Sukses

13 Manfaat Jus Alpukat untuk Ibu Hamil dan Janin, Konsumsi dengan Bijak

Liputan6.com, Jakarta Manfaat jus alpukat untuk ibu hamil bisa Anda rasakan jika dikonsumsi secara bijak, alias tidak berlebihan. Mengonsumsi alpukat selama masa kehamilan dapat membantu memenuhi nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil.

Salah satu nutrisi penting yang perlu terpenuhi di masa kehamilan adalah asam folat. Nutrisi ini sangat baik untuk kesehatan ibu hamil dan janin. Tak hanya itu, masih ada banyak nutrisi untuk bisa merasakan manfaat jus alpukat untuk ibu hamil.

Cara mengonsumsi yang paling mudah selain di makan langsung dengan dikeruk daging buahnya adalah dengan menjadikannya sebagai jus alpukat. Namun, tak ada yang membedakan dari cara konsumsi buah ini untuk mendapatkan manfaat jus alpukat untuk ibu hamil.

Berikut ada 13 manfaat jus alpukat untuk ibu hamil yang telah Liputan6.com rangkum dari kanal Mom Junction, Jumat (22/11/2019).

2 dari 8 halaman

Tinggi Asam Folat dan Mengatasi Anemia

Sumber Asam Folat yang Sangat Baik

Manfaat jus alpukat untuk ibu hamil pertama yang bisa dirasakan sebagai bahan untuk mencukupi nutrisi asam folat. Kekurangan asam folat pada masa kehamilan dapat menyebabkan bayi lahir tidak sempurna atau cacat.

Untuk menjaga kesehatan Anda dan janin yang sedang dikandung, Anda bisa mencukupi asam folat dari jus alpukat untuk pertumbuhan dan perkembangan organ tubuh calon bayi.

Mengatasi Anemia

Ibu hamil yang kekurangan zat besi dapat menyebabkan mengalami anemia. Untuk mencukupi kebutuhan zat besi pada ibu hamil agar terhindar dan mengobati anemnia, Anda bisa mengonsumsi buah alpukat.

Buah alpukat mengandung banyak zat besi yang diperlukan selama kehamilan.

3 dari 8 halaman

Jaga Kesehatan Pencernaan dan Kaya Vitamin

Jaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Beberapa penyakit perut dan sembelit merupakan penyakit yang sering terjadi di masa kehamilan. Untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan selama kehamilan, Anda bisa mengonsumsi buah alpukat.

Manfaat jus alpukat untuk ibu hamil bisa dirasakan karena adanya kandungan serat yang kaya di dalam buah alpukat. Serat inilah yang membantu pencernaan dan memudahkan Anda untuk buag air besar.

Kaya Kandungan Vitamin

Buah alpukat memiliki segudang vitamin di dalamnya seperti vitamin B1, B2, B5, B6, C, E, dan K. Semua vitamin ini sangat diperlukan dan bermanfaat bagi kesehatan ibu hamil serta pertumbuhan janin.

4 dari 8 halaman

Mengatasi Morning Sickness dan Mempertahankan Kadar Kolesterol

Mengatasi Morning Sickness

Morning Sickness merupakan kondisi mual dan muntah yang dialami oleh beberapa wanita hamil. Biasanya morning sickness terjadi pada wanita hamil di trimester awal.

Morning sickness merupakan kondisi yang sangat umum terjadi di masa awal kehamilan, sehingga membuat ibu hamil kerap kelelahan. Untuk mengatasi morning sickness, Anda bisa mengonsumsi alpukat karena sangat kaya akan vitamin C.

Mempertahankan Kadar Kolesterol dan Gula

Mengonsumsi alpukat secara teratur mampu membantu menjaga kolesterol dan mengontrol kadar gula selama kehamilan.

5 dari 8 halaman

Meredakan Kram Kaki dan Meningkatkan Perkembangan Otak Janin

Meredakan Kram Kaki

Manfaat jus alpukat untuk ibu hamil lainnya mampu meringankan atau meredakan kram kaki yang sering terjadi selama kehamilan. Hal ini dikarenakan alpukat memiliki lebih banyak potasium daripada pisang.

Potasium dalam alpukat inilah yang mampu meredakan kram kaki pada ibu hamil. Kalium dan kalsium juga dapat membantu meredakan kram.

Meningkatkan Perkembangan Otak Janin

Secangkir buah alpukat mengandung 22 mg kolin yang diperlukan untuk perkembangan otak, saraf, dan perkembangan saraf pada janin yang sedang dikandung.

 

6 dari 8 halaman

Kaya Akan Mineral dan Bantu Penyerapan Nutrisi

Kaya Akan Mineral

Alpukat berkontribusi untuk asupan harian guna mencukupi kebutuhan kalsium, kalium, magnesium, niasin, fosfor, tembaga, seng, dan mangan. Nutrisi ini sangat baik bahkan direkomendasikan untuk memenuhinya selama masa kehamilan.

Membantu Penyerapan Nutrisi

Buah alpukat tak hanya menyediakan nutrisi, namun juga membantu sistem di tubuh Anda untuk menyerap nutrisi dari makanan lain. Sebagai contoh, alpukat mampu menyerap vitamin larut lemak yang ditemukan dalam makanan seperti ubi jalar, sayuran daun hijau, dan wortel.

 

7 dari 8 halaman

Kaya Lemak Sehat dan Jaga Berat Badan

Kaya Lemak Sehat

Tambahan asupan kalori diperlukan selama kehamilan untuk pertumbuhan janin. Lemak baik atau lemak sehat juga diperlukan untuk kesehatan janin.

Anda bisa mendapatkan lemak sehat dari buah alpukat. Lemak sehat seperti omega-3 dan omega-6 pada alpukat sangat bermanfaat bagi Anda dan janin yang sedang dikandung.

Menurunkan Risiko Kenaikan Berat Badan

Alpukat kaya akan serat yang mampu membantu ibu hamil untuk menurunkan atau mencegah kenaikan berat badan selama masa hamil. Ada terdapat hampir 25% serat larut pada buah alpukat yang membantu bakteri baik di saluran pencernaan untuk meningkatkan kesehatan metabolisme.

8 dari 8 halaman

Mengurangi Risiko Preeklampsia

Alpukat kaya akan kadar kalium yang mampu membantu menurunkan kemungkinan risiko preeklampsia. Seperti diketahui bahwa penyebab preeklampsia diakibatkan oleh tekanan darah tinggi. Untuk menurunkan risiko preeklampsia, Anda bisa mengonsumsi alpukat secara rutin.

Walaupun ada banyak manfaat jus alpukat untuk ibu hamil, namun Anda perlu membatasi jumlah konsumsinya dalam sehari. Jangan sampai Anda kehilangan manfaatnya karena terlalu berlebihan mengonsumsinya.

Dalam sehari, cukup konsumsi setengah buah alpukat. Karena konsumsi buah alpukat berlebihan dapay menyebabkan beberapa efek samping.

 

 

 

 

 

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Cara Membuat Masker Alpukat untuk Wajah Beserta Manfaatnya