Sukses

6 Bahan Kain yang Lebih Baik Tidak Disetrika, Malah Bikin Rusak

Liputan6.com, Jakarta Tidak semua bahan kain baik untuk disetrika. Oleh karena itu, biasanya di setiap bahan kain dicantumkan label tentang ketentuan perawatan yang benar. Hal ini tentunya harus benar-benar kamu perhatikan agar pakaian awet dan tidak cepat rusak.

Beberapa bahan kain ada yang malah bisa rusak jika kamu setrika. Pengaturan suhu pada setrika juga wajib diperhatikan pada berbagai bahan kain, karena jika terlalu panas dapat membuat serat pakaian malah menjadi rusak.

Bahan kain yang lebih baik tidak disetrika bisa dirawat dengan merujuk pada label pakaian. Jika kamu selama ini tidak memperhatikan label pakaian ini, maka jika kamu ingin pakaian tetap awet seperti baru, maka sebaiknya kamu mulai memperhatikannya dari sekarang.

Berikut Liputan6.com rangkum tentang bahan kain yang lebih baik tidak disetrika dari berbagai sumber, Kamis (21/11/2019).

2 dari 7 halaman

Bahan Polyester

Bahan kain pertama yang lebih baik tidak disetrika adalah bahan polyester. Bahan polyester menggunakan serat sintetis yang banyak dipakai karena kuat dan bisa dijadikan hampir semua jenis baju.

Namun, kandungan serat plastik yang tidak tahan panas membuatnya sulit disetrika. Biasanya, pada label baju akan terdapat cara mencuci dan menyetrika yang benar.

Pengaturan suhu pada setrika akan sangat berpengaruh jika kamu ingin menyetrikanya. Walaupun begitu, sebenarnya bahan polyester ini tidak perlu disetrika.

3 dari 7 halaman

Bahan Brokat

Selanjutnya ada bahan kain brokat yang lebih baik tidak disetrika. Bahan pakaian ini sering digunakan pada event resmi seperti undangan, wisuda, tunangan sampai digunakan oleh brides maid. Desain pakaian bahan brokat juga variatif, mulai berdesain kebaya dan dress, bahan desain brokat juga kadang dipadupadankan dengan mutiara atau payet.

Perawatan pakaian berbahan brokat lebih baik menggunakan jasa dry cleaning. Namun, jika ingin melakukannya di rumah saja, kamu bisa mencuci baju brokat dengan air bersuhu rendah dan melapisinya dengan selembar kain saat menyetrikanya agar tidak rusak. Hal ini dapat membuat bahan kain brokat kamu lebih awet.

4 dari 7 halaman

Bahan Jersey

Bahan kain yang lebih baik tidak disetrika selanjutnya adalah bahan jersey. Biasanya bahan jersey ini digunakan pada pakaian olahraga, bahkan sekarang juga juga digunakan pada model gamis atau blouse. Bahan jersey cenderung tidak mudah kusut sehingga tidak perlu menyetrika pakaian dengan bahan ini.

Namun jika pakaian bahan jerseymu kusut, kamu dapat menyetrikanya dengan suhu cukup rendah bagian pakaian yang kusut karena menyetrika bahan jersey dengan suhu tinggi dapat merusak bahan kain. 

5 dari 7 halaman

Bahan Wol

Pakaian berbahan wol biasanya digunakan ketika cuaca dingin atau hujan. Bahan yang tebal ini juga cenderung konsisten sehingga mudah dalam perawatannya. Ketika menjemur pakaian berbahan wol kamu hanya cukup menggantungkan pakaian, usahakan pakaian tidak diperas menggunakan mesin cuci agar serat terjaga.

Bahan pakaian wol juga tidak perlu disetrika karena dengan menjemur yang benar bahan ini sudah rapi dan tidak akan kusut. Tetapi kalau kamu tetap ingin menyetrika, maka gunakan setrika uap, jika tidak punya maka gunakan setrika biasa dengan suhu rendah beserta semprotan pelicin dan pelembut khusus pakaian.

6 dari 7 halaman

Bahan Corduroy

Selanjutnya, ada bahan corduroy. Dengan tekstur bergaris lurus, bahan corduroy tidak perlu terlalu sering disetrika atau kalau pun harus menyetrika baliklah pakaian bahan corduroy kamu agar serat garis lurus bahan corduroy tidak rusak.

Kamu bisa juga menggunakan setrika uap untuk menyetrika bahan corduroy. Hal ini dilakukan agar serat pakaian bahan corduroy mu tetap awet.

7 dari 7 halaman

Bahan Sutra

Mirip-mirip dengan satin, bahan sutra juga merupakan salah satu jenis kain yang sulit disetrika. Ini disebabkan oleh bahan yang sensitif dan membutuhkan perhatian ekstra. Hindari menyetrika baju berbahan sutra menggunakan setrika yang terlalu panas karena ini bisa merusaknya.

Jadi, pastikan setrikaan di rumahmu pengatur suhunya berjalan dengan baik sebelum kamu menyetrika baju berbahan sutra.

Jadi, kamu harus benar-benar memperhatikan label dalam merawat kain. Jangan menyetrikanya bila memang bahan kain tersebut tidak cocok untuk disetrika, dan ikuti petunjuk labelnya.