Sukses

5 Buah yang Ampuh Meredakan Batuk, Mengandung Banyak Nutrisi

Buah yang dapat meredakan batuk biasanya mengandung vitamin C.

Liputan6.com, Jakarta Buah yang dapat meredakan batuk memiliki banyak kandungan nutrisi. Cara alami ini bisa kamu jadikan alternatif dalam mengobati batuk menggantikan obat batuk. Selain itu, menyeruput jahe hangat dan berkumur dengan air garam juga bisa meredakan batuk yang kamu alami. 

Mengonsumsi buah tertentu dapat meredakan batuk. Di dalam buah, terkandung banyak antioksidan, vitamin, dan mineral yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh, mencegah flu dan batuk, hingga mempercepat penyembuhan saat batuk.

Buah yang dapat meredakan batuk biasanya mengandung vitamin C. Buah-buahan seperti nanas, lemon, hingga jambu biji merupakan beberapa contoh buah yang kaya vitamin C. Namun, tidak semua buah yang mengandung vitamin C dapat meredakan batuk.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (25/11/2019) tentang buah yang dapat meredakan batuk

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Lemon

Buah untuk meredakan batuk yang pertama adalah Lemon. Seperti yang telah disebutkan sebelumnyam lemon kaya akan vitamin C, yaitu antioksidan yang dapat mengurangi peradangan pada saluran pernapasan dan melumasi tenggorokan.

Sebuah studi melaporkan bahwa menghisap sepotong lemon atau minum air perasan lemon yang dicampur dengan air hangat (atau teh hangat) dan madu dapat meredakan batuk, flu, pilek, dan sakit tenggorokan.

3 dari 6 halaman

2. Jambu Biji

Selanjutnya jambu biji yang kaya akan vitamin C dan zat besi juga merupakan salah satu buah yang dapat meredakan batuk. Kedua kandungan tersebut merupakan nutrisi yang mampu mencegah sekaligus meredakan batuk dan melawan infeksi.

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa jus jambu biji segar dan rebusan daun jambu biji dapat membantu meredakan batuk dan pilek dengan cara mengurangi lendir di tenggorokan dan membunuh virus atau bakteri penyebab batuk yang ada di saluran pernapasan.

4 dari 6 halaman

3. Kiwi

Buah kiwi juga merupakan buah yang dapat meredakan batuk. Sebagai salah satu buah dengan sumber vitamin dan mineral terbaik, tingginya kandungan nutrisi di dalam buah kiwi menjadikannya baik untuk meredakan batuk.

Kandungan vitamin C di dalam buah kiwi dipercaya dapat mendorong sistem kekebalan tubuh secara alami. Menurut suatu riset, buah ini dapat membantu melancarkan saluran pernapasan dan menguatkan daya tahan tubuh untuk melawan flu penyebab batuk.

5 dari 6 halaman

4. Nanas

Buah yang ampuh meredakan batuk selanjutnya adalah nanas. Nanas kaya akan serat, vitamin C, vitamin B, mangan, dan bromelain, yaitu enzim yang bekerja sebagai antiradang, antibakteri, serta antivirus. Semua komponen tersebut berfungsi menenangkan batuk, mengencerkan dahak, melegakan saluran pernapasan, dan melawan infeksi.

Untuk membantu meredakan batuk, kamu bisa mengonsumsi sepotong buah nanas segar atau segelas jus nanas sebanyak tiga kali sehari. Untuk meningkatkan efektivitasnya, kamu bisa membuat jus nanas dengan campuran madu, garam, dan jahe.

Namun potensinya dalam meningkatkan produksi histamin membuat nanas kadang juga harus dihindari penderita batuk. Peningkatan histamin berdampak pada keluarnya lendir atau dahak dalam jumlah yang lebih banyak.

Maka bagi penderita batuk yang sulit mengeluarkan dahak, buah ini akan menyiksa. Mengingat produksi dahak meningkat, namun kamu sulit mengeluarkannya.

6 dari 6 halaman

5. Apel

Menurut sejumlah penelitian, kandungan flavanoid pada apel dapat mengurangi gejala peradangan dan iritasi pada saluran pernapasan yang menjadi penyebab batuk. Untuk membantu meredakan batuk, apel bisa dimakan langsung atau dibuat jus. Selanjutnya, kamu tinggal mengonsumsinya secara rutin sampai batuk mereda.

Buah yang ampuh meredakan batuk dapat kamu konsumsi secara teratur saat menderita masalah kesehatan tersebut. Kamu juga disarankan untuk memperbanyak minum air putih agar batuk semakin cepat reda. Namun, jika batuk tidak kunjung sembuh, sebaiknya kamu segera memeriksakan diri ke dokter agar lebih aman.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.