Sukses

Seniman Ini Ubah Sandal Jepit Jadi Boneka, 7 Hasilnya Mengagumkan

Sampah yang sulit terurai seperti sandal jepit bekas bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi sebuah karya seni.

Liputan6.com, Jakarta Sebagian besar orang menganggap sandal jepit bekas hanya sampah yang tak berguna dan harus dibuang. Hal ini menjadi sangat memprihatinkan ketika barang bekas dibuang sembarangan dan berujung pada pencemaran lingkungan terutama laut.

Selain merusak keindahan alam laut, juga dapat membahayakan keberlangsungan kehidupan biota laut. Bahkan akhir-akhir ini banyak ditemui hewan laut yang mati dan ketika dibedah, perutnya dipenuhi oleh sampah-sampah yang dibuang sembarangan oleh manusia salah satunya adalah sandal jepit.

Untuk mengurangi pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh sampah, perlu kesadaran masyarakat untuk lebih bijak dalam pengolahan dan pemanfaatan sampah. Di tangan-tangan kreatif, sampah yang sulit terurai seperti sandal jepit bekas bisa dimanfaatkan dan diolah menjadi sebuah karya seni.

Seperti yang dilakukan oleh Francis Mutua, seorang seniman sandal jepit dari Nairobi. Seniman ini memiliki tujuan untuk menyelamatkan lautan yang tercemar melalui karya seninya. Dalam membuat karay ini ia tidak sendirian, namun tergabung dalam keluarga besar bernama Ocean Sole yang bertujuan untuk membersihkan bumi dan mengubah masalah sandal jepit bekas menjadi satu karya seni.

Francis Mutua bersama rekan-rekannya mengubah tumpukan sandal jepit tak terpakai menjadi boneka berbentuk binatang yang terlihat sangat mengagumkan. Boneka-boneka tersebut diantaranya berbentuk gajah, singa, jerapah, penyu, burung dan binatang lainnya. Para seniman ini dapat menghasilkan 8 boneka hewan dalam sehari dan kebanyakan dari hasil karyanya dijual ke mancanegara. Berikut beberapa karyanya dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Senin (19/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 8 halaman

1. Sandal jepit bekas diubah menjadi hewan rusa yang mengagumkan.

3 dari 8 halaman

2. Seniman ini memiliki tujuan untuk menyelamatkan lautan yang tercemar melalui karya seninya.

4 dari 8 halaman

3. Barang bekas yang tak berguna ini disulap menjadi beruang yang menggemaskan.

5 dari 8 halaman

4. Hasil karyanya ini dijual ke mancanegara.

6 dari 8 halaman

5. Francis Mutua mengubah tumpukan sandal jepit tak terpakai menjadi boneka berbentuk binatang.

7 dari 8 halaman

6. Seniman asal Nairobi ini mengubah sandal jepit bekas menjadi gurita rasaksa.

8 dari 8 halaman

7. Saat melihat boneka kura-kura yang mengapung ini terlihat nyata dan hidup.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.