Sukses

10 Cara Menjadi Orang Sukses, Raih Mimpi Setinggi Langit

Cara menjadi orang sukses sebenarnya sederhana, namun membutuhkan kerja keras dan disiplin

Liputan6.com, Jakarta Cara menjadi orang sukses tentunya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Pada zaman ini, banyak sekali orang yang menginginkan kesuksesan secara instan tanpa mau berjuang. Padahal di balik setiap kesuksesan akan selalu ada perjuangan dan pengorbanan. 

Tentu saja sukses memiliki definisi yang berbeda-beda bagi setiap orang. Ada yang mendefinisikan sukses dengan banyak uang hingga hidup sejahtera. Pada intinya, untuk menjadi orang sukses diperlukan perjuangan yang tidak main-main dan tekad yang kuat.

Cara menjadi orang sukses sebenarnya sederhana, namun tidak mudah dilakukan. Banyak orang yang tidak dapat mengikuti beberapa cara menjadi orang sukses tersebut karena berbagai alasan. Jika kamu benar-benar ingin menjadi orang sukses, tentunya kamu akan melakukan segala cara baik untuk mewujudkannya.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (17/11/2019) tentang cara menjadi orang sukses

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Cara menjadi orang sukses diawali dari yakin dan disiplin

Yakin Kamu Bisa

Cara menjadi orang sukses yang pertama adalah yakin kamu bisa. Saat sudah yakin akan sukses, maka kamu telah separuh jalan menuju kesuksesan tersebut. Tidak ada yang mengehentikan kamu selain keraguan pada diri kamu sendiri.

Kenali potensi diri kamu dan yakinlah dengan apa yang kami miliki. Dengan keyakinan dan menepis segala keraguan, maka kamu akan memilih untuk berjuanglebih keras setiap harinya. Saat bayangan kegagalan menghantui, biarkan hal tersebut menjadi pembelajaran, karena gagal adalah hal yang biasa.

Disiplin dan Tanggung Jawab

Cara menjadi orang sukses yang paling signifikan perannya adalah disiplin dan tanggung jawab. Belajarlah disiplin untuk hal-hal yang ingin kamu capai.

Mulailah terbiasa mengerjakan segala sesuatunya secara lebih terorganisir lagi, misalnya datang kerja tepat waktu dan jangan lupa untuk terus bertanggung jawab dengan apa yang ingin dicapai.

3 dari 6 halaman

Tetapkan Target dan Buat Rencana

Tetapkan Target

Selanjutnya, kamu harus menetapkan target atau sasaran. Cara menjadi orang sukses selanjutnya ini bisa dnegan menetapkan target jangka panjang dan jangkan pendek. Kamu bisa melakukan riset dan menganalisa lingkungan dalam menetapkan target.

Selain itu, kamu juga harus membuat target harian juga. Dengan memiliki target yang jelas, maka pekerjaan bisa diselesaikan tepat waktu dan tidak ada lagi waktu yang terbuang untuk mengatur apa tujuanmu hari ini. Jadi kamu bisa memanfaatkan waktu dengan lebih efektif dalam emncapai tujuan.

Buat Rencana

Selanjutnya, kamu harus membuat rencana sebagai salah satu cara menjadi orang sukses. Kamu harus mempersiapkan semua hal yang diperlukan untuk mencapai kesuksesan.

Dengan mencatat semua persiapan dan bagaimana cara mencapai tujuan yang telah ditetapkan, maka kamu bisa berjuang di jalur yang benar tanpa mengawang-awang.

4 dari 6 halaman

Menambah Jaringan Pertemanan dan Bangun Pagi

Menambah Jaringan Pertemanan

Cara menjadi orang sukses selanjutnya adalah menambah jaringan pertemanan. Kebiasaan yang satu ini seringkali dianggap tidak penting dan hanya membuang waktu saja, namun sebenarnya dengan menambah jaringan pertemanan, maka kesempatan untuk meraih sukses semakin besar. Kebanyakan orang cenderung melakukan bisnis dengan orang yang dipercaya.

Dengan membangun relasi yang baik dengan orang lain, maka tingkat kepercayaan orang terhadap kamu akan semakin tinggi, jadi kemungkinan kamu untuk sukses semakin besar.

Hal inilah yang dilakukan oleh para orang sukses. Mereka mau meluangkan waktu mereka untuk menambah dan menjaga relasi baik dengan orang lain karena mereka paham tentang betapa besarnya pengaruh teman dalam kesuksesan.

Bangun Pagi

Saat hari masih sangat pagi, orang sukses sudah bangun dan mulai bersiap-siap untuk menyambut hari baru. Berdasarkan penelitian, 44% orang sukses bangun 3 jam sebelum jam kerja dimulai.

Hal ini dilakukan agar mereka dapat memiliki cukup waktu untuk bersiap-siap dan menenangkan diri sehingga dapat memulai kerja dengan kondisi yang tenang.

Cara menjadi orang sukses satu ini tentunya harus kamu terapkan. Kamu tentunya akan tertinggal jika selalu bangun kesiangan. Bangun pagi adalah solusi untuk mengerjakan banyak hal. Selain itu dengan bangun lebih pagi, kesempatan yang bisa kamu dapatkan lebih banyak karena waktunya juga lebih banyak.

5 dari 6 halaman

Jangan Berhenti Belajar dan Menerapkan Pola Hidup Sehat

Jangan Berhenti Belajar

Cara menjadi orang sukses yang paling terlihat adalah keinginannya untuk selalu belajar. Belajar disini tidak dalam bentuk sekolah, tetapi proses pembelajaran bisa dilakukan kapan saja, dimana saja, dan dari siapa saja. Hal baru selalu tersedia di segala tempat, itulah yang mendorong orang sukses untuk terus belajar.

Semakin sering kamu belajar, maka kamu akan semakin pintar dan wawasan semakin luas. Dengan memiliki wawasan yang luas, kamu bisa berkomunikasi dan melakukan banyak hal. Jadi saat kesempatan datang, kamu bisa segera mengambilnya karena kamu memiliki wawasan yang luas.

Menerapkan Pola Hidup Sehat

Kesehatan memiliki dampak yang secara tidak langsung berpengaruh pada kesuksesan. Dengan tubuh yang sehat, maka pikiran lebih tenang sehingga banyak ide yang bisa membuat kamu mampu meraih kesuksesanmu.

Selain itu dengan menjalani gaya hidup yang sehat, kamu akan lebih jarang sakit, sehingga kamu bisa lebih produktif dalam bekerja. Orang yang sukses akan selalu menyempatkan diri berolahraga. Selain itu, menjaga pola makan sehat juga berpengaruh sangat besar terhadap usaha kamu dalam mencapai tujuan.

6 dari 6 halaman

Evaluasi dan Bersyukur

Evaluasi

Cara menjadi orang sukses selanjutnya adalah dengan melakukan evaluasi. Saat kamu sudah melakukan sesuatu, sebaiknya kamu selalu melakukan evaluasi. Terlepas dari hasil yang kamu dapatkan, evaluasi sangatlah penting.

Dengan begitu, kamu bisa terus belajar dari kesalahan dan mempelajari apa saja yang kurang dari usaha yang sudah dilakukan.

Bersyukur

Cara menjadi orang suksesyang terakhir adalah mensyukuri setiap prosesnya. Jika memang kamu berhasil menjadi orang sukses, jangan lupa untuk terus bersyukur kalau kamu bisa menjadi orang yang sukses. Karena, tidak ada orang yang sukses tanpa rasa syukur pada dirinya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.