Sukses

5 Manfaat Pisang untuk Rambut dan Cara Menggunakannya

Liputan6.com, Jakarta Pisang tak cuma jadi buah lezat dan mengenyangkan. Manfaat pisang tidak hanya terbatas pada kesehatan tetapi juga menjadi perawatan rambut yang sederhana. Buah yang selalu hadir di tiap musim ini juga menawarkan manfaat baik untuk rambut. 

Pisang telah menjadi bahan populer dalam masker rambut homemade. Kandungan pisang juga tak jarang hadir dalam produk-produk perawatan rambut seperti sampo atau kondisioner. Pisang kaya akan kalium, minyak alami, karbohidrat dan vitamin, yang membantu melembutkan rambut.

Pisang mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan rambut. Pisang memiliki silika, unsur mineral yang membantu tubuh mensintesis kolagen dan membuat rambut lebih kuat dan tebal. Pisang juga memiliki sifat antimikroba yang dapat memperbaiki kulit kepala yang rusak dan kering.

Efek melembutkan yang diberikan pisang menjadikan buah ini sebagai alternatif kondisioner. Kamu bisa memanfaatkan pisang sebagai bahan perawatan rambut rumahan. Berikut manfaat pisang untuk rambut dan cara menggunakannya, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Rabu(20/11/2019).

2 dari 7 halaman

Manfaat pisang untuk atasi rambut kusut

Kandungan silika pada pisang membantu mengatasi masalah rambut kusut. Silika diserap oleh tubuh untuk menghasilkan kolagen, protein yang menyehatkan rambut dan mencegah kerapuhan. Kandungan kalium pisang bagus untuk menguatkan dan menebalkan rambut.

Silikon, yang terkait dengan silika, sering dimasukkan dalam produk kecantikan seperti kondisioner rambut untuk membuat rambut berkilau lembut dan tebal. Masker pisang juga bisa membuat rambut menjadi lebih bervolume dan tak mudah rontok.

3 dari 7 halaman

Manfaat pisang untuk melembabkan dan melembutkan rambut

Pisang mengandung asam folat yang membuat rambut tampak bersinar. Buah ini juga menjaga rambut tetap lembab dan terhidrasi dengan baik. Kalium dan minyak alami pada pisang juga meningkatkan kesehatan rambut.

Pisang mengandung banyak antioksidan, yang dapat membantu mengurangi kerusakan akibat radikal bebas. Ini dapat mencegah rambut kering dan mudah patah.

4 dari 7 halaman

Manfaat pisang untuk atasi ketombe

Selama berabad-abad, kulit pisang, daun, bunga, dan buah telah digunakan dalam budaya yang berbeda sebagai pengobatan untuk berbagai penyakit. Penelitian sekarang menunjukkan bahwa ekstrak berbagai bagian pisang memang memiliki sifat antioksidan dan antibakteri.

Gejala ketombe dapat disebabkan oleh iritasi, kekeringan, serta patogen jamur dan bakteri. Menerapkan masker pisang ke kulit kepala dapat menambah kelembaban dan juga membersihkan kulit kepala dari bakeri dan jamur yang menyebabkan ketombe.

5 dari 7 halaman

Manfaat pisang untuk dukung pertumbuhan rambut

Antioksidan dalam pisang juga dapat meresapi kulit kepala dan rambut. Ini berperan untuk membangun sistem pertahanan yang lebih kuat dan mengurangi stres oksidatif yang merupakan penyebab utama rambut yang terlihat rapuh dan menua.

Menggunakan masker pisang secara rutin dapat membangun folikel rambut yang lebih kuat dan mendukung pertumbuhan rambut yang sehat. Masker pisang juga bisa membantu mempercepat pertumbuhan rambut. 

6 dari 7 halaman

Manfaat pisang untuk atasi kulit kepala kering

Kulit kepala kering dapat disebabkan oleh dehidrasi, paparan sinar matahari atau produk rambut yang tidak cocok. Pisang dapat membantu mengatasi masalah ini. 

Pisang bergizi dan melembabkan, menjadikannya pengobatan yang bagus untuk kulit kepala kering dan bahkan ketombe. Selain menjadi pelembab, pisang merupakan sumber antimikroba alami yang terpercaya, dan dua manfaat yang digabungkan dapat membantu membersihkan kulit kepala yang kering.

7 dari 7 halaman

Cara menggunakan pisang untuk perawatan rambut

Masker pisang dan minyak zaitun

Masker rambut ini mengondisikan setiap helai rambut di kepala. Minyak zaitun memiliki sifat pelembab yang kaya yang membantu meminimalkan kerusakan dan ujung bercabang. . Minyak zaitun memiliki sifat pelembab yang kaya yang membantu meminimalkan kerusakan dan ujung bercabang.

Haluskan dengan lembut satu buah pisang. Tambahkan dua sendok makan minyak zaitun, aduk hingga rata. Bagi rambut menjadi beberapa bagian dan aplikasikan masker pisang dari akar hingga ujung rambut. Kamu bisa menggunakan sisir untuk meratakannya.

Setelah masker menutupi rambut secara merata, ikat longgar rambut dan tutupi dengan shower cap. Biarkan masker rambut selama 30 menit. Bilas masker dengan air dingin sebelum keramas.

Masker pisang dan madu

Madu kaya akan antioksidan yang dapat mengondisikan kulit kepala dan juga mempromosikan penyembuhan kulit kering dan teriritasi. Masker ini sangat bagus untuk ketombe karena akan menanamkan kelembaban dan antioksidan ke rambut.

Karena madu adalah humektan alami, madu menambah kelembapan dan kilau pada rambut kusam dan lemas. Masker ini memelihara folikel rambut dan menjaga elastisitas rambut.

Haluskan satu buah ppsang dan campurkan dengan 1 sendok makan madu. Aplikasikan pada rambut, berikan perhatian khusus pada kulit kepala dan akar rambut. Biarkan 10–15 menit. Bilas rambut dengan air hangat sebelum menggunakan sampo dan kondisioner.

Masker pisang dan lidah buaya

Lidah buaya mengandung vitamin A, B, C, dan E. Vitamin ini membantu menghilangkan sel-sel mati yang menumpuk di kulit kepala dan meningkatkan pertumbuhan rambut.

Masker rambut ini mencegah rambut rontok dan membuat rambut Anda kuat, berkilau, dan lembut. Perpaduan pisang dan lidah buaya meremajakan rambut dengan meningkatkan elastisitas dan mencegah kerusakan.

Haluskan 2 buah pisang ukuran sedang dan 1 daging lidah buaya utuh. Keramasi rambut dan keringkan. Mulailah mengoleskan campuran pisang dan lidah buaya ini dengan sisir. Lapisi seluruh permukaan rambut dan kulit kepala. Ikat longgar rambut dan tutupi dengan shower cap. Diamkan selama 2 jam, bilas hingga bersih.

Loading
Artikel Selanjutnya
5 Tingkat Kematangan Pisang, Ketahui Masing-Masing Manfaatnya
Artikel Selanjutnya
Ciri-Ciri Pohon Pisang dan Cara Merawatnya Agar Berbuah Besar