Sukses

Cara Membedakan Burung Kenari Jantan dan Betina Berdasarkan Ciri-Cirinya

Cara membedakan burung kenari jantan dan betina bisa dengan melihat cirinya masing-masing.

Liputan6.com, Jakarta Cara membedakan burung kenari jantan dan betina bisa dengan melihat cirinya masing-masing. Kamu bisa melihat perbedaannya dari segi fisik dengan melihatnya secara lebih teliti. Apalagi kicauan burung kenari jantan dan betina memiliki kualitas yang berbeda.

Banyak orang berminat dengan burung kenari tidak hanya karena warnanya yang terang dan indah, namun juga sura kicauannya yang merdu. Bahkan, banyak orang yang memelihara burung kenari ini untuk diikutkan kontes kicau burung.

Cara membedakan burung kenari jantan dan betina bisa dilihat dari bentuk fisiknya. Perbedaan ini penting karena kicau burung kenari jantan biasanya lebih merdu daripada kicau burung kenari betina. Jadi kamu yang ingin membudidayakan burung kenari harus mengerti cara membedakan jantan dan betina.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang cara membedakan burung kenari jantan dan betina dari berbagai sumber, Selasa (19/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Membedakan Burung Kenari Jantan dan Betina Berdasarkan Ciri-cirinya

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu cara membedakan burung kenari jantan dan betina adalah dengan melihat ciri-cirinya. Dengan memperhatikan ciri-ciri masing-masingnya, kamu bisa membedakan kenari jantan dan betina.

Ciri-Ciri Burung Kenari Jantan

Sebagai salah satu cara membedakan burung kenari jantan dan betina, berikut ciri-ciri burung kenari jantan:

1. Tulang belakang pada burung kenari jantan terlihat berwarna pekat.

2. Jari burung kenari jantan terlihat lebih renggang

3. Secara fisik terlihat lebih ramping dan panjang.

4. Ukuran kepalanya pun terlihat lebih ramping daripada betina.

5. Dubur dan anusnya menonjol.

6. Pada saat kenari jantan berusia 3 sampai 5 hari, saluran pada pembuluh venanya akan lebih terlihat menurun dari perut menuju duburnya.

7. Posisi matanya terlihat sejajar dengan paruhnya saat berusia 7 harian.

8. Saat berusia 3 minggu rata-rata kenari jantan dapat melompat lebih jauh daripada betina.                   

9. Warna anakan jantan juga terlihat lebih cerah daripada anakan dari burung kenari betina.

10. Anakan jantan langsung bisa belajar berkicau lebih cepat daripada anakan betina

3 dari 5 halaman

Ciri-Ciri Burung Kenari Betina

Sedangkan, berikut ciri-ciri burung kenari betina sebagai cara membedakan burung kenari jantan dan betina:

1. Kenari betina memiliki kepala yang berbentuk relatif bulat daripada kenari jantan.

2. Tubuhnya terlihat lebih kecil dan membulat.

3. Duburnya kenari betina terlihat lebih datar dibandingkan dengan kenari jantan yang menonjol.

4. Kaki terlihat lebih pendek dan jarinya terlihat lebih rapat

5. Tulang belakang lebih terang

6. Letak amta kenari betina lebih tinggi dari paruhnya, berbeda dengan kenari jantan yang sejajar

4 dari 5 halaman

Cara Membedakan Burung Kenari Jantan Dan Betina di Usia Muda

- Saat burung kenari masih berusia di bawah 37 hari, jika ada saluran kelamin jantan/pembuluh vena pada perut menuju kloaka yang terlihat seperti garis hitam maka dapat dipastikan Burung Kenari ini berkelamin jantan, sedangkan untuk Burung Kenari betina tidak mempunyai ciri yang disebutkan (garis hitam dari perut menuju kloaka).

- Jika burung Kenari masih didalam sarang atau memiliki usia sekitar kurang dari 2 minggu, maka apabila berkelamin jantan maka ukuran tubuhnya lebih besar dibandingkan dengan yang berjenis kelamin betina.

- Jika burung Kenari sudah memasuki usia muda maka pada burung Kenari jantan akan memiliki warna bulu lebih cerah dibagian kepala dibanding dengan Kenari betina.

- Jika memiliki bentuk ukuran kepala yang lebih pipih pada saat burung Kenari menginjak usia muda maka dapat dipastikan berjenis kelamin jantan, sedangkan untuk betina akan memiliki ukuran kepala cenderung bulat.

- Jika anakan burung Kenari dipisahkan dari sang induk maka apabila berjenis kelamin jantan akan aktif bunyi berbunyi, sedangkan betina akan cenderung lebih diam.

- Jika burung Kenari memiliki bentuk kloaka yang lebih menonjol dan tegak lurus pada usia muda maka dapat dipastikan berjenis kelamin jantan, sedangkan untuk Kenari yang berjenis kelamin betina akan cenderung lebih datar/rata.

5 dari 5 halaman

Cara Membedakan Burung Kenari Jantan Dan Betina di Usia Dewasa

- Pada Burung Kenari yang sudah dewasa bila terlihat kloaka yang menonjol dan tegak lurus dapat dipastikan berjenis kelamin jantan, sedangkan untuk Burung Kenari betina dewasa memiliki bentuk kloaka yang lebih datar dan rata.

- Burung Kenari jantan dewasa dapat berbunyi lebih keras, dan pada Kenari betina dewasa lebih cenderung diam, namun sebagian Burung Kenari betina juga ada yang aktif bunyi, namun tidak sekeras Kenari jantan dan akan terputus-putus saat berbunyi.

- Bentuk tubuh Kenari jantan dewasa akan lebih ramping dan memanjang, sedangkan betina cenderung memiliki ukuran tubuh yang bulat dan lebih pendek.

- Pada bentuk kepala akan lebih pipih jika berkelamin jantan, dan pada betina akan lebih bulat.

- Ciri yang sangat mudah diidentifikasi jika Kenari sudah menginjak usia dewasa maka mata Burung Kenari jantan sejajar dengan paruh, sedangkan untuk Kenari betina memiliki mata yang terletak cenderung diatas paruhnya (tidak sejajar).

Jadi begitulah beberapa cara membedakan burung kenari jantan dan betina yang bisa kamu terapkan. Jangan sampai salah dalam memilih burung kenari yang kamu inginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini