Sukses

Cara Pesan Tiket Kereta Api Online dari Website dan Aplikasi KAI

Pesan tiket kereta api online sangat menguntungkan pengguna kereta.

Liputan6.com, Jakarta Cara pesan tiket kereta api online kini menjadi pilihan praktis banyak orang. Jika dulu pemesanan tiket kereta api hanya dilayani di loket, sekarang kamu bisa memesannya secara online. Cara pesan tiket kereta api online ini sangat menguntungkan pengguna transportasi kereta.

Dengan cara pesan tiket kereta api online kamu tak perlu buang waktu untuk antre di loket. Cara pesan tiket kereta api online ini cukup memanfaatkan ponsel dan koneksi internet. Kini sudah banyak channel eksternal yang melayani pemesanan tiket secara online.

Kamu juga bisa memesan tiket melalui channel resmi KAI secara online. PT Kereta Api Indonesia (Persero) semakin mempermudah para calon pemumpangnya dengan memberi layanan pemesanan tiket online secara resmi. Cara pesan tiket kereta api online ini dapat dilakukan melalui website KAI dan aplikasi KAI Access.

Cara pesan tiket kereta api online melalui KAI ini jauh lebih efisien dan aman karena dikelola langsung oleh KAI. Bagi kamu yang masih bingung caranya, simak cara pesan tiket kereta api online melalui KAI, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Kamis (21/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara pesan tiket kereta api online melalui website KAI: Pengisian data

1. Buka website pemesanan tiket KAI di booking.kai.id/ Di sini kamu bisa memesan tiket langsung tanpa harus login ke website tersebut.

2. Pada tampilan website sudah tersedia kolom pemesanan tiket yang harus diisi. Isi kolom stasiun asal, stasiun tujuan, tanggal keberangkatan, dan jumlah penumpang baik dewasa maupun bayi kurang dari 3 tahun.

3. Setelah kolom terisi, website akan menampilkan kereta yang tersedia, waktu keberangkatan dan tiba, harga besertia jumlah kursi yang tersisa. Pilih kereta sesuai kebutuhan dan jumlah penumpang, lalu klik pesan.

4. Setelah klik pesan, kamu akan diarahkan pada halaman data pemesanan. Akan muncul pop up untuk memintamu login, kamu bisa memilih opsi pesan tanpa daftar jika tak mau login.

5. Di halaman pemesanan ini kamu akan diminta untuk mengisi Data Pemesan. Isi bagian Data Pemesan dengan data dirimu mulai dari nama, nomor identitas (KTP/SIM), email, alamat dan no hp.

6. Di bawah kotak Data Pemesan ini ada opsi "Tambahkan ke daftar penumpang". Centang opsi tersebut jika tiket yang kamu pesan termasuk untuk dirimu.

7. DI bawah kolom Data Pemesan, ada kolom Data Penumpang. Kolom Data Penumpang ini disesuaikan dengan jumlah tiket yang kamu pesan. Isi masing-masing Data Penumpang mulai dari nama hingga nomor identitas.

8. Setelah data terisi dengan benar, centang opsi "Dengan ini saya setuju dan mematuhi persyaratan dan ketentuan". Centang juga verifikasi captha, dan klik pesan.

9. Setelah klik pesan, kamu akan dibawa ke halaman konfirmasi pembayaran, sebelum memilih opsi lanjut ke pembayaran, kamu bisa mengubah posisi kursimu. Pada bagian samping kanan, klik "pilih kursi". Kamu bisa pindah ke kursi yang masih kosong.

3 dari 5 halaman

Cara pesan tiket kereta api online melalui website KAI: Pembayaran

10. Setelah selesai memilih kursi, klik "lanjut ke pembayaran". Di sini kamu akan dibawa ke pilihan pembayaran. Kamu bisa membayar pemesananmu melalui pos, LinkAja, ATM, Mobile Banking, dan gerai retail yang ada.

11. Pilih salah satu metode pembayaran dan kamu akan mendapatkan Kode Pembayaran. Masukkan Kode Pembayaran ini saat transaksi pembayaran.

12. Setelah pembayaran sukses, kamu akan mendapatkan email dari Rail Ticket KAI berisi bukti pembayaran dan kode serta barcode tiketmu.

13. Barcode atau kode ini nantinya yang akan kamu cetak sebagai boarding pass di check ini counter stasiun.

4 dari 5 halaman

Cara pesan tiket kereta api online melalui aplikasi KAI Access: Pengisian data

Cara pesan tiket kereta api online melalui aplikasi KAI Access tak jauh beda dengan website KAI. Dengan aplikasi ini kamu lebih mudah memesan tiket melalui ponsel. Berikut caranya:

1. Instal aplikasi KAI Access di Play Store atau AppStore. Setelah terpasang, kamu perlu registrasi terlebih dahulu untuk membuat akun. Isi nama, nomor identitas, tanggal lahir, nomor telepon, email, alamat, dan kata sandi. Setelah terdaftar, kamu bisa mulai memesan tiket.

2. Pada aplikasi KAI Access kamu bisa memilih jenis rangakian kereta yang tersedia. Di sini ada pilihan Kereta api antar kota aau provinsi (intercity train), kereta lokal (local train), dan kereta bandara (airport train). Pilih sesuai kebutuhanmu.

3. Setelah itu kamu akan dibawa ke tampilan kolom Asal stasiun dan tujuan besarta tanggal keberangkatan, jenis kelas, dan jumlah penumpang. Isi semua kolom ini lalu pilih cari tiket.

4. Pilih salah satu tiket yang tersedia. Kamu akan dibawa pada tampilan Konfirmasi Pemesanan. Centang opsi "saya telah membaca dan menyetujui syarat dan ketentuan". Klik lanjut.

5. Di sini kamu akan diminta untuk mengisi data penumpang. Bila penumpang sama dengan pemesan, cukup centang kolom "sama dengam pemesan". Jika berbeda atau penumpang lebih dari satu, isi data diri penumpang seperti nama dan nomor identitas.

5 dari 5 halaman

Cara pesan tiket kereta api online melalui aplikasi KAI Access: Pembayaran

6. Setelah itu, klik pembayaran, pada kereta jarak jauh, kamu bisa membayar lewat pos, LinkAja, ATM, Mobile Banking, dan gerai retail yang ada. Sementara untuk kereta lokal dan bandara, pilihan hanya terbatas pada pembayaran LinkAja.

7. Setelah melakukan pembayaran, kamu akan mendapatkan e-boarding pass. Kamu bisa mengunduh e-boarding pass di bagian "My Trips" yang ada di aplikasi KAI Access. E-boarding pass bisa kamu cetak melalui check ini counter di stasiun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.