Sukses

5 Cara Menyimpan Roti agar Awet dan Tidak Jamuran

Cara menyimpan roti agar awet dan tidak jamuran cukup mudah diterapkan.

Liputan6.com, Jakarta Cara menyimpan roti agar awet dan tidak jamuran cukup mudah diterapkan. Tentunya berbagai faktor, seperti suhu, bahan pembungkus roti, hingga tempat penyimpanannya menjadi sangat penting untuk diperhatikan jika ingin roti tidak jamuran.

 

Baca juga:

 

Dewasa ini, semakin banyak orang menggemari roti sebagai makanan pokok. Hal ini tentu saja karena olahan tepung ini memang praktis untuk disajikan, tidak memakan tempat, dan tidak mudah basi. Namun, jika tidak disimpan dengan cara yang benar roti tentu akan cenderung berjamur setelah disimpan selama beberapa hari.

Cara menyimpan roti agar awet dan tidak jamuran pun menjadi perhatian. Tidak sulit untuk menerapkan cara menyimpan roti agar tahan lama, kamu tidak membutuhkan bahan atau peralatan yang macam-macam, berbagai peralatan di rumah bisa menjadi solusi tepat.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/11/2019) tentang cara menyimpan roti agar awet dan tidak jamuran. 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Simpan Roti di Tempat Sejuk

Cara menyimpan roti yang pertama adalah selalu menyimpannya di tempat yang sejuk. Roti yang dibiarkan di suhu ruang bisa lebih mudah berjamur. Saat disimpan di tempat yang lembab, jamur akan mudah menempel pada roti

Menyimpannya di lemari pendingin (setelah dibungkus plastik) pun bisa jadi solusi untuk menjaga kualitas roti agar tidak mudah berjamur. Sebaiknya, simpan roti dalam lemari pendingin sesaat setelah dibeli.

 

Baca juga:

 

3 dari 6 halaman

Bungkus Roti dengan Aluminium Foil

Selanjutnya, kamu bisa membungkus roti dengan aluminium foil. Potong roti utuh mulai dari bagian tengah ke pinggir. Cara ini berguna untuk menghalangi udara yang dapat membuat roti lebih mudah berjamur. Setelah itu, bungkus roti dengan plastik atau aluminium foil agar kualitas roti tetap terjaga.

Kantong kertas tak disarankan untuk digunakan membungkus roti. Sebab, penggunaan kantong kertas bisa membuat udara masuk dan membuat roti jadi keras atau alot. Lebih dianjurkan menggunakan aluminium foil untuk membungkus roti supaya lebih awet dan tak mudah berjamur.

 

Baca juga:

  • Susu Kental Manis Frisian Flag Gold Lezatkan Sarapan Harian
  • Fakta Susu Kental Manis yang Sering Jadi Menu Sarapan Sehat
  • 5 Kreasi Susu Kental Manis Frisian Flag untuk Sarapan Pagi

 

4 dari 6 halaman

Kotak Roti

Cara menyimpan roti agar awet dan tidak jamuran selanjutnya adalah menyimpannya di kotak roti. Menyimpan roti di dalam tempat khusus dapat memperpanjang umur roti. Tentunya hal ini bisa menjadi solusi penyimpanan roti agar tahan lama.

Pastikan kotak roti tidak lembab dan bersih, lalu simpan roti di dalamnya. Umumnya, satu kotak roti dapat menampung dua bungkus roti tawar utuh.

5 dari 6 halaman

Jauhkan dari Tempat Lembab

Menjauhkan roti dari tempat lembap dan berair merupakan salah satu cara menyimpan roti agar awet dan tidak jamuran. Bahkan roti yang kena air jangan dibiarkan begitu saja karena akan memicu tumbuhnya jamur lebih cepat.

Roti yang baru dibeli bisa kita ambil atau potong secukupnya untuk dikonsumsi, sementara sisanya bisa tetap kita simpan atau tinggalkan di kemasannya untuk disimpan kembali.

6 dari 6 halaman

Simpan Roti di Freezer

Selanjutnya, roti juga dapat dimasukkan dalam kantong kedap udara lalu dibekukan dalam freezer. Pendinginan akan menyebabkan retrogradasi, sebuah proses yang menunjukkan roti akan mengalami rekristalisasi dan menjadi keras.

Hal ini dapat menjadi alternatif cara menyimpan roti agar awet dan tidak jamuran. Sebelum menyimpannya, iris roti dan simpan dalam zip lock, lalu tempatkan dalam freezer.

Setelah dimasukan ke dalam freezer, tekstur roti akan menjadi lebih keras dan alot. Untuk menyiasatinya, kamu bisa memanggang roti dalam microwave selama 10 detik.

 

Baca juga:

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.