Sukses

10 Manfaat Ikan Sarden untuk Kesehatan, Tinggi Protein

Liputan6.com, Jakarta Sarden menjadi andalan menu makanan praktis banyak orang. Meskipun ikan ini dapat dinikmati dalam keadaan segar, sarden sangat mudah rusak. Inilah sebabnya sarden paling sering ditemukan kalengan.

Ikan sarden berlimpah di laut Atlantik, Pasifik, dan Mediterania. Ikan ini hanya memakan plankton, yang berarti sarden tidak mengandung merkuri tingkat tinggi seperti yang ditemukan pada ikan lain.

Produk ikan sarden sangat mudah ditemukan dan termasuk dalam makanan siap saji yang kaya nutrisi. Ikan kecil ini dikemas dengan banyak mineral dan vitamin. Ikan ini dapat bermanfaat dalam pencegahan sejumlah penyakit seperti jantung dan kanker.

Disarankan untuk memilih sarden kalengan dengan minyak zaitun. Beberapa produk sarden juga dikemas dalam air. Versi ini adalah opsi yang baik untuk mengurangi asupan lemak. Berikut manfaat ikan sarden yang berhasil Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (24/11/2019).

2 dari 6 halaman

Dukung kesehatan jantung

Mengurangi penggumpalan darah

Asupan lemak omega-3 yang ditemukan dalam ikan sarden baik untuk jantung karena membantu mengurangi kolesterol dan tekanan darah, sehingga mencegah stroke dan aterosklerosis. Aterosklerosis merupakan kondisi kerusakan pada dinding arteri yang dapat membuat pendarahan dan pembekuan darah yang berbahaya.

Cegah penyakit jantung

Sarden memiliki asam lemak omega-3 dalam jumlah tinggi. Asam lemak omega-3 seperti EPA (asam Eicosapentaenoic) dan DHA (asam Docosahexaenoic acid) memecah kolesterol jahat dalam tubuh. Ini mencegah penyakit jantung. Asam lemak omega-3 juga dikenal untuk memecah plak arteri yang membantu mengontrol tekanan darah. Vitamin B-12 pada sarden juga mendukung sistem kardiovaskular yang menyehatkan jantung.

3 dari 6 halaman

Rendah merkuri dan kuatkan tulang

Rendah merkuri

Kontaminasi logam berat merupakan masalah yang kerap menghantui saat mengonsumsi ikan. Untungnya, ikan sarden dianggap sebagai salah satu ikan teraman untuk dikonsumsi karena ukurannya yang kecil.

Sarden memakan plankton dan berada di dasar rantai makanan laut. Ini berarti sarden mengandung lebih sedikit merkuri dan logam berat lainnya daripada ikan besar seperti tuna atau salmon.

Sehatkan tulang

Sarden adalah sumber kalsium yang sangat baik. Ini menjadi pilihan yang baik bagi mereka yang tidak toleran laktosa, alergi terhadap susu, atau membutuhkan lebih banyak kalsium dalam makanan.

Kalsium sangat penting karena 99% kalsium tubuh disimpan di tulang dan gigi. Jumlah kalsium yang baik, ditambah dengan olahraga dapat memperkuat tulang dan mencegah penyakit seperti osteoporosis. Sarden juga kaya akan fosfor yang membantu pertumbuhan tulang dan gigi.

4 dari 6 halaman

Stabilkan gula darah dan kaya vitamin

Stabilkan gula darah

Lemak dan protein sehat dalam sarden membantu mengatur gula dalam tubuh. Mengonsumsi sarden dengan makanan yang kaya karbohidrat, memperlambat pelepasan gula dalam darah.

Konsumsi protein sarden memiliki efek menguntungkan pada sindrom metabolik yang diinduksi fruktosa pada variabel seperti hiperglikemia, resistensi insulin, hiperlipidemia, dan status oksidatif dan inflamasi. Ini membuat ikan sarden aman dikonsumsi penderita diabetes.

Kaya vitamin

Sarden menyediakan riboflavin, niasin, vitamin B-12 dan vitamin D. Riboflavin dapat membantu mencegah katarak dan migrain, dan niasin dapat menurunkan risiko penyakit Alzheimer dan memperbaiki gejala radang sendi.

Vitamin B-12 dalam jumlah yang cukup dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung dan kanker. Sementara vitamin D yang cukup dapat membuat seseorang berpotensi lebih kecil terkena artritis atau kanker.

5 dari 6 halaman

Atasi stres dan dukung penurunan berat badan

Atasi stres

Sarden kaya akan asam lemak Omega-3 yang dikaitkan dalam mencegah gangguan mood, seperti depresi, kecemasan dan gangguan bipolar. Otak terdiri dari 60% lemak dan karenanya lemak Omega-3 dapat memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan mental. Penurunan asam lemak Omega-3 menyebabkan peningkatan depresi dan kecemasan.

Bantu penurunan berat badan

Sarden adalah pilihan protein yang bagus. Ikan kecil ini dianggap sebagai makanan yang sangat efisien karena mengandung jumlah vitamin, protein, dan omega-3 yang sangat tinggi untuk jumlah kalori yang dikandungnya.

Protein rendah kalori ini bermanfaat bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Karena kaya akan nutrisi dan membantu mempertahankan metabolisme yang sehat, sarden memastikan tubuh tidak kekurangan apa yang dibutuhkan untuk berfungsi dengan baik.

6 dari 6 halaman

Dukung kekebalan dan kaya mineral

Tingkatkan kekebalan tubuh

Protein pada sarden juga membantu menciptakan antibodi yang menjaga sistem kekebalan tubuh tetap kuat. Protein juga menyebarkan nutrisi dan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Ikan sarden juga kaya akan selenium.

Senyawa ini dikenal mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kekurangan selenium menyebabkan sistem kekebalan tubuh yang buruk, penyakit jantung, gangguan mood, kerusakan tiroid dan masalah reproduksi.

Kaya mineral sehat

Ikan kecil ini juga dipenuhui dengan mineral sehat. Tiap kaleng sarden mengandung kalsium, besi,fosfor dan kalium. Kalsium untuk tulang yang kuat dan fungsi saraf dan otot yang tepat, zat besi penting untuk membentuk sel darah merah dan membawa oksigen ke tempat yang dibutuhkan tubuh.

Fosfor berperan dalam membentuk DNA dan menyimpan energi. Kalium dapat membantu menangkal efek peningkatan tekanan darah dari natrium, berpotensi menurunkan risiko penyakit jantung.