Sukses

7 Cara Menghilangkan Permen Karet di Rambut, Tak Perlu Dipotong

Permen karet yang menempel di rambut bisa jadi masalah.

Liputan6.com, Jakarta Mengunyah permen karet memiliki banyak manfaat. Tapi terkadang teksturnya yang lengket bisa menempel di mana saja termasuk di rambut. Permen karet yang menempel di rambut menjadi masalah tersendiri bagi banyak orang. Masalah ini kerap terjadi pada anak-anak yang sering bermain dengan permen karet.

Permen karet dibuat dari karet sintetis dan resin untuk menciptakan tekstur yang kenyal dan lengket. Selain itu, banyak permen karet bersifat tidak larut dalam air. Ini yang membuat permen karet sulit dibersihkan saat menempel di rambut. Akibatnya banyak orang yang memilih menggunting rambutnya untuk menghilangkan sisa permen karet.

Jika rambutmu terkena permen karet, segera isolasi daerah yang terkena dengan menbungkusnya agar permen tidak merekatkan banyak rambut. Alih-alih mengguntingnya, kamu bisa menggunakan bahan-bahan tertentu untuk memisahkan rambut dari permen karet.

Berikut cara menghilangkan permen karet dari rambut, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa(19/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

Minyak goreng

Minyak goreng bersifat hidrofobik. Misalnya, jika kamu menggabungkan minyak dan air dalam botol, mereka dengan mudah terpisah. Zat dalam minyak goreng memecah lengket permen karet tanpa menyebabkan kerusakan pada rambut.

Kamu bisa menggunakan minyak kelapa, zaitun, atau canola untuk masalah permen karet di rambut. Oleskan minyak ke daerah yang terkena permen karet dan gosok dengan lembut. Gunakan jari atau sisir untuk mengeluarkan permen karet dari rambut. Setelah permen karet benar-benar dihilangkan, bersihkan rambut dari minyak.

3 dari 8 halaman

Balok es

Jika menggunakan minyak terasa terlalu berantakan, kamu bisa membekukan permen karet dengan es batu. Membekukan permen karet dapat mengurangi lengketnya, memungkinkan kamu dengan mudah mengeluarkannya dari rambut.

Ambil sepotong es dan gosokkan pada permen karet, oleskan berulang-ulang di seluruh area permen karet. Lakukan sekitar 10 hingga 15 menit hingga permen karet mengeras. Es akan mengeraskan permen karet dan kamu akan bisa mengurainya dari rambut.

4 dari 8 halaman

Cuka

Cuka bisa menjadi pelarut yang memecah ikatan antara rambut dan permen karet. Untuk menghilangkan permen karet, rendam area yang terkena dengan cuka. Kamu bisa mencelupkan rambut ke dalam secangkir cuka atau mengompresnya dengan kain. Semakin lama rambut direndam, semakin mudah untuk menghilangkan permen karet yang menempel.

Metode ini dapat memakan waktu tergantung pada seberapa banyak permen karet yang menempel di rambut. Saat permen karet mulai melembut, sisiri rambut dengan sisir bergigi lebar. Bilas dan keramas setelah permen karet berhasil hilang. Selain cuka kamu juga bisa menggunakan air lemon yang sama-sama bersifat asam untuk mengangkat permen karet dari rambut.

5 dari 8 halaman

Menggunakan kondisoner

Kondisoner bisa menjadi pertolongan pertama saat rambut terkena permen karet. Aplikasikan kondisoner ke area yang terkena permen karet menggunakan jari. Kondisoner akan membuat permukaaan antara rambut dan permen karet menjadi lebih licin. Ini membuat permen karet lebih mudah untuk diangkat.

Lanjutkan menyisir dari atas ke bawah dengan sapuan panjang. Sisir rambut dengan lembut atau tarik dengan jari untuk meluruhkan permen karet. Bersihkan sisir secara teratur untuk menghilangkan residu permen karet yang mungkin menempel. Setelah permen karet berhasil terangkat, cukup bilas rambut dengan air hangat lalu keringkan.

6 dari 8 halaman

Selai kacang

Selai kacang dan permen karet bersifat hidrofobik, ini membuat keduanya lebih mudah untuk saling menempel dan akhirnya lepas dari rambut. Menggunakan selai kacang pada permen karet dapat mengurangi sifat lengket permen karet, membuatnya lebih mudah untuk dihilangkan dari rambut.

Untuk menghilangkan permen karet dengan selai kacang, tutupi bagian rambut yang terkena sepenuhnya dengan selai kacang yang lembut. Cobalah untuk sepenuhnya melapisi rambut yang terkena. Tunggu beberapa menit hingga permen karet menjadi lebih kaku dan mudah dilepas. Sisiri rambut untuk memisahkan permen karet. Kamu juga bisa menggunakan sikat gigi lembut untuk melepaskannya. Setelah permen karet dihilangkan, bersihkan rambut dengan sampo untuk menghilangkan sisa selai kacang.

7 dari 8 halaman

Petroleum jelly

Petroleum jelly merupakan pelumas serbaguna. Petroleum jelly bisa menghilangkan banyak zat keras dan lengket seperti permen karet. Ini adalah solusi yang murah dan lembut untuk digunakan.

Ambil segumpal petroleum jelly dengan jari dan oleskan pada rambut. Pastikan untuk melumuri seluruh area yang terkena. Petroleum jelly akan melonggarkan permen karet yang menempel pada rambut. Ini membuat permen karet dapat dengan mudah diangkat menggunakan jari, sisir, atau sikat gigi. Setelah semua peremen karet dihilangkan, bersihkan area rambut dengan kain bersih dan lembut.

8 dari 8 halaman

Pasta gigi

Pasta gigi tidak hanya akan membersihkan gigi, tapi juga untuk mengangkat permen karet dari rambut. Pasta gigi menjadi pilihan rumahan untuk mengeluarkan permen karet dari rambut. Pasta gigi berfungsi dengan menghancurkan lengket di permen karet.

Oleskan pasta gigi ke permen karet dan rambut, gosokkan pasta gigi dengan jari-jari. Biarkan hingga mengering. Setelah pasta gigi mengering, akan lebih mudah untuk menarik permen karet dari rambut dengan jari, sisir, atau sikat gigi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini