Sukses

6 Manfaat Kacang Merah untuk Diet dan Atasi Penyakit Berbahaya

Liputan6.com, Jakarta Manfaat kacang merah untuk diet bisa kamu dapatkan dengan konsumsi teratur. Hal ini tentu menguntungkan, karena kacang merah bisa dijadikan berbagai macam olahan yang kamu suka. Dari olahan makanan manis hingga yang pedas.

Bahkan tidak hanya untuk diet saja, manfaat kacang merah juga bisa didapatkan untuk menangkal dan mengatasi berbagai macam penyakit. Berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes hingga penyakit jantung dapat diatasi dengan konsumsi kacang merah secara teratur.

Manfaat kacang merah untuk diet dipengaruhi oleh kandungan nutrisinya. Kacang merah mengandung beragam asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh, seperti protein, karbohidrat, serat, antioksidan, vitamin C, vitamin B, folat, serta mineral termasuk kalium, magnesium, kalsium, fosfor, zat besi dan zinc.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/11/2019) tentang manfaat kacang merah untuk diet.

2 dari 7 halaman

Melancarkan Pencernaan

Manfaat kacang merah untuk diet tentunya berhubungan dengan kelancaran pencernaan. Seperti yang telah diketahui, salah satu kandungan yang sangat tinggi dalam kacang merah adalah serat. Dalam setiap 100 gram kacang merah terdapat kira-kira 13 gram serat larut dan tak larut. Serat tak larut ini paling banyak ditemukan dalam kulitnya sementara serat larut banyak terkandung dalam daging kacangnya.

Serat tak larut ampuh untuk mendorong makanan dalam usus sehingga saluran pencernaan menjadi lebih lancar. Serat ini juga mampu membuang racun-racun yang tersisa dalam tubuh serta menjaga keasaman lambung.

Manfaat kacang merah untuk diet bahkan juga bisa mengatasi berbagai masalah pada pencernaan. Kamu bisa menghindari masalah pencernaan seperti sembelit dan diare. Bahkan kamu juga bisa terhindar dari maag. Hal ini disebabkan karena serat larut akan larut bersama dengan air dan mengikatnya menjadi lebih kental seperti gel. Gel ini akan tinggal di lambung untuk waktu yang cukup lama. Karenanya, perut tidak akan dibiarkan terlalu lama kosong.

Selain itu, kacang merah juga mengandung pati, yaitu sejenis karbohidrat kompleks yang sifatnya mirip dengan serat larut. Di dalam usus besar, pati tersebut akan membantu perkembangan berbagai bakteri baik. Bakteri baik sangat dibutuhkan untuk melawan berbagai masalah pencernaan.  

3 dari 7 halaman

Mengontrol Nafsu Makan

Selain itu, manfaat kacang merah untuk diet juga akan berkaitan dengan kemampuan kamu dalam mengontrol nafsu makan. Karena kacang merah kaya akan protein, serat larut, dan karbohidrat kompleks, maka mengonsumsi kacang merah bisa membuat kamu kenyang lebih lama.

Begitulah manfaat kacang merah untuk diet selanjutnya ditentukan oleh kandungan nutrisi yang sangat banyak. Dengan kemampuan untuk mengontrol nafsu makan, kamu pun tidak akan mudah tergoda untuk mencari camilan atau makanan lain.

Untuk kamu yang sedang berusaha menurunkan berat badan, manfaat kacang merah untuk diet yang satu ini tentu akan sangat membantu dan sayang sekali untuk dilewatkan.

4 dari 7 halaman

Menurunkan Berat Badan

Manfaat kacang merah untuk diet dapat menjadi pemenuhan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Diet yang sehat dan benar adalah dengan memenuhi beragam nutrisi yang dibutuhkan tubuh, termasuk protein dan serat, memerhatikan jumlah kalori yang dikonsumsi, serta menghindari konsumsi lemak jenuh dan gula.

Kacang merah dapat memenuhi diet sehat tersebut. Karena kacang merah mengandung serat tidak larut yang dapat melancarkan pencernaan sekaligus mencegah sembelit, serta protein yang dibutuhkan untuk perbaikan jaringan tubuh.

Guna mendapatkan berat badan yang ideal, tidak jarang orang menjalani diet dengan cara yang tidak sehat. Manfaat kacang merah untuk diet ini menjadi salah satu solusi tepat untuk kamu.

5 dari 7 halaman

Menjaga Kesehatan Jantung

Selain manfaat kacang merah untuk diet, kamu juga bisa mengatasi berbagai penyakit berbahaya dengan konsumsi makanan tersebut. Dalam 200 gram kacang merah, setidaknya mengandung 46 gram serat, melebihi jumlah serat yang kamu butuhkan per hari, yaitu antara 25 - 30 gram. Serat merupakan salah satu asupan yang penting dalam menjaga kesehatan jantung.

Kacang merah juga mengandung kalium yang baik untuk jantung. Kalium dapat membantu jantung berdetak dengan normal jika kamu memiliki masalah pada irama jantung. Selain itu, kalium juga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Jumlah asupan kalium per hari yang disarankan adalah 4700 mg. Sedangkan di dalam 180 gram kacang merah terdapat sekitar 2500 mg kalium. Jumlah ini sudah memenuhi 72 persen kebutuhan kalium harian.

6 dari 7 halaman

Mencegah Diabetes

Selain itu, kacang merah juga dapar mengontrol gula darah, yang mana berarti kacang merah sangat baik dikonsumsi oleh penderita diabetes atau untuk mencegah diabetes. Penderita diabetes disarankan untuk mengonsumsi kacang merah kalengan tanpa sodium (garam) atau kacang merah rebus setiap minggunya.

Penelitian menunjukkan bahwa kacang merah yang kaya akan serat dan protein, serta memiliki indeks glikemik rendah, dapat membantu penderita diabetes untuk mengendalikan kadar gula darah, mencegah penyakit metabolik, serta membantu efektivitas kerja insulin dalam tubuh.

7 dari 7 halaman

Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Bahkan, kacang merah juga bermanfaat dalam mencegah kanker. Kacang merah tidak hanya memiliki kandungan serat yang baik untuk kesehatan jantung, tapi juga antioksidan yang bisa mencegah pertumbuhan sel kanker. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi cukup serat dan antioksidan yang dapat diperoleh dari kacang merah, mampu mengurangi risiko terkena kanker.