Sukses

4 Cara Translate File PDF Bahasa Inggris ke Bahasa Indonesia, Mudah dan Praktis

Microsoft Word dan Google Drive bisa dijadikan untuk menerjemahkan file PDF ke bahasa Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Cara mudah translate file PDF ke bahasa Indonesia akan sangat membantu kamu ketika sedang mengalami kesulitan dalam menerjemahkan dokumen dalam bahasa asing. Biasanya dokumen PDF bahasa asing banyak ditemukan pada jurnal-jurnal asing, buku, dan lain sebagainya. 

Aplikasi atau kanal online yang menawarkan fasilitas menerjemahkan biasanya hanya sebatas per kata atau kalimat saja. Kini sudah ada beberapa cara mudah translate file PDF ke bahasa Indonesia sekaligus dalam satu dokumennya, baik dengan menggunakan aplikasi maupun fasilitas kanal online.

Tidak membutuhkan waktu lama dan tidak ribet, kamu bisa merasakan keuntungan dengan cara mudah translate file PDF ini. Berikut ada empat cara mudah translate file PDF ke bahasa Indonesia yang telah Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (25/11/2019).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Cara Translate File PDF dengan Google Translate

Google Translate merupakan salah satu fasilitas atau opsi yang dimiliki Google untuk memudahkan kamu translate bahasa asing. Tidak hanya menerjemahkan kata demi kata saja, melainkan Google Translate juga dapat menerjemahkan dalam bentuk file atau dokumen. Berikut cara cara translate file PDF dengan Google Translate.

1. Kunjungi situs Google Translate. Lalu klik link Terjemahkan Dokumen yang terletak di bagian bawah kolom.

2. Selanjutnya upload file PDF yang kamu inginkan untuk diubah bahasanya. Klik Choose File untuk memilih file PDF.

3. Kemudian akan muncul file apabila kamu sudah selesai upload file. Lanjutkan dengan klik Terjemahkan.

4. File PDF kamu akan berhasil di translate sesuai dengan bahasa yang kamu, yaitu bahasa Indonesia.

3 dari 5 halaman

Cara Translate File PDF dengan Online Doc Translator

Cara translate file PDF dengan menggunakan Online Doc Translator akan memudah kamu untuk translate dokumen PDF atau jurnal internasional dengan tidak mengubah bentuk layout. Alternatif translate ini juga bisa digunakan untuk translate file dengan lebih dari 10 halaman.

1. Buka halaman www.onlinedoctranslator.com

2. Kemudian arahkan ke bawah, dan kamu akan melihat link yang bertuliskan Terjemahkan Sekarang. Lalu klik link tersebut.

3. Kamu akan diarahkan ke form translation, di form ini kamu bisa klik Upload File.

4. Ganti pilihan bahasanya, misalnya ke bahasa Indonesia. Dokumen tersebut akan diterjemahkan ke dalam bahasa yang kamu pilih.

5. Tunggu hingga proses translate dokumen selesai dan file akan terdownload secara otomatis.

4 dari 5 halaman

Cara Translate File PDF dengan Google Drive

Cara translate file PDF ke bahasa Indonesia selanjutnya yang bisa kamu coba dengan menggunakan Google Drive. Sebelum melanjutkan ke cara translate file PDF dengan menggunakan Google Drive, pastikan kamu sudah mempunyai akunnya terlebih dahulu.

Nantinya akun Google Drive akan dijadikan sebagai akses utama untuk masuknya. Setelah masuk kea kun Google Drive, selanjutnya kamu bisa melkaukan translate file PDF.

1. Login menggunakan akun Google yang aktif, lalu kunjungi Google Drive.

2. Klik bagian My Drive > Upload Files jika file kamu terdapat di folder PC atau laptop kamu.

3. Pilih file PDF yang ingin  kamu translate ke bahasa Indonesia.

4. Tunggu file PDF tersebut berhasil di upload ke dalam Google Drive.

5. Lalu, buka file tersebut melalui Google Docs dengan cara klik Kanan > Buka Dengan > Google Dokumen.

6. Setelah dokumen berhasil dibuka menggunakan Google Dokumen, lanjut pilih Alat dan pilih Terjemahkan Dokumen.

7. Selanjutnya akan muncul menu pop up yang berfungsi untuk membuat dokumen salinan agar dokumen asli tidak berubah.

8. Lanjutkan dengan memasukkan judul dokumen, kemudian pada bagian Terjemahkan ke dalam bahasa, pilih bahasa yang kamu inginkan atau pilih Indonesia. Jika sudah, pilih tombol terjemahkan.

9. Tunggu proses menerjemahkan file PDF selesai. Kalau sudah selesai, kamu akan secara otomatis akan diarahkan ke dokumen hasil salinan. Karena ini merupakan sistem penerjemah, kamu perlu tetap mengoreksinya untuk memastikan keakuratannya.

5 dari 5 halaman

Cara Translate File PDF dengan Microsoft Word

Fungsi utama Microsoft Word untuk membaca file dalam berbagai format. Salah satu format dokumen yang bisa dibaca lewat Microsoft Word adalah PDF.

Tak sebatas itu, Microsoft Word juga dapat digunakan untuk menerjemahkan file PDF ke bahasa Indonesia. Berikut cara translate file PDF dengan menggunakan Microsoft Word.

1. Buka file PDF yang ingin kamu terjemahkan dengan klik kanan pada file PDF > Open With > Ms. Word.

2. Selanjutnya pilih tab review > translate > translate dokumen.

3. Pada kolom Translation Language Option, kamu dapat mengatur bahasa dasar yang digunakan oleh file PDF tersebut dan memilih bahasa hasil terjemahannya. Lalu klik Ok.

4. Apabila muncul pemberitahuan, maka pilih saja Send untuk melanjutkannya.

5. File PDF kamu telah berhasil diterjemahkan dan akan muncul di web browser default.

Perlu diketahui bahwa, cara translate file PDF ke bahasa Indonesia dengan menggunakan Google Drive dan Microsoft Word hanya bisa digunakan pada file PDF yang berjumlah kurang dari 10 halaman saja.

Tak jarang cara translate dengan Microsoft Word dapat menyebabkan PC atau laptop kamu hang, karena bekerja dengan aplikasi yang tersambung internet sangat berat. Kecepatan translate sebuah dokumen juga tergantung pada koneksi jaringan internet dan banyaknya jumlah halaman file PDF.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini