Sukses

7 Tips Agar Tubuh Harum Tanpa Parfum, Wangi Sepanjang Hari

Liputan6.com, Jakarta Tips harum tanpa parfum mungkin banyak dicari untuk menghemat pengeluaran. Harga parfum yang tergolong cukup mahal tentu membuat kantong menipis. Sedangkan jika kamu membeli parfum yang murah, biasanya baunya tidak tahan lama atau baunya tidak seperti yang kamu inginkan.

Apalagi jika kamu memiliki alergi atau tidak kuat dengan bau parfum, tentunya kamu harus mencari alternatif lain untuk mempertahankan wangi tubuh. Oleh karena itu, kamu bisa menjalankan beberapa tips agar wangi sepanjang hari tanpa parfum.

Tips harum tanpa parfum bisa didapatkan dengan menggunakan beberapa bahan dan mengubah pola hidup. Bahkan pemilihan makanan juga dapat memengaruhi wangi tubuh kamu. Mengonsumsi buah dan sayur tertentu bisa membuat tubuh kamu tetap wangi dan segar.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (25/11/2019) beberapa tips harum tanpa parfum.

2 dari 4 halaman

Mandi Secara Teratur dan Gunakan Pakaian yang Wangi

Mandi Secara Teratur

Tips harum tanpa parfum yang pertama adalah mandi secara teratur. Selain itu, agar tubuh kamu tetap wangi sepanjang hari, kamu bisa memilih sabun yang wangi saat mandi.

Menjaga kebersihan badan dengan mandi secara teratur adalah cara paling ampuh untuk menjaga aroma badan tetap segar. Mandi dua kali sehari dapat menghilangkan keringat dan debu yang menempel di tubuh. Dengan begitu tidak ada alasan untuk bakteri tetap menempel di tubuh kamu.

Namun untuk mandi tak hanya sekadar membasahi tubuh dengan air saja, kamu tetap harus selalu membersihkan setiap lipatan pada tubuh menggunakan sabun dan menggosok tubuh secara keseluruhan. Pastikan keringkan tubuh dengan baik dan rutin mengganti handuk.

Gunakan Pakaian yang Wangi

Selanjutnya, kamu juga bisa mengakali tubuh tidak menggunakan parfum dengan menggunakan pakaian yang wangi. Faktor penting dari menggunakan pakaian yang wangi adalah saat mencuci dan menyetrika.

Faktor pertama adalah dengan menggunakan pewangi dan pelembut saat mencuci pakaian. Hal ini dapat menjadi alternatif parfum untuk menjaga tubuh wangi sepanjang hari.

Selain pewangi pakaian yang bisa dituangkan ke dalam cucian, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai produk pelicin baju saat menyetrika yang juga memiliki kandungan pewangi pakaian. Selain harganya yang relatif terjangkau juga tidak akan membuat kepalamu pening karena aromanya yang tidak terlalu menyengat.

3 dari 4 halaman

Mencukur Bulu Ketiak dan Menjaga Kelembapan Kulit

Mencukur Bulu Ketiak

Umumnya, ketiak dan selangkangan merupakan bagian tubuh yang paling sering mengeluarkan bau. Hal ini disebabkan dari bulu yang tumbuh di area tersebut cukup lebat sehingga kelenjar apokrin bekerja lebih aktif. Pada udara lembap dan panas, daerah tersebut jadi lebih mudah berkeringat yang akhirnya menumpuk di bulu.

Belum lagi daerah tersebut tertutup sehingga dengan mudah kuman dapat berkembang biak. Reaksi kimia yang terjadi dalam tubuh kuman ini biasanya menghasilkan metabolit yang menimbulkan bau.

Cara sederhananya agar badanmu terhindar dari aroma tidak sedap adalah dengan mencukur secara rutin bulu-bulu yang tubuh di area ketiak. Selain sebagai penyempurna penampilan, mencukur bulu ketiak sangat baik untuk menjaga aroma tubuh tetap harum.

Menjaga Kelembapan Kulit

Kulit menjadi salah satu yang perlu diperhatikan bila kamu ingin tetap tubuhmu memancarkan aroma harum. Menjaganya tak hanya dari luar saja, melainkan juga dari dalam.

Cara simpelnya, minumlah air mineral yang cukup dan rawatlah kulit dengan menggunakan lotion atau pelembap agar terhindar dari masalah kulit kering. Jika rutin melakukannya, maka kamu tak butuh parfum, karena secara tidak langsung aroma alami tubuhmu sudah sangat harum.

4 dari 4 halaman

Menggunakan Lulur, Deodoran, dan Memilih Makanan

Gunakan Lulur Seminggu Sekali

Mungkin jika menggunakan lulur setiap kali kamu mandi tentunya akan sangat membuang waktu. Belum lagi jika kamu adalah orang yang super sibuk dan terburu-buru. Meski demikian, kamu bisa menggunakan sekali dalam seminggu untuk membersihkan tubuhmu dengan menggunakan lulur.

Hal ini sangat membantu menjaga keharuman tubuhmu. Sebab dengan menggunakan lulur, kulit-kulit matimu akan terangkat. Sel kulit mati juga berperan dalam pertumbuhan bakteri.

Memakai Deodoran

Tips harum tanpa parfum selanjutnya adalah memakai deodoran. Penggunaan deodoran juga sangat membantu agar aroma badanmu tetap harum. Pasalnya deodoran berfungsi mengurangi penyebab bau pada keringat.

Jika kamu menggunakan deodoran, maka kamu akan merasakan bahwa ketiak akan tetap kering dan tidak mudah berkeringat. Deodoran juga membantu menutupi bau yang disebabkan oleh bakteri dan tidak mengganggu proses pendinginan alami.

Selektif Memilih Makanan.

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pemilihan makanan berperan sangat penting untuk wangi tubuhmu. Ketika kamu selektif dalam mengonsumsi makanan, maka tanpa parfum pun aroma tubuhmu tetap segar. Misalnya saja kamu mengonsumsi buah-buahan seperti jeruk, apel dan lainnya. Tubuh akan menyerap dan memancarkan aroma tubuh alami dari buah-buahan yang kamu makan. Seperti buah yang mengandung asam, bisa mengeluarkan toksin penyebab bau badan.

Hal ini juga berlaku untuk jenis sayur-sayuran yang kamu konsumsi, karena sayuran berfungsi menjadi detoks alami dalam membersihkan bagian dalam tubuh. Meski demikian, kamu juga tetap harus selektif salam memilih sayuran. Hindari untuk memakan sayuran cruciferous seperti brokoli, kubis, tauge, dan kembang kol, karena bisa menciptakan bau badan tidak sedap yang dilepaskan melalui keringat.

Selain itu, sebagai alternatif penggunaan parfum, kamu juga bisa menggunakan bedak tubuh, body butter, cuka apel, hingga hair mist untuk menjaga dirimu wangi sepanjang hari.