Sukses

Goo Hara Meninggal Dunia, Ini 6 Fakta Sosoknya dari Karier hingga Asmara

Liputan6.com, Jakarta Mantan personel KARA, Goo Hara, ditemukan meninggal di rumahnya di kawasan Cheongdam, Seoul, Korea Selatan, Minggu (24/11/2019). Belum hilang kesedihan publik setelah meninggalnya Sulli beberapa waktu lalu, kini publik dikejutkan dengan kabar meninggalnya pemain drama City Hunter ini.

Goo Hara ditemukan dalam kondisi meninggal dunia sekitar pukul 18.00 waktu setempat. Menurut kepolisian Gangnam Seoul, wanita berusia 28 tahun tersebut sudah tidak bernapas ketika ditemukan di rumahnya. Dilansir dari Allkpop oleh Liputan6.com, hingga kini pihak kepolisian masih melakukan investigasi dan penyelidikan penyebab kematiannya.

Sebagai publik figur, Goo Hara tak cuma terkenal di Korea Selatan saja, tapi juga di berbagai negara. Apalagi ia juga sempat melebarkan kariernya di dunia hiburan Jepang. Tak heran jika kabar meninggalnya ini menyisakan duka mendalam.

Meski dikenal sebagai publik figur sejak debut bersama KARA pada 2008, kehidupan Goo Hara penuh dengan lika-liku. Berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, 5 fakta perjalanan karier hingga asmara Goo Hara, Senin (25/11/2019).

2 dari 7 halaman

1. Awal Debut hingga Jadi Model Online

Goo Hara yang lahir di Gwangju pada 13 Januari 1991 ini muncul pertama kali saat berpartisipasi dalam SM Entertainment' Youth pada 2005 silam. Pada 2007, ia mengikuti audisi di JYP Entertainment, namun gagal lolos. Ia pun melanjutkan sekolahnya di Sungshin Women's University.

Wanita cantik ini juga dikenal sebagai model mall dan model belanja di situs online yang diunggah oleh agensinya yaitu DSP Entertainment.

3 dari 7 halaman

2. Debut Sebagai Anggota KARA

Mendapatkan perhatian publik setelah menjadi model, DSP Entertainment pun akhirnya menjadikan Goo Hara anggota dari KARA pada 2008. Ia menggantikan personel yang keluar pada saat itu yaitu Kim Sunghee.

Bersama KARA, Goo Hara dan anggota lainnya berhasil membuat citra musik hip-hop menjadi lebih manis dan imut.

4 dari 7 halaman

3. Menjadi Aktris

Tak hanya sukses menjadi anggota KARA dengan bernyanyi dan menari, Goo Hara juga menjajal dunia akting. Perannya yang menjadi ikonik dan selalu diingat penggemar adalah ketika ia membintangi drama City Hunter bersama Lee Min Ho dan Park Min Young pada 2011 silam.

Ia pun juga berahasil meyabet penghargaan sebagai aktris. Pada 2010, Goo Hara berhasil memenangkan Best Female MC. Pada 2011, ia memenangkan kategori Hot Campus Girl dan New Star Award di SBS Drama Awards atas perannya di City Hunter.

5 dari 7 halaman

4. Alami Kasus Kekerasan dalam Pacaran

Awal meniti karier bersama KARA, Goo Hara memutuskan untuk keluar dari grupnya. Ia pindah ke KeyEast pada 2016 dan berakhir pada 2019. Ia pun melanjutkan aktivitasnya tanpa agensi di Korea dan hanya menandatangani kontrak dengan agensi Jepang, Production Ogi.

Selama berkarier tanpa agensi di Korea, Goo Hara sempat tersandung kasus kekerasan dengan mantan kekasihnya.

Pada September tahun lalu, Goo Hara dilaporkan oleh sang mantan kekasih, Choi Jong Bun, ke polisi. Ia dituduh telah melakukan kekerasan.

Goo Hara tak tinggal diam. Pihaknya menyebut kekerasan dilakukan oleh kedua belah pihak, dibuktikan dengan sejumlah foto yang menunjukkan tubuhnya yang penuh lebam.

Kasus Goo Hara dan Choi Jong Bum dibawa ke jalur hukum. Dilansir dari Soompi, pada Agustus 2019 Choi Jong Bum dijatuhi vonis 1,5 tahun penjara dengan masa percobaan tiga tahun karena dinilai bersalah atas empat dari lima dakwaan.

6 dari 7 halaman

5. Alami Depresi

Goo Hara termasuk selebriti yang sering menerima komentar jahat dari netizen. Seperti yang ia alami pada April 2019 lalu, ia dikritik lantaran melakukan operasi kelopak mata.

Mendapatkan serangan komentar jahat, Goo Hara pun menyampaikan jawabannya. Ia menyebutkan bahwa ia memang harus menjalani operasi karena alasan medis.

"Apakah dosa melakukan operasi membenarkan kelopak mata? Aku melakukannya karena ada diagnosis," tutur Goo Hara.

7 dari 7 halaman

6. Pernah Lakukan Percobaan Bunuh Diri

Sebelum dikabarkan meninggal pada Minggu (24/11/2019), Goo Hara sudah sempat melakukan percobaan bubuh diri pada Mei 2019.

Saat itu, nyawanya berhasil diselamatkan. Beberapa hari kemudian, Goo Hara mengeluarkan permintaan maaf atas upaya bunuh dirinya ini. Ia juga mengungkap alasan mengapa melakukannya.

Namun aksinya tersebut justru membuat netizen menyerangnya dengan komentar jahat. Ia pun kembali dibully yang membuat dirinya mengambil tindakan hukum atas ujaran kebencian yang ditujukan padanya.

KONTAK BANTUAN

Bunuh diri bukan jawaban apalagi solusi dari semua permasalahan hidup yang seringkali menghimpit. Bila Anda, teman, saudara, atau keluarga yang Anda kenal sedang mengalami masa sulit, dilanda depresi dan merasakan dorongan untuk bunuh diri, sangat disarankan menghubungi dokter kesehatan jiwa di fasilitas kesehatan (Puskesmas atau Rumah Sakit) terdekat.

Bisa juga mengunduh aplikasi Sahabatku: https://play.google.com/store/apps/details?id=com.tldigital.sahabatku

Atau hubungi Call Center 24 jam Halo Kemenkes 1500-567 yang melayani berbagai pengaduan, permintaan, dan saran masyarakat.

Anda juga bisa mengirim pesan singkat ke 081281562620, faksimili (021) 5223002, 52921669, dan alamat surat elektronik (surel) kontak@kemkes.go.id.