Sukses

Tata Cara Sholat Tasbih dan Doanya, Punya Banyak Manfaat

Sholat tasbih punya keutamaan bisa menggugurkan dosa dan menghindarkan diri dari penyakit-penyakit berbahaya.

Liputan6.com, Jakarta Tidak ada perbedaan yang cukup signifikan antar tata cara sholat tasbih dan doanya dengan sholat sunah lainnya. Sholat tasbih merupakan sholat sunah yang di dalamnya mengandung bacaan tasbih sebanyak 300 kali yang dibaca saat sholat. 

Pada tata cara sholat tasbih dan doanya, ada niat sholat tasbih tersendiri dan ada penambahan bacaan tasbih sebanyak 75 kali dalam satu rakaatnya. Sedangkan gerakan sholat tasbih secara keseluruhan, sama dengan sholat sunah lainnya.

Sholat tasbih pun memiliki keutamaan. Beberapa keutamaan sholat tasbih di antaranya bisa membuat hati jadi lebih tenang dan tenteram. Ibadah sunah ini juga dipercaya bisa menggugurkan dosa hingga menghindarkan diri dari penyakit-penyakit berbahaya.

Untuk lebih memahami tata cara sholat tasbih secara detail dan menyeluruh, berikut tata cara sholat tasbih dan doanya yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (25/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Mengenal tentang Sholat Tasbih

Sebelum masuk memahami tentang tata cara sholat tasbih dan doanya, ada baiknya mengenal terlebih dahulu apa itu sholat tasbih. Sholat tasbih merupakan sholat sunah yang di dalamnya mengandung bacaan tasbih sebanyak 300 kali yang dibaca saat sholat.

Para ulama mengungkapkan bahwa hukum sholat tasbih adalah sunah. Kamu bisa menjalankannya satu kali dalam sehari, kalau memang tidak sanggup bisa satu minggu sekali, satu bulan sekali, satu tahun sekali atau bahkan seumur hidup sekali.

Sholat tasbih bisa dilakukan saat siang maupun malam hari. Jika dilakukan saat siang hari, disarankan untuk didirikan dalam 4 rakaat dengan satu kali salam. Jika dilakukan saat malam hari, akan lebih baik didirikan dalam dua kali salam dengan dua rekaat masing-masing.

3 dari 5 halaman

Tata Cara Sholat Tasbih dan Doanya

Tidak ada yang membedakan tata cara sholat tasbih dan doanya dengan sholat sunah lainnya. Namun, dalam sholat tasbih ada penambahan bacaan tasbih sebanyak 75 kali dalam satu rakaatnya.

Berikut lebih jelasnya tentang tata cara sholat tasbih dan doanya yang perlu kamu ketahui dan pahami:

1. Niat

Tata cara sholat tasbih dan doanya yang pertama dengan mengucapkan niat lalu takbiratul ikrom.

Bacaan Niat Sholat Tasbih

Untuk sholat tasbih dengan jumlah rakaat ada dua, berikut niatnya:

Usholli sunnatat-tashbiihi rok'ataini lillagi taa'ala.

Artinya: "Saya niat salat tasbih dua rakaat sunah karena Allah ta'ala."

Sedangkan untuk sholat tasbih dengan jumlah empat rekaat, berikut niatnya:

Usholli sunnatat-tashbiihi arba’a raka’ati lillahi taa’ala.

Artinya: “Saya niat sholat sunat tasbih 4 rakaat sunah karena Allah ta’ala.”

2. Membaca Surat Al Fatihah

Pastikan untuk membaca surat Al-Fatihah karena ini merupakan salah satu syarat sahnya sholat.

3. Baca Surat Alquran

Umumnya, bacaan surat dalam sholat sunah di rakaat pertama adalah surat Al-Kafirun. Maka kita bisa membaca surat ini. Tapi, jika kita hafal surat lain yang ada bacaan tasbihnya di awal surat seperti surat Al Hadid, Al Hasyr dan Ash Shaff. Selepas membaca surat ini, bacalah bacaan tasbih sebanyak 15 kali.

Bacaan Tasbih

Subhanallah walhamdulillah wala ilaha illallohu allohu akbar.

Artinya: “Maha Suci Allah dan segala puji bagi Allah tiada Tuhan selain Allah, Allah maha besar.” 

4 dari 5 halaman

Tata Cara Sholat Tasbih dan Doanya

4. Ruku'

Untuk selanjutnya adalah ruku seperti sholat fardu atau sholat sunah lainnya. Setelah bacaan ruku' selesai, bacalah bacaan tasbih sebanyak 10 kali.

5. I'tidal

Setelah ruku' selanjutnya adalah iktidal. Ketika bacaan iktidal selesai, bacalah tasbih sebanyak 10 kali.

6. Sujud

Setelah gerakan iktidal dan tasbih selepas iktidal selesai, lanjutkan dengan sujud. Baca bacaan sujud seperti biasa kemudian lanjutkan dengan membaca bacaan tasbih sebanyak 10 kali.

7. Duduk di Antara Dua Sujud

Bacalah bacaan duduk di antara dua sujud seperti biasa kemudian lanjutkan dengan bacaan tasbih sebanyak 10 kali.

8. Sujud

Lakukan kembali gerakan sujud, bacaan-bacaan sujud hingga selesai kemudian lanjutkan dengan bacaan tasbih sebanyak 10 kali. Jika sudah selesai sujud dari rakaat pertama, lanjutkan ke rakaat kedua dan lakukan salat tasbih di rakaat kedua sama dengan di rakaat pertama.

Sebelum berdiri untuk melanjutkan ke rakaat kedua, duduklah sebentar dan bacalah bacaan tasbih kembali sebanyak 10 kali. Kemudian kita bisa berdiri untuk melanjutkan ke rakaat ke dua.

9. Tasyahud Akhir & Salam

Setelah selesai rakaat kedua, duduklah untuk gerakan tasyahud akhir. Sebelum membaca tasyahud akhir, bacalah bacaan tasbih sebanyak 10 kali, kemudian bacalah bacaan tasyahud akhir dan dilanjutkan dengan salam.

5 dari 5 halaman

Manfaat Sholat Tasbih

Sholat tasbih merupakan sholat sunah yang bisa membuat hati jadi lebih tenang dan tenteram. Ibadah sunah ini juga dipercaya bisa menggugurkan dosa, menghindarkan diri dari penyakit-penyakit berbahaya, mendekatkan diri kepada Allah, memberatkan amal timbangan baik, senjata untuk menghadapi persoalan besar hingga senjata untuk menghadapi krisis pangan.

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Al Hakim, Rasulullah SAW bersabda, "Makanan orang beriman pada zaman munculnya Dajjal adalah makanan para malaikat, yaitu tasbih dan taqdis. Maka barang siapa yang ucapannya pada saat itu tasbih, maka Allah akan menghilangkan darinya kelaparan." (HR. Al-Hakim).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.