Sukses

8 Langkah Pertolongan Pertama Saat Tertusuk Bulu Babi di Pantai

Liputan6.com, Jakarta Langkah pertolongan pertama saat tertusuk bulu babi perlu kamu ketahui, terutama saat akan liburan ke pantai. Tentunya berjalan-jalan dan bermain air di tepi pantai memberikan kesenangan tersendiri bagi tubuh dan memberikan efek relaksasi. 

Bulu babi adalah hewan berduri yang biasanya juga disebut dengan landak laut karena memiliki duri seperti landak yang hidup di bawah laut. Sering kali seseorang tidak memperhatikan kondisi terumbu karang saat melangkah, sehingga kaki yang tidak mengenakan alas kaki tertusuk oleh bulu babi. Berbagai keluhan dapat terjadi setelah tertusuk bulu babi seperti gatal dan perih.

Langkah pertolongan pertama saat tertusuk bulu babi perlu dilakukan dengan tenang. Jika panik, kamu bisa membuat kondisi semakin parah. Kamu bisa melakukan pertolongan pertama ini untuk dirimu sendiri ataupun dalam menolong orang lain.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (18/11/2019) tentang langkah pertolongan pertama saat tertusuk bulu babi

2 dari 4 halaman

Keluhan Saat Tertusuk Bulu Babi

Duri-duri rambut bulu babi dapat digerakkan, tajam, dan beracun. Racunnya ada di ujung durinya yang lancip, yang fungsinya adalah untuk mempertahankan diri sekaligus melumpuhkan musuh.

Meski demikian, bulu babi bukanlah makhluk laut yang agresif. Kecelakaan tertusuk bulu babi biasanya disebabkan oleh kesalahan manusia yang tak sengaja menginjak atau menyentuhnya.

Sistem pertahanan diri bulu babi ada dua, yakni duri dan organ kecil penghantar racun. Duri pada bulu babi sangat tajam dan mudah patah. Apabila duri tersebut menancap di kulit, duri berpotensi tertinggal di dalam kulit, sehingga menimbulkan rasa sakit yang luar biasa, khususnya pada anak-anak. 

Berbagai gejala dan keluhan yang terjadi saat kamu tertusuk bulu babi, yaitu:

- Menyebabkan bentol kemerahan di kulit

- Gatal, semakin parah pada kulit sensitif

- Perih

- Area yang tertusuk menjadi kaku dan sulit digerakkan

- Lemas

- Nyeri otot 

- Pada kasus yang parah, penderita bisa alami mengalami gagal napas

3 dari 4 halaman

Pertolongan Pertama Saat Tertusuk Bulu Babi

Berikut langkah-langkah pertolongan pertama saat tertusuk bulu babi:

1. Tak perlu panik dan segera menepi. Kalau panik, tubuh jadi lebih banyak bergerak, sehigga risiko duri patah di dalam dan tertinggal di dalam kulit lebih besar. Kalau sudah begitu, racun juga bisa menyebar lebih cepat.

2. Rendam bagian tubuh yang tertusuk bulu babi dalam air hangat untuk mengurangi nyeri sekaligus melunakkan bulu babi yang menancap.

3. Setelah direndam, segera cabut duri bulu babi yang menancap dengan menggunakan pinset.

4. Selanjutnya, cuci bersih area yang tertusuk duri dengan air mengalir dan sabun, lebih baik lagi dengan cairan antiseptik. Tujuannya adalah untuk membersihkan sisa-sisa racun dan mencegah infeksi.

4 dari 4 halaman

Langkah Pertolongan Pertama Selanjutnya

5. Meski duri sudah dicabut dan area luka sudah dibersihkan, biasanya rasa nyeri masih akan bertahan. Untuk mengatasinya, kamu bisa minum obat penghilang rasa nyeri seperti parasetamol atau ibuprofen. 

6. Jika tidak punya pinset atau cairan antiseptik, sebaiknya kunjungi klinik terdekat. Sebab, bila hanya dicabut dan didiamkan saja, racun bisa menyebar. 

7. Untuk mengurangi rasa gatal, biasanya dokter akan memberikan krim hidrokortison.

8. Untuk menghalau racun, dokter mungkin akan memberikan krim antibiotik oles, misalnya neosporin.

Jadi, kamu tidak boleh menganggap sepele saat tertusuk bulu babi di pantai. Segera lakukan langkah-langkah pertolongan pertama tersebut untuk menghindari berbagai efek semakin parah. Selain itu, kamu juga bisa mencegah kaki tertusuk bulu babi dengan mengenakan alas kaki dan berhati-hati saat bermain di pantai.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pertolongan Pertama pada Korban Tersengat Listrik, Harus Hati-hati
Artikel Selanjutnya
Pertolongan Pertama Saat Mata Kemasukan Benda Asing, Aman dan Efektif