Sukses

8 Manfaat Air Kelapa Muda bagi Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat air kelapa muda dipengaruhi oleh kandungan yang syarat akan gizi.

Liputan6.com, Jakarta Manfaat air kelapa muda bisa didapatkan untuk kesehatan dan kecantikan. Selain memiliki berbagai manfaat yang luar biasa untuk kesehatan maupun kecantikan, air kelapa muda juga memiliki rasa yang enak dan menyegarkan, tidak heran banyak yang menggemarinya. 

Minum air kelapa muda saat cuaca panas akan benar-benar terasa melegakan. Karena itulah air kelapa muda cocok dikonsumsi saat sedang beraktivitas berat dan banyak berkeringat. Kamu tentunya juga sering melihat kelapa muda dijajakan di pantai yang cuacanya panas.

Manfaat air kelapa muda dipengaruhi oleh kandungan yang syarat akan gizi. Kandungan gizi ini mulai dari Vitamin C, asam nikotinat, asam pantotenat, biotin, riboflavin, asam folat, dan lain-lain. Oleh karena itu, kamu bisa mengonsumsinya secara teratur, namun jangan berlebihan.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Selasa (26/11/2019) tentang manfaat air kelapa muda

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Menyehatkan Pencernaan dan Menghilangkan Dehidrasi

Mengatasi Keluhan Pencernaan

Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan yang pertama adalah mengatasi berbagai keluhan pencernaan. Air kelapa diklaim mampu menjadi obat untuk semua penyakit yang berhubungan dengan pencernaan. Biasanya air kelapa digunakan untuk mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, hingga gangguan ginjal.

Manfaat air kelapa muda berguna saat kamu terkena diare karena dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal. Hal ini karena di dalam air kelapa terkandung asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak yang menjadikan air kelapa mempunyai osmolaritas tinggi.

Selain itu, air kelapa juga mengandung natrium dan klorida yang rendah serta tinggi gula dan asam amino. Ini merupakan komposisi cairan yang seimbang pada minuman untuk mencegah dehidrasi.

Air kelapa mengandung enzim biaktif alami, seperti asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase, dan berbagai enzim lainnya. Kandungan enzim yang ada dalam air kelapa ini dapat membantu sistem pencernaan dan metabolisme dalam tubuh.

Menghilangkan Dehidrasi

Air kelapa muda memiliki banyak kesamaan dengan cairan yang berada di dalam tubuh kamu. Selain itu kandungan elektrolit dalam air kelapa muda sangatlah tinggi. Manfaat air kelapa muda yang memiliki kandungan elektrolit yang sangat tinggi dapat menggantikan cairan yang hilang di dalam tubuh ketika sedang beraktivitas.

Kandungan lain yang terdapat dalam air kelapa muda adalah potasium yang berguna untuk menjaga tekanan air dalam sel dan di dalam darah. Selain itu, air kelapa muda sangat mudah diserap tubuh. Hal itulah yang menjadi alasan manfaat air kelapa muda dapat menghilangkan dehidrasi dalam tubuh.

3 dari 5 halaman

Mengontrol Tekanan Darah dan Menurunkan Berat Badan

Mengontrol Tekanan Darah

Manfaat air kelapa muda selanjutnya adalah menurunkan tekanan darah. Kandungan kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

Sebuah penelitian yang dimuat di West Indian Medical Journal menjelaskan hasil observasi pada penderita tekanan darah tinggi dengan mengonsumsi air kelapa secara rutin. Hasilnya menunjukkan bahwa tekanan darah tinggi mereka secara rata-rata menurun.

Selain itu, air kelapa juga dapat membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik), mengurangi pembentukan plak gigi, mengatur penyerapan gula, dan meningkatkan sensitivitas insulin.

Menurunkan Berat Badan

Manfaat air kelapa muda juga dipengaruhi oleh kandungan lemak, kadar gula, dan kalori yang sangat rendah. Menggunakan air kelapa muda sebagai obat penurun berat badan tidak menimbulkan efek samping.

Jadi, lebih baik mengkonsumsi air kelapa muda dari pada harus membeli obat – obatan kimia untuk mendapatkan berat badan ideal.

4 dari 5 halaman

Menetralisir Racun di Tubuh dan Mencegah Penuaan Dini

Menetralisir Racun di Tubuh

Manfaat air kelapa muda selanjutnya adalah dapat menetralisir racun di dalam tubuh. Kandungan Tanin dan antidotum (anti racun) yang terdapat pada air kelapa muda sangatlah tinggi. Air kelapa muda juga mengandung enzim yang dapat mengurai sifat racun dalam tubuh.

Mencegah Penuaan Dini

Manfaat air kelapa muda bagi kecantikan adalah dapat membuat kulit lebih halus dan terlihat lebih muda. Kandungan sitokinin (salah satu hormon pertumbuhan) dalam air kelapa berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel.

Kandungan sitokinin pada air kelapa mempunyai efek anti-penuaan, anti-karsinogenik, dan anti-trombotik (anti pembekuan darah). Sitokinin dapat menyeimbangkan kadar pH dalam tubuh, memperkuat dan menghidrasi jaringan ikat, dan dapat mengurangi risiko penyakit yang berhubungan dengan usia.

Jika kamu ingin awet muda, minum air kelapa mungkin menjadi salah satu caranya.

5 dari 5 halaman

Menghidrasi dan Menjaga Elastisitas Kulit

Menghidrasi Kulit

Jika kamu sering mengalami kulit terasa kering, ada kemungkinan bahwa kulit tubuh kamu kekurangan cairan yang bisa melembapkan permukaannya. Manfaat air kelapa muda dapat menjadi solusi yang tepat.

Selain minum banyak air putih, kamu pun bisa mengonsumsi air kelapa karena mengandung vitamin C yang bisa menyehatkan kondisi kulit. Agar hasilnya optimal, gunakan tabir surya dan hindari paparan langsung sinar matahari.

Jangan lupa juga untuk menggunakan pelembap setelah mandi. Dilakukan setelah mandi karena kulit yang lembap karena terkena air akan mengunci krim pelembap lebih lama ketimbang dipakai saat kondisi kulit benar-benar kering.

Melindungi dan Menjaga Elastisitas Kulit

Manfaat air kelapa muda untuk kesehatan yang bisa kamu rasakan selanjutnya adalah mendapatkan elastisitas kulit. Hal ini dikarenakan pada air kelapa mengandung banyak vitamin C. Sedangkan tubuh juga membutuhkan asupan vitamin C yang cukup untuk memproduksi kolagen dan antioksidan agar bisa menangkal radikal bebas.

Maka, dengan minum air kelapa setidaknya satu gelas dalam sehari, bisa memenuhi 40 persen kebutuhan vitamin C harian kamu. Air kelapa juga bisa kamu jadikan alternatif untuk mencukupi tubuh dengan vitamin C apabila kamu tidak suka dengan rasa asam yang biasanya ditimbulkan pada buah yang mengandung vitamin C.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.