Sukses

10 Ciri-ciri Kuda Laut, Hewan Laut yang Sangat Unik

Liputan6.com, Jakarta Ciri-ciri kuda laut memiliki banyak perbedaan dari hewan laut lainnya. Kuda laut merupakan salah satu jenis ikan yang hidup di air laut. Nama latin kuda laut adalah Gebus Hippocampus dan termasuk ke dalam familia Syngnathidae. 

Walaupun ciri-ciri kuda laut berbeda dengan hewan laut lainnya, namun ada keunikan tersendiri yang dimiliki kuda laut. Salah satu keunikan kuda laut adalah spesies jantannya yang justru hamil dan melahirkan anak.

Masih ada banyak lagi ciri-ciri kuda laut yang unik. Berikut ada 1- ciri-ciri kuda laut yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (25/11/2019). 

2 dari 6 halaman

Bentuk Mulut Unik dan Bisa Melihat 360 Derajat

Bentuk Mulut Unik

Mulut kuda laut identik dengan bentuk seperti moncong. Ciri-ciri kuda laut yang sangat khas ini berfungsi untuk menyelidiki atau mencari makan. Saat kuda laut menemukan makanan, mereka akan menghisapnya lewat moncong, layaknya mesin penyedot debu.

Moncong kuda laut akan mengembang jika mangsanya lebih besar dari moncongnya. Uniknya, ternyata kuda laut tidak dapat mengunyah makanan. Oleh karena itu, kuda laut langsung menyedot makanannya langsung masuk ke dalam tubuh.

Bisa Melihat 360 Derajat

Ciri-ciri kuda laut lainnya adalah memiliki penglihatan yang sangat baik. Mata kuda laut dapat bekerja secara independen di kedua sisi kepalanya.

Hal ini memungkinkan kuda laut untuk melihat ke depan dan ke belakang pada waktu yang bersamaan. Kondisi ini sangat menguntungkan kuda laut dalam mencari makanan.

3 dari 6 halaman

Tubuhnya Kecil dan Berenang Vertikal

Ukuran Tubuhnya Sangat Kecil

Kuda laut memiliki ukuran tubuh yang beragam. Ukuran tubuhnya mulai dari 0,6 inci hingga 14 inci atau 1,5 cm hingga 35 cm.

Berenang dan Bergerak Secara Vertikal

Walaupun kuda laut merupakan hewan laut, namun kuda laut sangat buruk dalam berenang. Kuda laut memiliki kecepatan berenang sangat lambat.

Hal ini disebabkan oleh keunikan bentuk tubuhnya yang tegak. Kondisi tubuh tegak inilah yang membuat berenang kuda laut vertikal, bukan horizontal seperti ikan lainnya.

4 dari 6 halaman

Setia dan Jantan Penghasil Keturunan

Hewan Laut Paling Setia

Kuda laut hanya berhubungan dengan satu pasangan saja. Kuda laut akan hidup bersama hingga keduanya mati.

Kuda Laut Jantan Penghasil Keturunan

Ciri-ciri kuda laut dengan keunikan lainnya terletak ketika memberikan keturunan. Biasanya hewan yang hamil dan melahirkan adalah hewan betina. Namun, berbeda dengan kuda laut.

Kuda laut jantan merupakan satu-astunya spesies yang dapat hamil dan melahirkan anak-anaknya. Hal ini dikarenakan kuda laut jantan memiliki kantong perut yang bisa digunakan untuk menyimpan telur yang akan diletakkan oleh kuda laut betina.

Ketika telur-telur tersebut sampai di kantong perut kuda laut jantan, nantinya akan dilapisi dengan pembuluh darah. Kemudian kuda laut akan mulai membuahi telur-telur tersebut untuk menjadikannya embrio.

Proses pembuahan akan berlangsung mulai dari 10 hari sampai 40 hari hingga waktunya embrio berkembang menjadi bayi kuda laut. Biasanya, bayi kuda laut yang keluar akan berjumlah ratusan bahkan ribuan bayi.

5 dari 6 halaman

Sembunyinya Unik dan Bergerak Sangat Lambat

Punya Letak Sirip dan Cara Sembunyi yang Unik

Ciri-ciri unik kuda laut lainnya terletak pada sirip dan caranya bersembunyi dari predator yang mengesankan. Kuda laut mempunyai sirip dorsal yang letaknya ada di bagian bawah tubuhnya, sedangkan untuk sirip pectoral bisa ditemui pada bagian kepalanya, dekat insang.

Sedangkan cara bersembunyi kuda laut bisa dengan mengubah warna tubuh yang sangat transaparan sekali. Kondisi ini memungkinkan kuda laut untuk tidak mudah dilihat oleh para predatornya membuat kesuksesan bertahan hidup hewan ini sebenarnya cukup tinggi.

Kuda Laut Bergerak Sangat Lambat

Ciri-ciri kuda laut selanjutnya adalah memiliki gerakan yang sangat lambat dibandingkan hewan laut lainnya. Hal ini dikarenakan hewan ini memiliki tubuh tegap dan sirip yang menjadi andalan andalan mereka kuda laut untuk berenang terbilang sangat kecil.

Dengan begitu walaupun kuda laut bisa tidak terlihat, sekali mereka terlihat merekakuda laut akan bisa langsung menjadi makanan para predatornya tanpa harus bersusah payah dikejar. Kuda laut bisa dibilang hewan laut yang mempunyai stamina yang sangat buruk sehingga mereka bisa sangat mudah untuk kelelahan dan akhirnya mati tenggelam di dasar air laut.

6 dari 6 halaman

Cerdas dan Makan Zooplankton

Cerdas

Kuda laut merupakan salah satu hewan laut yang sangat pintar terutama untuk mengelabui para predatornya. Hal ini dikarenakan warna dan bentuk kuda laut bisa menyerupai beberapa biota laut lainnya seperti terumbu karang.

Kuda laut biasanya akan memanfatkan kondisi tersebut dengan cara mengikatkan ekornya pada terumbu karang yang dimana warnanya mirip dengan dirinya untuk mengelabui musuh.

Makan Zooplankton dan Udang Kecil

Ukuran tubuh kuda laut cukup kecil, sehingga makanan yang kuda laut konsumsi juga menyesuaikan kondisi tubuhnya. Makanan yang biasa dikonsumsi kuda laut adalah kumpulan zooplankton serta udang-udang yang ukurannya sangat kecil.

Kuda laut biasanya langsung menyedot makanan yang lewat di sekitar dan memasukkannya ke dalam tubuh tanpa perlu mengunyah terlebih dahulu. Hal ini dikarenakan kuda laut memiliki keterbatasan karena tidak mempunyai gigi.