Sukses

7 Buah Ini Harus Dihindari Penderita Diabetes, Kadar Gulanya Tinggi

Liputan6.com, Jakarta Buah yang harus dihindari penderita diabetes karena mengandung gula yang tinggi. Walaupun buah-buahan terkenal memiliki berbagai kandungan yang sehat untuk tubuh, ternyata beberapa jenis buah malah harus dihindari oleh orang-orang dengan kondisi tertentu. 

Khususnya bagi penderita diabetes, buah-buahan tertentu bisa menyebabkan perubahan tingkat gula dalam darah. Oleh karena itu, penderita diabetes harus benar-benar memperhatikan jenis buah yang dikonsumsinya.

Buah yang harus dihindari penderita diabetes merupakan buah yang cukup umum dikonsumsi. Buah-buahan manis tersebut perlu kamu kontrol konsumsinya agar tidak menimbulkan akibat yang merugikan bagi tubuh kamu.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (22/11/2019) tentang buah yang harus dihindari penderita diabetes

2 dari 8 halaman

Mangga

Buah yang harus dihindari penderita diabetes pertama adalah Mangga. Satu buah mangga utuh dapat memiliki 30 gram karbohidrat dan 26 gram gula.

Saat mangga memiliki tekstur yang lunak, indeks glikemik akan semakin tinggi dan otomatis akan meningkatkan laju gula darah. Mengonsumsi banyak buah mangga akan menyebabkan peningkatan gula darah pada pasien diabetes.

3 dari 8 halaman

Anggur

Anggur memang kaya serat, vitamin, dan nutrisi lainnya. Namun anggur juga mengandung kadar gula yang tinggi.

Anggur sebaiknya dihindari oleh penderita diabetes karena tiga ons anggur saja bisa mengandung 15 gram karbohidrat yang bisa meningkatkan kadar gula dalam darah. Dikutip dari Very Well Health, satu buah anggur mengandung 1 gram karbohidrat.

4 dari 8 halaman

Nanas

Nanas tentunya adalah buah yang tak boleh ada di daftar diet penderita diabetes karena mengandung nilai Indeks Glikemik yang tinggi. Dalam semangkuk kecil nanas saja bisa terkandung lebih dari 20 gram karbohidrat. Jadi penderita diabetes sebaiknya menghindari buah ini.

Semakin tebal dan lebar buah nanas, semakin banyak karbohidrat yang terkandung. Mengiris nanas kecil-kecil dapat jadi solusi mengonsumsi nanas dipadukan dengan makanan kaya protein agar gula darah tak melonjak.

5 dari 8 halaman

Pisang

Pisang adalah salah satu buah yang mudah dan murah untuk dikonsumsi. Namun sayangnya pisang tak baik untuk dikonsumsi penderita diabetes karena setengah cangkir pisang saja sudah mengandung 15 gram karbohidrat.

Nilai Indeks Glikemik pisang juga cukup tinggi antara 46 - 70. Pisang yang sangat masak terutama harus dihindari oleh penderita diabetes.

6 dari 8 halaman

Semangka

Semangka mengandung banyak cairan dan memiliki lebih sedikit erat serta kalori. Semangka juga bisa menjadi sumber vitamin A dan C yang baik.

Meski begitu, semangka merupakan salah satu buah yang harus dihindari penderita diabetes. Semangka memiliki nilai Indeks Glikemik yang tinggi, yaitu 72. Setengah takaran saji semangka saja bisa mengandung lima gram karbohidrat.

7 dari 8 halaman

Pepaya

Pepaya memang mengandung serat yang baik untuk pencernaan, namun buah ini juga memiliki nilai Indeks Glikemik tinggi yaitu 59, dan tinggi karbohidrat serta kalori. Pasien diabetes sebaiknya membatasi konsumsi pepaya jika ingin menghindari lonjakan tingkat gula dalam darah.

8 dari 8 halaman

Aprikot

Aprikot memiliki nilai Indek Glikemik yang tinggi, yaitu 57 dan sebaiknya tak dikonsumsi oleh pasien diabetes. Setengah cangkir aprikot berukuran sedang saja bisa mengandung delapan gram karbohidrat yang nantinya akan meningkatkan kadar gula dalam darah.

Itulah beberapa jenis buah yang sebaiknya dihindari oleh para penderita diabetes. Membatasi dan mengetahui takaran yang aman untuk mengonsumsi buah-buahan tersebut penting dipahami penderita diabetes.

Loading
Artikel Selanjutnya
10 Cara Kurangi Asupan Gula untuk Cegah Diabetes di Usia Muda
Artikel Selanjutnya
Mengenal Fungsi Hormon Insulin, Pengatur Gula Darah Manusia