Sukses

7 Makanan untuk Mengatasi Kulit Eksim, Perhatikan Nutrisi

Makanan untuk mengatasi kulit eksim bisa kamu konsumsi secara teratur.

Liputan6.com, Jakarta Makanan untuk mengatasi kulit eksim bisa kamu konsumsi secara teratur. Dengan mengonsumsi makanan tersebut, maka bisa membantu mengurangi peradangan yang terjadi di tubuh kamu. Makanan untuk mengatasi kulit eksim dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya.

Eksim merupakan penyakit yang menyerang kulit dan membuat kulit menjadi terasa gatal, luka, dan bahkan bernanah. Selain udara, makanan yang kamu konsumsi juga dapat memperburuk eksim. Oleh karena itu apabila kamu menderia eksim, kamu harus berhati-hati dengan makanan yang kamu makan.

Seperti yang telah diketahui, salah satu penyebab eksim adalah makanan. Beberapa makanan seperti telur, susu, kacang tanah, kedelai, ikan dan gandum merupakan penyebab timbulnya eksim. Oleh karena itu, kamu harus mengonsumsi makanan untuk mengatasi kulit eksim dan menghindari makanan penyebab eksim tersebut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (18/11/2019) tentang makanan untuk mengatasi kulit eksim.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Pisang dan Yoghurt

Pisang

Makanan untuk mengatasi kulit eksim yang pertama adalah pisang. Pisang kaya akan kalium, magnesium, dan vitamin C. Ketiga nutrisi ini baik untuk mendorong perbaikan kulit dan mengurangi gatal karena penyakit eksim.

Yoghurt

Probiotik adalah bakteri baik yang hidup dan berkembang di dalam tubuh. Bakteri ini baik untuk mengurangi dampak buruk eksim pada kesehatan kulit.

Makanan yang kaya probiotik seperti yoghurt, tempe, dan kefir akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. Selain itu, berbagai makanan ini juga bisa mengurangi reaksi alergi pada kulit.

3 dari 4 halaman

Daun Bawang dan Teh Chamomile

Daun Bawang

Daun bawang dikenal memiliki beberapa manfaat untuk kesehatan kamu. Daun bawang terbukti mampu mengurangi kadar histamin dalam tubuh dan memiliki sifat anti inflamasi. Vitamin K yang tinggi di dalam makanan ini juga baik untuk kesehatan kulit kamu.

Teh Chamomile

Chamomile memiliki sifat anti inflamasi dan dapat menenangkan kulit. Minum teh chamomile dapat mengurangi gatal dan meredam reaksi alergi.

4 dari 4 halaman

Kentang, Ikan, dan Sayuran

Kentang

Kentang tinggi akan serat, vitamin C, dan kalium. Kentang merupakan makanan yang dapat menenangkan kondisi kulit para penderita eksim.

Ikan

Ikan mengandung asam lemak omega 3 yang bisa membantu melawan peradangan di dalam tubuh. Ikan yang kaya omega 3 yaitu salmon, tuna, dan sarden. Namun, kamu juga perlu berhati-hati saat mengonsumsi ikan.

Pastikan kamu tidak alergi terhadap ikan tersebut. Dikutip dari Livestrong, jika kamu alergi terhadap ikan, kamu mungkin malah mengalami eksim setelah mengonsumsi makanan laut.

Selain itu, makanan yang kaya akan asam lemak omega 3 seperti biji-bijian baik dikonsumsi oleh penderita eksim.

Sayuran yang Mengandung Flavonoid

Flavonoid adalah antioksidan yang membantu melawan peradangan di dalam tubuh. Antioksidan juga membantu melawan radikal bebas yang bisa merusak sel-sel sehat.

Untuk kamu yang memiliki eksim, makan makanan yang mengandung flavonoid membantu mengurangi peradangan. Adapun makanan tinggi flavonoid yaitu brokoli, apel, ceri, dan bayam.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.