rumah. Plus, berkebun merupakan cara sederhana untuk menghilangkan stres. Bagi pemula, memulai menanam tanaman mungkin terlihat rumit. Namun, ketika kamu memulainya, prosesnya akan terasa menyenangkan.

Kamu bisa mulai dengan memilih jenis tanaman hias bunga apa yang akan ditanam. Berikut 10 jenis tanaman hias bunga yang bisa di tanam dalam pot dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis(14/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Peace Lily dan Anthurium

Peace Lily

Peace Lily memiliki bunga berwarna putih dan daun hijau gelap yang elegan. Jenis tanaman hias bunga ini adalah pilihan populer untuk dekorasi kantor dan rumah. Mengembangkan Peace Lily di dalam pot cukup mudah. Tanaman yang indah ini tidak hanya mencerahkan ruang tamu, tetapi juga sangat baik dalam membersihkan udara ruangan tempat mereka berada.

Anthurium

Sekilas, bunga Anthurium mirip dengan Peace Lily. Anthurium adalah tanaman tropis yang menyenangkan dengan kelopak mengkilap dan mekar berbentuk hati. Bedanya, bunga ini memilki beberapa macam warna mulai dari merah, merah muda, hingga kuning. Bunga ini cocok ditanam dalam pot sebagai penghias rumah.

Jenis tanaman hias bunga ini dapat mentolerir semua tingkat cahaya tidak langsung, tetapi anthurium yang tumbuh dalam cahaya rendah akan memiliki bunga lebih sedikit dan akan tumbuh lebih lambat.

3 dari 6 halaman

Begonia dan Petunia

Begonia

Bunga ini bisa ditanam di pot untuk mempercantik rumah. Ada berbagai jeni Begonia. Beberapa jenis tanaman Begonia ini memiliki bunga yang indah dengan berbagai warna.

Tanaman Begonia memiliki kebutuhan cahaya matahari yang rendah, membuatnya cocok ditanam di dalam ruangan. Begonia juga cocok ditanam di pot gantung untuk mempercantik teras rumah. Menyirami tanaman ini penting dalam perawatan begonia. Tanah harus tetap lembab, tetapi tidak terlalu basah.

Petunia

Tanaman Petunia memberikan lansekap bunga-bunga yang penuh warna cerah. Tanaman ini cocok ditanam di pot gantung atau pot di atas meja atau teras depan. Ada ratusan jenis bibit petunia yang tersedia di toko kebun.

Bibit-bibit ini menawarkan pilihan bunga berbagai warna mulai dari bunga dengan warna solid dan multi-warna. Perawatan jenis tanaman hias bunga ini memerlukan penyiraman secara teratur dan sinar matahari yang cukup.

4 dari 6 halaman

Anggrek dan Krisan

Anggrek

Jenis tanaman hias bunga yang paling populer adalah Anggrek. Ada beragam macam jenis anggrek dengan berbagai warna dan ukuran. Tanaman Anggrek dapat ditanam dalam pot sebagai dekorasi dalam atau luar rumah.

Anggrek memerlukan sedikit perawatan setelah semua kebutuhan dasarnya terpenuhi seperti cahaya, suhu, dan kelembaban. Tempatkan anggrek di jendela atau ruangan yang menghadap cahaya terang dan tidak langsung.

Krisan

Krisan merupakan jenis tanaman hias bunga yang populer dijadikan hadiah. Bunga ini juga cocok ditanam di dalam pot sebagai penghias ruangan atau teras. Perawatan krisan meliputi penyiraman, tanah dan drainase yang baik.

Tanaman krisan membutuhkan cahaya yang lebih rendah agar dapat mekar dengan indah. Menanam krisan dalam pot membutuhkan banyak sinar matahari. Letakkan krisan di tempat yang menerima sinar matahari paling sedikit 4 jam per hari.

5 dari 6 halaman

Morning Glory dan geranium

Morning Glory

Bunga morning glory adalah pemandangan umum di banyak lanskap rumah. Jenis tanaman hias bunga ini dapat tumbuh dengan cepat dan cocok ditanam di pot gantung. emua tanaman morning glory menghasilkan bunga berbentuk corong yang menarik dari berbagai warna seperti putih, merah, biru, ungu dan kuning dengan daun berbentuk hati.

Geranium

Bunga geranium cocok ditanam pada pot gantung untuk dekorasi teras rumah. Geranium mudah tumbuh, memiliki bunga cerah, dan aroma yang harum. Di dalam ruangan, geranium membutuhkan banyak cahaya untuk berbunga tetapi akan mentolerir kondisi cahaya sedang. Warna merah adalah warna yang paling populer. Ada juga geranium dengan warna putih, ungu, biru, serta multi-warna.

6 dari 6 halaman

Mawar dan lavender

Mawar

Jenis tanaman hias bunga yang paling populer adalah mawar. Bunga ini terkenal dengan warnanya yang beragam dan wanginya yang semerbak. Bunga mawar memang menjadi salah satu tanaman hias yang digemari oleh banyak orang. Warnanya yang cantik dan bentuknya yang indah membuat tanaman berduri ini menjadi salah satu primadona tanaman hias.

Lavender

Lavender merupakan tanaman hias sekaligus tanaman herbal yang menjadi favorit para pecinta tanaman hias. Warna dan keharumannya yang menenangkan dapat menyelimuti kebun dan rumah. Lavender dapat ditanam di pot mulai dari biji atau dari stek.

Perawatan lavender di dalam pot meliputi menjaga suhu yang tepat, paparan sinar matahari, dan ketinggian air. Tempatkan pot lavender di tempat mereka menerima sinar matahari penuh setidaknya 8 jam per hari. Sirami dengan cukup, biarkan tanah mengering di sela-sela penyiraman, tetapi jangan biarkan kering sampai tanaman layu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.