Sukses

Dianggap Punah 30 Tahun Lalu, Rusa Tikus Kembali Ditemukan

Liputan6.com, Jakarta Melihat sebuah makhluk hidup yang tak pernah kamu temui sebelumnya atau bahkan telah dianggap punah tentu saja menjadi hal yang menakjubkan. 

Baru-baru ini netizen sempat dihebohkan atas hewan rusa tikus yang kembali terlihat setelah sebelumnya dianggap punah. Pasalnya, seperti yang dilansir Liputan6.com dari Worldofbuzz, Jumat (15/11/2019) rusa tikus ini terakhir terlihat sekitar 30 tahun lalu.

Penampakan rusa tikus ini kembali terlihat di sebuah hutan di Vietnam. Penampakan hewan ini menjadi yang pertama dalam 30 tahun terakhir. Bahkan menurut sebuah penerlitian dalam jurnal Nature Ecology and Evolution, rusa tikus atau yang dikenal pula dengan nama Chevrotain ini terakhir dilihat atau direkam pada 1990.

Setelah tahun 1990, taka da lagi konfirmasi mengenai penampakan rusa tikus tersebut hingga terbaru di tahun 2019 ini. Karena hal itulah, binatang ini sempat dianggap punah. Namun, jumlah dari hewan dengan nama ilmiah Tragulidae ini pun masih belum bisa ditentukan.

2 dari 3 halaman

Disebut sebagai penemuan luar biasa

Tak pernah terlihat selama 30 tahun, tentu saja penampakan rusa tikus di Vietnam beberapa waktu lalu menjadi hal yang menakjubkan bahkan dianggap luar biasa, Para ilmuwan pun sempat mengira jika makhluk yang memiliki bentuk badan perpaduan rusa dan tikus ini masuk dalam daftar 25 spesies yang hilang dan paling dicari. Pasalnya, dihimpun dari Global Wildlife Consevation (GWC) hilangnya spesies dari habitatnya bisa dikarenakan perburuan liar dan perdagangan illegal.

3 dari 3 halaman

Memasang kamera pengintai selama lima bulan

An Nguyen, seorang ahli biologi Vietnam yang penasaran pun mencoba mencari tahu mengenai keberadaan dari hewan kecil ini. Ia dan beberapa rekan serta penduduk desa pun memeriksa kawanan rusa tikus ini melalui kamera pengintai.

Lebih dari 30 kamera dipasang dan diaktifkan selama lima bulan di dalam hutan. Hasilnya, mereka berhasil menemukan sekelompok hewan langka ini.

Loading