Sukses

12 Tempat Wisata di Denpasar Bali yang Tak Boleh Dilewatkan

Liputan6.com, Jakarta Tempat wisata di Denpasar Bali menjadi tujuan favorit para pelancong saat berkunjung ke pulau Dewata. Sebagai ibukota Provinsi, geliat wisata di Denpasar tak pernah sepi wisatawan. Denpasar menjadi pintu masuk Bali melalui jalur laut dari pelabuhan Benoa.

Tempat wisata di Denpasar Bali memiliki daya tarik tersendiri. Beragam potensi wisata ini menjadi pendorong kemajuan kota Denpasar. Ribuan turis baik domestik maupun mancanegara selalu tumpah ruah memenuhi tempat wisata di Denpasar Bali ini.

Jika Anda menjadikan Denpasar sebagai titik tujuan berlibur, mengetahui tempat wisata di Denpasar Bali sangatlah penting. Terdapat beragam pilihan tempat wisata di Denpasar Bali. Mulai dari pantai, pura, hingga ruang publik, tempat wisata di Denpasar Bali ini tak boleh terlewat begitu saja.

Berikut 12 tempat wisata di Denpasar Bali yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (19/11/2019).

2 dari 7 halaman

Pantai di Denpasar

Pantai Sanur

Pantai Sanur menjadi tujuan favorit para pelancong untuk menikmati keindahan pantai di Denpasar. Lokasi pantai ini tepat berada di sebelah timur yang cocok untuk menyaksikan keindahan matahari terbit. Ombak di pantai Sanur cukup tenang membuat pantai ini cocok dijadikan tempat untuk menyelam dan snorkeling.

Pantai Sindhu

Tak jauh dari pantai Sanur, kamu dapat menemukan pantai Sindhu yang tak kalah memesona. Selain bisa menikmati matahari terbit, kamu bisa merasakan suasana yang lebih tenang. Bentuk pantai ini memiliki daratan yang sedikit menjorok ke laut yang cocok jadi tempat bermain di pantai.

3 dari 7 halaman

Mengunjungi Pura

Pura Agung Jagatnatha

Pura Agung Jagatnatha merupakan pura terbesar yang ada di Denpasar. Pura ini dibangun menghadap ke barat ke arah Gunung Agung yang dianggap istana para dewa. Lokasi pura ini sangat strategis untuk dikunjung para wisatawan. Pura Agung Jagatnatha berada di sebelah museum Bali, tepat di sebelah timur Lapangan Puputan.

Pura Sakenan

Pura Sakenan berada di atas pantai di barat laut Pulau Serangan, sekitar 10 kilometer di selatan Denpasar. Pura ini merupakan salah satu pura penting yang ada di Bali. Pura Dalem Sakenan termasuk Samudra Kertih, tempat memuja (stana) Sang Hyang Sandhijaya (Tatmajuja) atau Ida Hyang Dewa Biswarna (Baruna) yang berdiri di tepi laut selatan Desa Serangan.

4 dari 7 halaman

Menikmati keindahan kota

Lapangan Puputan

Lapangan Puputan merupakan taman andalan warga Bali. Lapangan ini menjadi salah satu tempat rekreasi yang tak pernah sepi pengunjung. Di sini terdapat fasilitas rekreasi lengkap seperti taman, bangku untuk bersantai, hingga atraksi pertunjukan. Di sekitar Lapangan Puputan juga terdapat destinasi lain yang dapat dengan mudah dikunjungi seperti Pura Jagatnatha, Patung Catur Muka, dan Museum Bali.

Taman Kota Lumintang

Selain Lapangan Puputan, ruang publik yang cocok jadi rekreasi di Denpasar adalah Taman Kota Lumintang. Atraksi air mancur di malam hari menjadi daya tarik tersendiri di taman ini. Taman ini menjadi tujuan bersantai warga dan wisatawan di Denpasar. Di sekitar taman terdapat berbagai macam kuliner yang dapat diicip dengan harga terjangkau.

5 dari 7 halaman

Menelusuri sejarah

Bajra Sandhi Renon

Monumen Bajra Sandhi merupakan monumen perjuangan rakyat Bali. Tujuan pembangunan monumen ini adalah untuk mengabadikan jiwa dan semangat perjuangan rakyat Bali, sekaligus menggali, memelihara, mengembangkan serta melestarikan budaya Bali ke generasi mendatang. Monumen ini terkenal dengan gaya arsitekturnya yang unik dan etnik.

Museum Bali

Museum Bali menjadi museum penyimpanan peninggalan masa lampau manusia dan etnografi. Eksterior dinding, halaman, dan gerbang dirancang dengan gaya khas puri atau kerajaan di Denpasar. Di dalamnya terdapat koleksi peralatan, perlengkapan hidup, kesenian, keagamaan, bahasa tulisan, dan budaya Bali lainnya. Museum Bali terletak di lokasi strategis di pusat kota Denpasar bersebelahan dengan Pura Jagatnatha.

6 dari 7 halaman

Pulau Serangan

Pusat Konservasi Kura–Kura dan Penyu Hijau

Pulau Serangan terkenal dengan konservasi kura-kuranya. Di pulau ini pengunjung bisa berinteraksi langsung dengan kura-kura dan penyu hijau yang dilindungi. Konservasi ini juga kerap melakukan pelepasan kura-kura dan penyu ke laut yang menarik untuk disaksikan.

Bali Shark

Selain konservasi penyu, di Pulau Serangan Anda juga dapat menemukan penangkaran ikan hiu. Di sini pengunjung bisa memberi makan ikan hiu atau bahkan berenang langsung bersama ikan hiu.

7 dari 7 halaman

Menikmati budaya Bali

Taman Werdhi Budaya Art Centre

Taman Werdhi Budaya Art Centre merupakan kompleks budaya dan hiburan terkenal di Bali. Di taman budaya ini terdapat museum karya seni dan kerap diadakan atraksi seni yang siap menghibur wisatawan. Taman budaya ini berada di tengah kota Denpasar dan menjadi tempat diselenggarakannya beragam pementasan di Bali.

Pasar Seni Kumbasari

Pasar Kumbasari adalah salah satu pasar terbesar di Denpasar yang menjual beraneka ragam alat seni dan bahan pokok makanan. Pasar Seni Kumbasari menjadi bagian dari wisata Denpasar yang tak boleh terlewat. Pasar ini buka 24 jam. Di malam hari, pasar ini menjual beragam pernak pernik khas Bali. Produk yang dijual di antaranya kerajinan perak, batik Bali, aksesoris dan pernak pernik khas Bali, patung, makanan, hingga lukisan.

Loading